Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHPJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Bersama Forkopimda Kembali Monitoring Persiapan TPS H-1...

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Bersama Forkopimda Kembali Monitoring Persiapan TPS H-1 Jelang Pemilu 2024

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri dan forkopimda saat meninjau TPS di Desa Batu Ampar Kecamatan Pauh

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc bersama jajaran forkopimda Sarolangun kembali melakukan monitoring persiapan Tempat Pemungutan suara (TPS) pada H-1 Jelang hari pemungutan suara pada Pemilu serentak 2024, Selasa (13/02/2024).

Monitoring TPS tersebut dilakukan di beberapa kecamatan yakni Kecamatan Pauh, Kecamatan Sarolangun dan Kecamatan Bathin VIII.

Tampak hadir juga Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, S.IK, M.S, Danramil 420-03 Pauh Kapten INF Husnan Effendi, Kajari Sarolangun Zulfikar Nasution, SH, MH, Ketua PN Sarolangun atau mewakili, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid, S.Pd.I beserta para Komisioner, Ketua Bawaslu Sarolangun Mudrika, SH, MH beserta anggota.

Selain itu hadir juga Kalapas Sarolangun Parulian Hutabarat, Binda Provinsi Jambi, Kakan Kesbangpol Sarolangun Hudri, M.Pd.I, Kasat Pol PP Sarolangun Drs Muhammad Idrus, Kadis PMD Sarolangun Muliyadi, S.Sos, Kadis LHD Sarolangun Kurniawan, ST, Kepala DPMPPTSP Sarolangun Sahrudin Muis serta para camat, para kepala desa , kpps setempat dan pengawas TPS.

Dari pantauan langsung dilapangan, kegiatan monitoring persiapan TPS ini, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta rombongan mengunjungi sejumlah TPS di Kecamatan Pauh.

Diantaranya, TPS 1 Desa Pangedaran, TPS 02 Desa Karang Mendapo, TPS 02 Desa Batu Ampar, dan TPS 03 Desa batu Kucing. Disana kedatangan PJ Bupati Sarolangun beserta rombongan disambut oleh Camat Pauh Jupri, SE beserta kepala desa dan KPPS serta pengawas TPS.

Tampak TPS yang telah dibuat sedemikian rupa pun telah siap untuk dioperasikan pada hari pemungutan suara, tanpa ada kendala yang ditemukan.

Monitoring TPS di Lapas Kelas IIB Sarolangun

Usai berkunjung ke kecamatan Pauh, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta rombongan mengunjungi TPS khusus yang ada di lapas Kelas IIB Sarolangun, Kecamatan Sarolangun.

Tampak TPS yang ada di lapas ini sudah disiapkan oleh KPPS setempat, hanya saja ditemukan kendala warga binaan lapas Sarolangun itu yang menjadi pemilih tidak memiliki surat keterangan dari dukcapil Sarolangun.

” Kita melihat langsung lokasi TPS yang ada di lapa dan kita berdiskusi terkait masalah yang dihadapi berupa suket dari dinas dukcapil bagi pemilih yang ada di lapas, totalnya DPT 363 pemilih terdiri dari 212 penghuni lapas dan 251 pemilih dari luar masuk ke sini,” kata PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri.

Bachril Bakri juga menambahkan bahwa monitoring TPS ini tentunya dalam rangka memastikan untuk pelaksanaan pemungutan suara berjalan dengan baik dan kendala yang dihadapi bisa diselesaikan pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024.

” Kita juga akan melakukan pemberian reward bagi TPS terbaik yang melaksanakan kegiatan besok, dimana nanti setiap kecamatan akan mengirim tiga TPS terbaik untuk dilakukan penilaian di tingkat kabupaten,” katanya.

” Menjadi penilaian yang tinggi itu berupaya partisipasi pemilih yang tinggi selama melaksanakan pemungutan suara pada pemilu serentak 2024 ini. Kita berharap juga setiap TPS itu ada keunikan kebudayaan yang ada di daerah bisa ditonjolkan,” kata dia menambahkan.

Usai berkunjung di TPS Lapas kelas IIB Sarolangun, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta rombongan kemudian mengunjungi TPS di Kelurahan Limbur Tembesi, Kecamatan Bathin VIII.

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat meninjau TPS di Kelurahan Limbur Tembesi

Di Kelurahan Limbur Tembesi, dari tujuh TPS yang ada, sebanyak 6 TPS ditempatkan di satu kawasan lokasi sepak bola Limbur Tembesi, sehingga TPS yang dibuat oleh para KPPS tersebut berdekatan.

Disana, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta rombongan tampak berdiskusi dengan KPPS setempat dan pengawas TPS untuk mempersiapkan semaksimal mungkin dalam kegiatan pemungutan suara nantinya.

” Kita besok sudah mulai pemilihan, kepada petugas KPPS kita berharap harus sesuai prosedur. Ini adalah bagian dari bakti kita terhadap negara. Ini adalah satu keunikan dimana mengatur para pemilih untuk tidak salah tempat dalam menentukan pilihan. Panwascam dan PPK harus berkordinasi apabila cuaca di guyur hujan,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya menghimbau kepada petugas untuk tidak khawatir dalam mensukseskan pemilu serentak tahun 2024 ini.

“Jangan khawatir bekerja lah dengan jujur, karena keamanan saudara akan kami jaga,” katanya.

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri bersama Kapolres Sarolangun saat melihat kondisi bilik suara TPS kelurahan Limbur tembesi

Usai mengunjungi TPS yang ada di Kelurahan Limbur Tembesi, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta rombongan kemudian melakukan monitoring TPS di desa Penarun, Kecamatan Bathin VIII yang berlangsung dengan lancar.

Penulis : A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments