Rabu, Mei 29, 2024
BerandaDAERAHPj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Hadiri Rapat Paripurna HUT Ke-24 Kabupaten Sarolangun

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Hadiri Rapat Paripurna HUT Ke-24 Kabupaten Sarolangun

Gubenur Jambi Alharis, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari dalam rapat paripurna HUT Kabupaten Sarolangun yang ke-24

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc beserta ibu Ny Rr Indah Dewi Pangesti, SE  menghadiri rapat paripurna DPRD dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-24 Kabupaten Sarolangun tahun 2023, Kamis (12/10/2023) di gedung DPRD Kabupaten Sarolangun.

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd, didampingi Waka I DPRD Sarolangun Aang Purnama, SE, MM, Waka II DPRD Sarolangun Syahrial Gunawan, SE, beserta anggota DPRD Sarolangun.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung  Gubernur Jambi Dr Alharis, S.Sos, MH beserta ibu Ny Hj Hesti Hesnidar, Anggota DPR RI Dapil Jambi Drs H Hasan Basri Agus, MM, H Bakri, Hasbi Ansori, SE, MM, Anggota DPD RI Dra Hj Elfiana, M.Si, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Pinto Jayanegara beserta anggota, Kabinda Provinsi Jambi Brigjend Pol Irawan Davidsah, SH, serta jajaran forkompinda Provinsi Jambi.

Selain itu hadir juga para mantan Bupati Sarolangun H Muhammad Madel, Dr Drs H Maryadi Syarif, M.Pd, Drs H Cek Endra, forkompinda Kabupaten Sarolangun, Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, Para Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Se-Provinsi Jambi dan Kabupaten Tetangga, Para Ketua DPRD Se-Provinsi Jambi dan Kabupaten tetangga, unsur Tripika Kecamatan, Para Lurah dan Kepala Desa, Tokoh masyarakat, tokoh adat dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun dari masa ke masa, sbb :

1. Drs H Muhammad Madel, Plt Bupati Sarolangun tahun 1999-2001
2. Drs H Muhammad Madel-Dr H Maryadi Syarif, Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun Priode 2001-2005
3. Dr H Maryadi Syarif, Plt Bupati Sarolangun Priode 2005-2006
4. Drs H Hasan Basri Agus,MM – Drs H Cek Endra, Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun Priode 2006-2010
5. Drs H Cek Endra -Bupati Sarolangun Priode 2010-2011
6. Drs H Cek Endra -Drs H Fahrul Rozi, M.Si, Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun Priode 2011-2016
7. Arif Munandar, SE, PJ Bupati Sarolangun Priode 2016-2017
8. Drs H Cek Endra- H Hillalatil Badri, Bupati Sarolangun Priode 2017-2022
9. Henrizal, S.Pt, MM, PJ Bupati Sarolangun Priode 22 Mei 2022-22 Mei 2023
10. Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, PJ Bupati Sarolangun Priode 22 Mei 2022 hingga sekarang.

Ketua PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Bachril beserta jajaran pengurus organisasi wanita se-Kabupaten Sarolangun

Dalam pidatonya, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan melalui momentum HUT Ke-24 Kabupaten Sarolangun diharapkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat untuk memajukan daerah sesuai dengan tema HUT ke-24 Kabupaten Sarolangun tahun 2023 ini yakni “Bangkit bersama untuk Sarolangun maju”.

” Selama perjalanan Kabupaten Sarolangun setelah dimekarkan tahun 1999, telah dipimpin oleh 4 Bupati dan Wakil Bupati Defenit dan 3 pelaksana tugas Bupati Sarolangun,” katanya.

Bachril Bakri menjelaskan Pemerintah Kabupaten Sarolangun saat ini telah menjadi salah satu daerah yang berkembang pesat dengan meraih sejumlah penghargaan, diantaranya Penghargaan yang dicapai Indeks pembangunan manusia dengan nilai 70,89 dengan peringkat kelima se-Provinsi Jambi, pertumbuhan ekonomi 6,59 persen, Indeks gini rasio sebesar 0,3, dan panjang jalan 1.167,82 kilo meter dengan mantap 40,43 persen, 516 sekolah paud, 526 SD, 80 SMP, 23 SMA, 59 posyandu, 16 puskesmas.

” Secara potensi, Kabupaten Sarolangun memiliki potensi sumber daya alam, di sektor pertanian, memiliki potensi perkebunan, sektor pertambangan batubara, emas, minyak dan gas bumi, dan sektor pertanian lahan persawahan, dan sektor pariwisata, memiliki potensi wisata alam, wisata religi dan wisata sejarah, serta potensi sumber daya ekonomi masyarakat berupa UMKM dan kuliner khas Sarolangun,” katanya.

Selain itu, dikatakannya bahwa selama 24 tahun Kabupaten Sarolangun 7 Kali berturut turut sejak tahun 2016 mendapatkan opini WTP, dan enam kali mendapatkan piala Adipura, mendapatkan SAKIP B dari Kemenpan RB, Penghargaan Swasti Saba kategori wiwerda tahun 2021, penghargaan API tahun 2019 berupa kalung sebalik sumpah, penghargaan pendudukan keluarga berencana tahun 2021, penghargaan kota layak pemuda, penghargaan pariwisata terpopuler kedua pada ajang API tahun 2021.

” Selama kami menjabat sebagai PJ Bupati Sarolangun, penghargaan dari kementrian keuangan RI berupa dana insentif fiskal kategori inflasi sebesar Rp 9,2 Miliar dan kategori peningkatan kesejahteraan masyarakat sebesar Rp 6,1 miliar, Pemberian 10 juta bendera merah putih,” katanya.

” Kemudian juara kedua atas penyerapan dana desa tahun 2023, penghargaan kota layak anak kategori Pratama, penghargaan dari kementrian tenaga kerja, juara I lomba kelurahan tingkat provinsi Jambi, apresiasi Penanggulangan stunting tingkat kecamatan dan desa,” kata dia menambahkan.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri

Iapun atas nama Pemerintah Kabupaten Sarolangun mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang baik selama ini khususnya kepada DPRD sarolangun serta umumnya Gubernur Jambi dan Pemerintah Pusat.

Untuk pembangunan daerah kedepan, ada sejumlah permasalahan yang harus jadi perhatian bersama dalam melaksanakan  pembangunan daerah yakni belum sepenuhnya infrastruktur jalan di kabupaten Sarolangun dalam kondisi baik, ada sepanjang jalan 519,72 kilo meter atau 45 persen dalam keadaan rusak, angka tingkat pengangguran terbuka 5,52 persen, penduduk miskin sebesar 8,84 persen, angka harapan hidup 69,42 tahun, PAD Sarolangun masih rendah baru 7, 28 persen dari total pendapatan daerah dan itu belum tergali secara baik, dan terdapat 250 titik hotspot.

” Upaya yang akan dilakukan kedepan, pengendalian inflasi, penanggulangan kemiskinan ekstrem dan stunting, percepatan pembangunan mall pelayanan publik, peningkatan sarana dan prasaran pertanian menggunakan varietas unggul bekerja sama dengan IPB, peningkatan pelayanan proses perizinan, peningkatan investor di Sarolangun, penanggulangan dan pencegahan terjadi karhutla,” katanya.

” Kemudian pembangunan sarana dan prasaran air bersih dan sanitasi di setiap kecamatan dan desa, peningkatan kualitas lingkungan hidup dengan pengelolaan sampah yang baik, mendorong ASN Pemda Sarolangun profesional, loyalitas yang tinggi, integritas tinggi dan berakhlak,” kata dia menambahkan.

Sementara itu, Gubernur Jambi Alharis mengucapkan selamat hari ulang tahun yang ke-24 Kabupaten Sarolangun pada tahun 2023, yang dilaksanakan pada hari ini dari berdirinya Kabupaten Sarolangun.

Kata Alharis, Setiap Daerah dalam peringatan ulang tahun ada dua makna yang diambil, yakni Pertama makna bersyukur dan kedua sebagai momentum evaluasi diri kita atas capaian yang telah dicapai selama ini, oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun.

” Sarolangun berbangga hati karena pernah dipimpin oleh orang-orang hebat pada masanya. Dan begitu besar mimpi pemimpin untuk membangun Sarolangun. Pemimpin daerah harus punya mimpi besar untuk mengejar ketertinggalan itu semua. Maka harapan saya, kita mesti harus kompak,” katanya.

Gubernur juga berharap kedepan Kabupaten Sarolangun akan semakin hebat dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) nomor empat se-Provinsi Jambi. Hanya saja ada hal yang harus jadi perhatian, yakni angka kemiskinan yang masih 8 persen lebih, kemiskinan ekstrem di Kabupaten Sarolangun juga meningkat,

” Kita boleh berinovasi, tapi jangan kaku penggunaannya. Jadi harus ada fokus program kedepannya. Kita berharap momen hari ini saya mengajak kepada kita semua untuk bersatu bersama dan menyongsong pemilu serentak 2024 yang kondusif,” katanya.

Penandatanganan berita acara hibah antara Gubernur Jambi Alhari bersama PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri dan Gubenur Jambi Alharis menandatangani berita acara hibah, penyerahan piagam penghargaan kepada para Mantan Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun serta melakukan pemotongan kue tumpeng HUT ke-24 Kabupaten Sarolangun tahun 2024.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU