Senin, Juli 15, 2024
BerandaDAERAHPJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Kunjungi Desa Bukit Murau, Lakukan Gerakan Tanam...

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Kunjungi Desa Bukit Murau, Lakukan Gerakan Tanam Cepat Panen Cabe Merah

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat melakukan penanaman cabe merah

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun kembali menggalakkan program Gerakan Tanam Cepat Panen pada tanaman cabe merah.

Kali ini dilakukan di Desa Bukit Murau, Kecamatan Singkut, bersama kelompok tani jaya makmur, Selasa (04/06/2024) sore.

Kegiatan itu dihadiri langsung Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Ketua BAZNAS Sarolangun Drs Ahmad Zaidan, Kabag Pemerintahan Deni Subhan, Kabid Sarpras TPHP Sarolangun Ade Irawan, Camat Singkut, Kepala Desa Bukit Murau, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Babinsa setempat  dan Kelompok tani jaya makmur.

Usai kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa kegiatan penanaman cabe merah ini dilaksanakan dalam rangka upaya pengendalian inflasi daerah, dimana salah satu faktornya dari komoditi cabe merah yang mengalami kenaikan harga.

” Sore ini kita menanam cabe di kelompok tani jaya makmur desa bukit murau, jadi kita juga kembali menanam cabe kebetulan menjadi salah satu faktor harga yang tinggi di Sarolangun,” katanya.

Di lahan tersebut, Lanjut Bachril Bakri bahwa sedikitnya ada 2 hektar luas lahan yang ditanami cabe merah dari total 11 hektar lahan. Diperkirakan cabe merah yang ditanam sebanyak 2 ribu lebih, dan akan panen pada tiga bulan mendatang.

” Kita harapkan tiga bulan kedepan bisa panen untuk mencukupi kebutuhan kabupaten Sarolangun,” katanya.

Poto bersama

Selain itu, ia juga berharap kedepan masyarakat juga ikut menanam cabe baik di atas lahan ataupun di pekarangan rumah. Bukan hanya cabe, tapi juga tanaman hortikultura lainnya yang butuhkan untuk kebutuhan sehari-hari.

” Kondisi inflasi di Sarolangun saat ini bagus dan masih bisa dikendalikan, yang mana tadi pagi kita rapat dengan kementrian dalam negeri. Kita bagus dan masih bisa terkendali baik inflasi maupun harga pangan yang ada,” katanya

” Tadi kita juga melakukan operasi pasar dan jual LPG 3 kg di empat lokasi, dan untuk menghadapi idul adha kita akan ada gerakan pangan murah sampai dengan satu Minggu,” kata dia menambahkan.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU