Kamis, Juli 25, 2024
BerandaDAERAHPJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Kunker Ke Rejang Lebong, Tindak Lanjuti MoU...

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Kunker Ke Rejang Lebong, Tindak Lanjuti MoU Penanganan Inflasi Daerah 

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Sekda Rejang Lebong Yusran Fauzi, PJ Sekda Sarolangun Dedy Hendry saat kunker ke Kabupaten Rejang Lebong

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc kembali melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Rejang Lebong, dalam rangka tindak lanjut urusan kerjasama dalam pengendalian dan penanganan inflasi daerah tahun 2024, Jumat (22/03/2024).

Kedatangan PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta rombongan disambut hangat oleh Sekda Kabupaten Rejang Lebong Yusran Fauzi, ST, serta kepala OPD dilingkungan Pemkab Rejang Lebong di rumah Dinas Bupati Rejang Lebong.

Dari Kabupaten Sarolangun turut hadir PJ Sekda Kabupaten Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Ketua TP PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Bachril, Ketua DWP Sarolangun Ny Ratna Dewi Dedy, Asisten I Sarolangun Drs H Arief Ampera, sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun.

Sekda Kabupaten Rejang Lebong Yusran Fauzi menyampaikan rasa terima kasih atas kedatangan PJ Bupati Sarolangun beserta rombongan untuk melakukan silaturrahmi sekaligus berkoordinasi dalam upaya pengendalian inflasi daerah khususnya pada saat bulan puasa ramadhan dan hari raya idul Fitri 1445 Hijriyah.

” Kami berterima kasih sudah di kunjungi dan bersilaturrahmi dan insa Allah silaturrahmi akan membuahkan hasil dan dapat mendukung program prioritas pusat yang sedang dicanangkan hari ini,” katanya.

Lanjut Yusran Fauzi menjelaskan bahwa kunjungan ini juga tindak lanjut atas kerjasama antara Pemerintah Kabupaten rejang Lebong dengan Kabupaten Sarolangun, dalam hal penanganan inflasi apabila terjadi kenaikan sejumlah harga pada komoditi pangan.

” Hari ini kita sudah menindaklanjuti salah satu program prioritas pusat dalam mengantisipasi inflasi dan antara rejang Lebong dengan Sarolangun sudah ada MOU, bahwa hari ini rejang Lebong merupakan daerah penghasil dan nanti antara OPD akan melakukan PKS,” katanya.

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Ketua PKK Sarolangun Ny Indah Dewi, Sekda Rejang Lebong Yusran Fauzi, poto bersama dengan jajaran dalam kunker ke Rejang Lebong

Sementara itu, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa sesuai arahan Mentri Dalam negeri, salah satu upaya dalam pengendalian inflasi daerah adalah dengan melakukan koordinasi dengan daerah penghasil komoditas pertanian, diantaranya cabe, beras, dan sebagainya.

Kabupaten rejang Lebong termasuk sebagai daerah penghasil, sehingga Pemerintah Kabupaten Sarolangun mengambil langkah berupa antisipasi bila terjadi kenaikan harga pangan di Kabupaten Sarolangun.

” Hari ini kami bersama pak sekda, asisten I dan OPD terkait melakukan kunker ke kabupaten rejang Lebong dalam rangka berkoordinasi sebagai daerah penghasil agar kita dapat mengendalikan inflasi selama bulan ramadhan dan lebaran,” katanya.

Menurutnya, sesuai arahan Mendagri ada 9 langkah pengendalian dan penanganan inflasi daerah, diantara Operasi pasar, Gerakan Pangan Murah, Gerakan Tanam Cepat Panen, subsisodi transport dan lain sebagainya.

” Ada juga berkoordinasi dengan daerah penghasil, agar dilakukan untuk menjaga-jaga apabila terjadi inflasi yang cukup besar, dan kita dengan penghasil sudah berkoordinasi lebih dulu yakni ke Rejang Lebong dan bisa membantu kami pak terhadap komoditas yang kita butuhkan,” katanya.

Seperti saat ini di Kabupaten Sarolangun, harga Cabe di pasaran mencapai Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu perkilo gramnya, sementara kalau di Kabupaten Rejang Lebong harga cabe hanya berkisar Rp 30 ribu perkilo gramnya. Selain cabe merah, di kabupaten Sarolangun juga rawan kenaikan harga pada komoditi cabe rawit, beras dan minyak curah serta daging sapi.

” Daging sapi kita juga akan lakukan operasi pasar murah menjelang lebaran nanti. Jadi sifatnya hanya berkoordinasi untuk mengantisipasi apabila ada kemungkinan naik harga sejumlah komoditas. Kami juga selalu memantau perkembangan harga,” katanya.

” Kita berkoordinasi dengan daerah penghasil sebagai penjamin agar pasokan pangan nantinya yang apabila terjadi inflasi kita dapat berkoordinasi dengan kabupaten rejang Lebong,” kata dia menambahkan.

Bachril Bakri juga menyebutkan apabila nanti saat lebaran harga cabe mahal maka Pemkab Sarolangun akan berkoordinasi dengan Kabupaten Rejang Lebong, dan tindak lanjut pertemuan kedepan akan dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara dinas Koperindag Sarolangun dengan dinas koperindag rejang Lebong.

” Terima kasih telah menerima kami dengan baik dalam suasana bukan ramadhan, mudah mudahan kerja sama kita tetap terjaga, kita jadikan kabupaten sister antara kita Sarolangun dengan rejang Lebong,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU