Selasa, Juli 23, 2024
BerandaDAERAHPj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Panen Perdana Bawang Merah Di Sepintun, Produksinya...

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Panen Perdana Bawang Merah Di Sepintun, Produksinya Capai 2 Ton Per Hektar

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Anggota DPRD Sarolangun AH Marzuki bersama para petani bawang merah dalam kegiatan panen perdana di Desa Sepintun, Kecamatan Pauh

KABAR SAROLANGUN –Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M. App, Sc bersama anggota DPRD Sarolangun AH Marzuki melakukan panen perdana komoditi bawang merah di Dusun III, Desa Sepintun, Kecamatan Pauh, Kamis (19/10/2023) petang.

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Camat Pauh Jupri, SE, Kades Sepintun, Petani Bawah Merah dan masyarakat Desa Sepintun.

Pada kesempatan itu, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengapresiasi langkah para petani di Desa Sepintun ini dalam melakukan budidaya komoditi bawang merah yang hingga berhasil panen untuk pertama kalinya di Kabupaten Sarolangun.

” Hari ini, Bawang merah panen perdana di Kabupaten Sarolangun dan itu di Desa Sepintun. Bawang merah ternyata cocok di Sarolangun khususnya di desa spintun, maka saya minta dinas pertanian untuk terus membina petani di desa ini khususnya petani bawang merah,” katanya.

Dari panen bawang merah ini, Bachril Bakri juga mengaku sangat bangga sekali terhadap para petani dengan kedisiplinan dalam pengolahan lahan mulai dari penanaman bawang merah hingga panen yang berhasil dengan baik dimana dalam satu hektar bisa menghasilkan produksi bawang merah sebanyak 2 ton.

” Produksinya luar biasa 2 ton per hektar dan ini sangat membanggakan dan kita harapkan juga bisa ditanam di kecamatan lain dalam wilayah Kabupaten Sarolangun. Bagaimana produksinya lebih baik dan saya juga sepakat bahwa ini kita harapkan bisa jadi contoh dan kecamatan lainnya bisa studi tiru ke desa Sepintun, karena ini sudah sangat ekonomis, minimalnya bisa memenuhi kebutuhan bawang merah di kecamatan Pauh,” katanya.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat berdialog dengan masyarakat desa Sepintun

Selain itu, komoditi bawang merah juga menjadi salah satu komoditas pangan yang terus diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun, sebagai salah satu program dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dan pengendalian inflasi di Kabupaten Sarolangun.

” Kita pemerintah daerah punya program untuk mengendalikan inflasi di daerah, komoditas lainnya ada beras, telur, tepung terigu, gula, minyak, bawang putih termasuk juga bawang merah,” katanya.

Dengan hasil ini, kata Bachril Bakri diharapkan bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sarolangun, dan iapun berkomitmen akan menindaklanjuti masukan dari masyarakat terhadap beberapa hal yang dibutuhkan, dan masukan itu menjadi prioritas dalam perencanaan pembangunan di tahun mendatang.

” Kita berharap juga komoditas pertanian juga menjadi komoditas unggulan di dusun III desa Sepintun dan juga Kabupaten Sarolangun, tentu kami datang untuk menunjukkan komitmen kami terhadap produksi bawang merah ini yang akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di desa sepintun khususnya dan umumnya masyarakat Sarolangun,” katanya

” Harapannya ini bisa tegak ditanam selanjutnya dan diproduksi dan kita akan kembangkan di daerah lain yang ada di Kabupaten Sarolangun. Kita harapan ini akan menjadi dusun tiga sebagai pusat pengembangan bawang merah di Kabupaten Sarolangun,” kata dia menambahkan.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU