Senin, Juli 15, 2024
BerandaDAERAHPJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Resmikan Rumah Layak Huni Bantuan BAZNAS Di...

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Resmikan Rumah Layak Huni Bantuan BAZNAS Di Desa Perdamaian

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat meresmikan rumah layak huni di Desa Perdamaian

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc meninjau sekaligus meresmikan Rumah Layak Huni yang telah selesai dibangun melalui bantuan dari BAZNAS Kabupaten Sarolangun, Selasa (04/06/2024).

Pembangunan rumah layak huni tersebut diterima oleh Ibu Zubaidah (40), warga Desa Perdamaian, Kecamatan Singkut.

Dalam peresmian tersebut, PJ Bupati Sarolangun tampak didampingi Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Ketua BAZNAS Sarolangun Drs Ahmad Zaidan, Camat Singkut, Kepala Desa Perdamaian Muhajir, serta dinas terkait.

Sebelum meresmikan Rumah Layak Huni tersebut, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta jajaran terlebih dahulu melihat kondisi rumah ini Zubaidah yang sangat memprihatinkan, yang hanya berlantaikan tanah dan berdindingkan papan sehingga memang sangat layak mendapatkan bantuan.

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat melihat kondisi rumah penerima bantuan yang tidak layak huni

Dalam kesempatan itu, Kades Perdamaian Muhajir mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sarolangun dan BAZNAS Sarolangun yang telah membantu warganya dalam mendapatkan rumah layak huni.

” Terima kasih kami ucapkan Kepada baznas Sarolangun, atas nama Pemerintah desa hal seperti ini tentu kami sambut baik, tentunya mungkin ada hal lain nanti kita selalu mohon bantuan dan dukungan dari pemerintah kabupaten Sarolangun, BAZNAS maupun dinas sosial,” katanya.

Selain itu, Ketua BAZNAS Sarolangun Ahmad Zaidan mengatakan bahwa pihaknya memang membuat program pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat miskin pada tahun 2024 ini, hanya saja penerimanya ada sebanyak dua rumah.

” Ini pertama untuk tahun, dimana tahun ini ada dua yakni Desa Perdamaian dan desa gurun Tuo yang sekarang dalam proses. Berdasarkan hasil survey memang layak menerima bantuan,” katanya.

Zaidan juga berharap bahwa untuk pembangunan rumah layak huni tentu masih membutuhkan bantuan lainnya yang diharapkan Pemerintah Desa setempat juga bisa membantu untuk instalasi listrik rumah warga yang dibangun tersebut melalui anggaran Dana Desa.

” Kita harapkan kades, juga kalau memungkinkan dana desa untuk membantu listrik. Dan kami minta penerima untuk memanfaatkan bantuan ini dengan baik, setelah diresmikan pindah kesini,” katanya.

” Kita mengharapkan bukan hanya ASN tapi seluruh masyarakat yang sudah wajib berzakat untuk bisa menunaikan zakat melalui BAZNAS Sarolangun, insa Allah apa yang disampaikan akan amanah, DNA ini salah satu program dari BAZNAS,” kata dia menambahkan.

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Poto bersama dengan jajaran dan masyarakat penerima bantuan tepat didepan rumah yang tidak layak huni

Sementara itu, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri juga mengapresiasi dukungan BAZNAS Sarolangun dalam upaya Pemerintah untuk penanggulangan kemiskinan ekstrem di wilayah Kabupaten Sarolangun.

Sebab, diharapkan dengan bantuan pembangunan rumah layak huni dapat merubah kehidupan masyarakat miskin bisa lebih baik kedepan.

” Ini adalah bantuan BAZNAS bersama dengan Pemda untuk upaya penanggulangan kemiskinan, kita ingin merubah kehidupan masyarakat miskin jadi lebih baik dengan membantu pembangunan rumah layak huni,” katanya.

Program ini tentu sangat menyentuh masyarakat, karena si penerima bantuan yang awalnya punya rumah hanya lantai tanah dan dinding papan, setelah dapat bantuan dibangun rumah layak huni dengan ukuran 4×6 meter persegi.

” Kami berharap ini bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan membesarkan anaknya karena ada tiga anaknya, jadi kami merasa memberikan bantuan pembangunan rumah dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan kondisi rumah sebelumnya yang hanya tanah dan papan,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU