Selasa, Juli 23, 2024
BerandaDAERAHPJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Sholat Idul Adha Di Mesjid As-Sulton, Serahkan...

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Sholat Idul Adha Di Mesjid As-Sulton, Serahkan Hewan Dua Ekor Qurban

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat menyampaikan ucapan selamat hari raya idul adha kepada masyarakat Sarolangun

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc melaksanakan ibadah sholat idul Adha 1445 Hijriyah/2024 Masehi, Senin (17/06/2024) di Mesjid As-Sulton Sarolangun.

Kegiatan sholat berjamaah idul adha tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd, Ketua TP PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Pangestu Bachril, Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Kakan Kemenag Sarolangun Drs H M Syatar, para asisten dan staf Ahli Bupati Sarolangun, Para Kepala OPD dilingkungan Pemkab Sarolangun serta ribuan masyarakat Sarolangun.

Dalam sholat idul adha di Mesjid Ad-Sulton ini, bertindak sebagai imam sholat dipimpin oleh Ustadz Alamsah, Khotib oleh H Puadi, S.Ag, dan Bilal oleh Muhammad Ilham, yang berlangsung dengan lancar.

Ribuan masyarakat sarolangun saat melaksanakan sholat idul adha

Kepada awak media, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengucapkan selamat hari raya idul Adha 1445 H/2024 M yang bertepatan pada 10 Zulhijjah 1445 H,  minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir dan bathin semoga seluruh masyarakat Sarolangun bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

” Hari Raya Idul Adha merupakan hari yang bersejarah bagi umat muslim, hari yang mengingatkan kita akan pengorbananan besar Nabi Ibrahim Alaihissalam dan Nabi Ismail Alaihissalam dalam menajalankan perintah Allah SWT,” katanya.

” Beliau telah meletakkan dasar-dasar keteladanan yang fundamental, yang hingga kini masih bisa kita laksanakan, yakni pelaksanaan ibadah haji dan penyembelihan hewan qurban, đua kegiatan inilah yang hingga kini terus menjadi tuntunan kaum muslimin dan muslimat di dunia untuk menunaikan rukun Islam yang kelima,” kata dia menambahkan.

Bachril Bakri juga menyebutkan suri tauladan yang diwariskan Nabi Ibrahim Alaihissalam, merupakan pengorbanan yang tiada tara bandingannya. Sungguh sebuah peristiwa yang menyentuh, yang menggambarkan ujian atas Ketaatan nabi Ibrahim Alaihissalam kepada Allah SWT, dan kini telah menjadi bagian dari tradisi umat Islam, yang diterjemahkan dengan berqurban/ penyembelihan hewan ternak, seperti: sapi, kerbau, unta, kambing atau domba.

” Yang selanjutnya dibagikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan sebagai bentuk ibadah dan kepedulian terhadap sesama manusia,” katanya.

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri menyerahkan 1 ekor qurban kepada pengurus mesjid As-Sulton yang diterima Ketua Takmir Mesjid As-Sulton Tontawi Jauhari 

Disamping itu, Kata Bachril Bakri, kegiatan berqurban ini merupakan upaya dari seorang hamba untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui pengorbanan terhadap harta yang dicintainya.

Kesediaan berqurban juga mengingatkan manusia bahwa jalan menuju kebahagiaan senantiasa menuntut pengorbanan, seperti halnya yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim Alaihissalam walaupun harus menyembelih putra  kesayangannya Ismail Alaihissalam sehingga bila Allah yang meminta dan kalau untuk kepentingan agama, jiwa raga pun siap dikorbankan.

” Sebagaimana yang telah diceritakan bahwa Nabi Ibrahim Alaihissalam yang memiliki seorang anak yang dicintainya yaitu Nabi Ismail Alaihissalam, Nabi Ibrahim tidak diperintah oleh Allah Subha Nahuwa Ta’ala untuk membunuh Nabi Ismail, namun hanya diminta untuk membunuh rasa kepemilikan terhadap Ismail karena hakikatnya semua adalah milik Allah SWT,” katanya.

” Begitu juga dengan kita, kalau diibaratkan setiap kita saat ini adalah Ibrahim, maka Ismailmu adalah Hartamu, Ismailmu adalah jabatanmu, Ismailmu mungkin gelarmu, Ismailmu mungkin egomu, Ismailmu adalah sesuatu yang kita sayangi dan dipertahankan didunia ini,” kata dia menambahkan.

Bachril Bakri juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sarolangun untuk menjadikan hari raya Idul Adha kali ini, sebagai wahana untuk introspeksi diri, apakah telah memahami dan mengamalkan nilai-nilai religi dan sosial tersebut, yakni sudah sejauh mana mampu berqurban untuk sesama dan berkorban untuk daerah tercinta ini.

 ” Semoga saudara-saudara kita, jama’ah haji Kabupaten Sarolangun tahun ini dapat melaksanakan ibadah hajinya dengan sempurna, diberi kesehatan dan kekuatan lahir bathin, dapat pulang kembali ke tanah air dengan Haji yang Mabrur. Sedangkan bagi kaum muslimin yang belum diberi beri kesempatan oleh Allah untuk melaksanakan ibadah haji tahun yang akan datang,” katanya.

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri menyerahkan 1 ekor qurban kepada pengurus mesjid Al-Falah Sarolangun

Usai melaksanakan sholat idul adha, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri juga menyerahkan dua ekor hewan qurban berupa sapi, yakni 1 ekor sapi ke mesjid As-Sulton dan 1 ekor sapi mesjid Al-falah Sarolangun.

” Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Sarolangun memberikan satu ekor hewan qurban di mesjid as-Sulton dan 1 ekor di mesjid Al-falah,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU