Kamis, Juni 13, 2024
BerandaDAERAHPj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Tinjau Bencana Banjir Di Tiga Desa 

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Tinjau Bencana Banjir Di Tiga Desa 

Puluhan Rumah Warga dan Satu Sekolah  Digenangi Air 

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat meninjau banjir yang menggenangi rumah warga

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc meninjau langsung lokasi rumah warga yang terdampak banjir di tiga desa dalam wilayah Kabupaten Sarolangun, Sabtu (30/12/2023).

Banjir tersebut terjadi pada Jumat kemarin yang mengakibatkan rumah warga Digenangi air dan juga satu gedung sekolah.

Yakni Dua Desa Di Kecamatan Sarolangun diantaranya di Desa Baru dengan 20 rumah warga dan SDN 146/VIII terdampak banjir, Desa Bernai dalam sebanyak 25 rumah warga dan satu sekolah madrasah,dan 20 rumah warga di Desa Teluk Kecimbung, Kecamatan Bathin VIII.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis Sosial Sarolangun Helmi, SH, MH, Kepala Desa baru, Kepala desa Bernai dalam Muhtoyo, dan Kepala desa teluk Kecimbung serta masyarakat setempat.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan dari pantauan yang telah dilakukan bahwa kondisi air banjir saat ini sudah mulai surut secara drastis, dan banjir ini terjadi akibat air sungai yang meluap ke pemukiman warga, serta adanya saluran drainase yang tersumbat akibat tumpukan tanah.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat melihat kondisi banjir di salah satu sekolah

” Kondisi air terus surut, kita melihat lokasi bekas banjir yang terjadi kemarin dan sekarang air sudah mulai turut, kemudian ada juga satu sungai yang yang rawan longsor, sekolah juga kita lihat terkena banjir, ada tanah yang terperangkap dalam drainase jadi itu harus dibersihkan sebelum adanya kegiatan belajar mengajar,” katanya.

” Dampak banjir sudah menyebabkan genangan air  di rumah penduduk yang ada di desa baru dan sekolah, kemudian kita juga ke desa teluk Kecimbung, kemarin luar biasa juga dampak banjirnya yang genangannya cukup tinggi sampai ke jalan,” kata dia menambahkan.

Bachril Bakri berharap agar Kepala Desa dan camat di wilayahnya masing-masing agar melakukan upaya untuk mengantisipasi terjadinya bencana baik banjir maupun longsor khususnya di daerah rawan bencana.

” Untuk banjir kami juga berharap agar kepala desa dan camat untuk mengantisipasi bencana banjir dan melakukan koordinasi ke instansi terkait untuk penyaluran bantuan dan penanganan banjir yang terjadi,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU