Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHPj Bupati Sarolangun Hadiri Pelantikan Mabi dan Pimpinan Saka Pramuka Kalpataru Masa...

Pj Bupati Sarolangun Hadiri Pelantikan Mabi dan Pimpinan Saka Pramuka Kalpataru Masa Bakti 2023-2028

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Ka. Kwarcab Pramuka Sarolangun Fadlan Arafiqi serta jajaran OPD, dan Pengurus Mabi dan Pimpinan Saka Pramuka Kalpataru masa bakti 2023-2028

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Kwarcab Gerakan Pramuka Sarolangun menghadiri pelantikan Majelis Pembimbing (Mabi) dan pengurus Pimpinan Satuan Karya (Saka) Pramuka Kalpataru Kabupaten Sarolangun masa bakti 2023-2028, Senin (11/09/2023) sore di kawasan bumi perkemahan Dinas Lingkungan Hidup Sarolangun.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sarolangun Muhammad Fadlan Arafiqi, SE, MH, Kadis LHD Sarolangun Kurniawan, ST selaku Ka. Mabi Saka Kalpataru, Kepala DPMPPTSP Sarolangun Sahrudin Muis, Kasat Pol PP Sarolangun Drs Muhammad Idrus, Sekretaris Dinas LHD Sarolangun Herikus, Jajaran pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sarolangun, Jajaran Mabi Saka dan Pengurus Saka Pramuka Kalpataru, 14 Perusahaan yang ikut terlibat dalam kepengurusan Saka Kalpataru tersebut.

Tampak dalam kegiatan tersebut Ketua Kwarcab Pramuka Sarolangun Muhammad Fadlan Arafiqi melantik langsung Mabi dan Pimpinan Saka Pramuka Kalpataru Kabupaten Sarolangun yang berjalan dengan tertib dan lancar.

Ka. Kwarcab Pramuka Sarolangun Muhammad Fadlan Arafiqi saat melantik Mabi dan Pimpinan Saka Pramuka Kalpataru Sarolangun

Dalam sambutannya, Ka. Kwarcab Pramuka Sarolangun M Fadlan Arafiqi mengatakan bahwa Gerakan Pramuka memiliki tugas pokok dalam memberikan pendidikan kepramukaan bagi generasi muda dalam rangka mewujudkan generasi muda yang berkarakter dan menjadi generasi penerus bangsa dan negara, peduli terhadap lingkungan sekitar, peka terhadap tatanan sosial kehidupan bangsa dan bernegara.

” Saya selalu tekankan untuk adik-adik Pramuka untuk menjauhi narkoba, peka terhadap lingkungan, dan tertib berlalu lintas. Hari ini saya apresiasi kepada kadis lh, bahwa pelantikan ini dapat terlaksana dengan baik,” katanya.

” Mari kita bersinergi untuk lingkungan, harapan saya kalpataru teruslah hidup dan bersemangat. Jadi Pengurus itu berat, harus mampu mengurus, jangan malah di urus apalagi menambah urusan,” kata dia menambahkan.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri selaku Kamabicab dalam arahannya mengucapkan selamat kepada pengurus Mabi dan Pimpinan Saka Kalpataru Pramuka kwarcab Kabupaten Sarolangun masa bakti 2023-2028.

Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc selaku Kamabicab Pramuka Sarolangun

Ia berharap program kepramukaan dalam bidang saka kalpataru ini bisa berjalan dengan baik, khususnya pada spek lingkungan hidup, yakni pertama, bekerja bisa mengelola sampah menjadi kompos atau bio massa, kedua perubahan iklim akibat kerusakan lingkungan dan alam yang membuat kenaikan suhu, dan ketiga tentang keanekaragaman hayati dengan menjaga hayati.

” Menjaga lingkungan hidup untuk lestari, hijau dan berkelanjutan. Dan saka kalpataru ini tentu suatu saka yang sangat bagus dan penting dalam bersinergi dengan Pemerintah Daerah.  Saya juga berencana membangun sarana air bersih di beberapa desa untuk menjaga ketersediaan air bersih,” katanya.

Dikatakan Bachril Bakri, Pembentukan saka Kalpataru ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan antara Mentri lingkungan hidup dengan ketua kwarnas, dengan harapan kedepan lingkungan hidup di Sarolangun bisa baik dan bagus.

” Saya berharap saka kalpataru ini bisa membuat program lingkungan hidup bersih, salah satunya Tembesi bersih, dan melakukan penanaman pohon hingga bisa menjadi bermanfaat bagi masyarakat, serta mensosialisasikan karhutla,” katanya.

Penulis : M. Imat Nudin
Editor : A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments