Minggu, Juni 23, 2024
BerandaDAERAHPj Bupati Sarolangun Panen Raya Padi Bersama Poktan Selang Rengas Kelurahan Sarkam

Pj Bupati Sarolangun Panen Raya Padi Bersama Poktan Selang Rengas Kelurahan Sarkam

 

Penjabat Bupati Henrizal, Kadis TPHP Provinsi, Kapolres AKBP Anggun Cahyono, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo melakukan panen raya padi

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM melakukan panen raya padi sawah bersama Kelompok Tani (Poktan) Selang Rengas, Kelurahan Sarolangun Kembang, Kecamatan Sarolangun, Rabu (02/11/2022) di Areal Persawahan Kelurahan Sarkam.

Panen raya padi ini juga dihadiri Kadis TPHP Provinsi Jambi Ir Ahmad Maushul, Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono, S.IK, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius, Kadis TPHP Sarolangun Ir Dedi Hendry, M.Si, Pimpinan PT SAL, beserta jajaran forkompinda Kabupaten Sarolangun, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Para kelompok tani.

Dalam kegiatan tersebut, selain panen raya padi sawah, juga dilakukan penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) Antara Kelompok Tani Maju Jaya dengan PT SAL, dalam bentuk kerja sama pembelian beras petani untuk memenuhi kebutuhan pihak perusahaan setiap bulan.

Kepala Dinas TPHP Sarolangun Dedi Hendri mengatakan bahwa saat ini kelompok tani di kelurahan sarkam ini membutuhkan perhatian dalam peningkatkan produksi padi, karena para petani dalam bercocok tanam padi tergantung dengan kondisi hujan.

Pihaknya tahun 2022 ini tidak ada lagi mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat, sedangkan pada APBD Sarolangun pihaknya hanya melaksanakan program bantuan benih dan pembuatan irigasi kecil.

” Bantuan alsintan, kita sudah dua tahun terakhir tidak lagi mendapatkan bantuan. Dan saat ini masyarakat diarahkan untuk mendapatkan alsintan melalui kredit kur. Minta petani untuk memanfaatkan bantuan alsintan untuk menjaga nya dengan baik,” katanya.

Dedi Hendri juga menambahkan bahwa para petani di Poktan Selang Rengas ini telah menjual beras sendiri dengan merk Selang Rengas. kedepan, pihaknya pun akan terus mendorong para petani untuk menjadi padi sawah ini sebagai komoditi bisnis bagi para petani.

“MoU antara kelompok tanik dengan PT SAL terkait persediaan beras 3,8 ton perbulan, selama ini PT SAL membeli beras ini dari Lampung,” katanya.

Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal mengaku sangat bangga dengan semangat para petani dalam meningkatkan produksi padi sawah di Kelurahan Sarkam ini, serta Istiqomah sejak dulu dalam mengelola sawah yang bertahan hingga saat ini, meskipun pengelolaan sawah dengan sistim sawah tadah hujan atau mengikuti kondisi perkembangan hujan.

” Kegiatan seperti ini tentulah banyak kendala terutama bapak dan ibu PPL dan petani sendiri. Tapi saat ini menyadari bahwa memang kondisi kemampuan anggaran pemerintah daerah. Di Kabupaten Sarolangun ada sekitar 5.000 hektar lahan yang tersedia saat ini, yang tentu harus dapat dimaksimalkan dengan baik,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal melakukan diskusi bersama para petani dan menyaksikan penandatangan MoU antara petani dengan PT SAL serta meninjau langsung mesin penggilingan padi yang ada di Kelurahan Sarkam, Kecamatan Sarolangun.

Penulis : A.R Wahid Harahap

 

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU