Senin, Mei 20, 2024
BerandaDAERAHPJ Bupati Sarolangun Pimpin Upacara HKP Tahun 2022, Ketua DPRD Sarolangun Bacakan...

PJ Bupati Sarolangun Pimpin Upacara HKP Tahun 2022, Ketua DPRD Sarolangun Bacakan Ini

 

PJ Bupati Henrizal saat memimpin upacara hari kesaktian Pancasila

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila (HKP) tahun 2022 yang berlangsung di Lapangan Gunung Kembang, Komplek Perkantoran Bupati Sarolangun, Sabtu (01/10/2022).

Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM tampak memimpin langsung pelaksanaan upacara tersebut yang dihadiri sejumlah pejabat penting dari jajaran forkompinda Kabupaten Sarolangun.

Diantaranya ada L Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono, Sik, Waka II DPRD Sarolangun Syahrial Gunawan, SE, Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Kajari Sarolangun Bobby Ruswin, SH, MH, Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M Syatar, S.Ag, serta para kepala OPD dilingkungan Pemkab Sarolangun dan ratusan peserta upacara.

Rangkaian upacara HKP tersebut dimulai dari, Komandan upacara memasuki lapangan upacara, barisan disiapkan, Inspektur upacara memasuki lapangan upacara, Penghormatan umum kepada Inspektur Upacara, dipimpin oleh Komandan Upacara, Laporan Komandan Upacara, upacara siap, Mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara.

Kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila dan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Pembacaan Naskah Ikrar, Pembacaan Naskah Doa, Andhika Bhayangkari (menyesuaikan), Laporan Komandan Upacara, upacara selesai, Penghormatan umum kepada Inspektur Upacara hingga peserta upacara meninggalkan lapangan upacara.

Poto bersama

Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal mengatakan bahwa dalam momentum ini sesuai dengan Tema Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022, adalah “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”, maka pentingnya menjaga kesatuan dan persatuan bangsa dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Mari kita satukan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, dalam pembacaan Naskah Ikrar mengatakan bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataanya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari saat membacakan naskah ikrar Hari Kesaktian Pancasila

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara;

“Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Tontawi juga menyebutkan dengan demikian maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

“Jakarta, 1 Oktober 2022. Atas Nama Bangsa Indonesia, Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU