Rabu, Mei 29, 2024
BerandaDAERAHRaih WTP Keenam Kali Beruntun, Bupati Cek Endra : Saya Merasa Terkesan...

Raih WTP Keenam Kali Beruntun, Bupati Cek Endra : Saya Merasa Terkesan Sekali

 

Bupati Cek Endra saat menerima opini WTP dari Kepala BPK RI Perwakilan Jambi

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun kembali mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Jambi.

Menariknya, opini WTP ini merupakan yang keenam kalinya secara beruntun diterima oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun dibawah kepemimpin Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra bersama Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri.

Bupati Cek Endra menerima opini WTP atas Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan Pemerintah Daerah tersebut pada Jumat (13/05/2022) di aula Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jambi.

Bupati Sarolangun Cek Endra pun merasa sangat terkesan atas kembalinya menerima raihan opini WTP tersebut, pasalnya hal itu terjadi di akhir masa jabatan sebagai kepala daerah Priode 2017-2022.

“Saya merasa berkesan sekali, yang mana dalam satu minggu lagi masa jabatan kami berakhir. Sebenarnya saya takut datang ke sini. Tapi saya diyakinkan Kepala BPK Jambi, agar tetap datang ke sini,”katanya.

Menurut Cek Endra untuk meraih WTP ini cukup mudah didapatkan, namun untuk mempertahankannya sangatlah sulit. Sehingga Cek Endra meminta agar BPK selalu memberi arahan kepada Pemerintah Kabupaten Sarolangun dalam membuat laporan akuntabilitas yang baik dan yang benar.

“Kami sangat berterimakasih, Tak hanya WTP yang kami dapatkan, namun bagaimana caranya untuk membuat laporan keuangan yang sesuai dengan aturan yang ada,”katanya.

Dirinya pun berharap tindak lanjut atas laporan ini dapat segera dikerjakan. Serta untuk rekomendasi yang diberikan BPK dapat segera ditanggapi.

“Kami tentunya selalu butuh konsultasi kepada BPK. Maka kami harap yang menyangkut mengenai salah anggaran kami dapat berkonsultasi. Semua yang kami ragukan, pasti akan kami tanyakan kepada BPK,” katanya.

Poto bersama

Sementara itu, Ketua DPRD Sarolangun, Tontawi Jauhari SE juga mengatakan pemeriksaan keuangan yang dilakukan BPK perwakilan Jambi dilakukan intens kepada Pemerintah Kabupaten Sarolangun.

Ini tentunya membuat laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Sarolangun dapat semakin baik. “Ini pada akhirnya kami kembali mendapatkan WTP keenam kalinya,” katanya.

Dirinya pun mengajak Pemerintah Kabupaten Sarolangun untuk mempertahankan opini WTP ini. Terutama ke depan juga Kepala Daerah definitif sudah habis masa jabatannya.

“Siapapun nanti PJ bupatinya, kami akan memaksimalkan kerja sama, agar WTP ini tetap dipertahankan untuk tahun depan,” tegasnya.

Dengan mendapatkan opini WTP keenam kalinya, ini menunjukan Pemerintah Kabupaten Sarolangun telah mengikuti prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum dan sebaik-baiknya.

“Sebagai tindak lanjut kami akan mempelajari secara seksama mengenai LHP LKPD Sarolangun. Untuk Pemerintah Sarolangun, kami harap untuk segera menindaklanjuti ini serta rekomendasi yang diberikan BPK sesuai dalam LHP tersebut,”katanya.

Kemudian ia juga meminta agar Pemerintah Kabupaten Sarolangun juga menyampaikan hasil tindak lanjut kepada DPRD.

“harapannya kami juga dapat melakukan pemantauan atas tindak lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan ini,”katanya.

Tampak hadir mendampingi Bupati Sarolangun Cek Endra dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri, Sekretaris Daerah Ir Endang Abdul Naser, Asisten III Hazrian, SE, Kepala BPKAD Sarolangun Emalia Sari, SE, Kepala Inspektorat Henriman, S.Sos, Kadis Kominfo Drs Muhammad Idrus serta jajaran BPKAD Sarolangun.(Ks1)

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU