Selasa, Juni 25, 2024
BerandaDAERAHRestocking Ikan, Disnakan Sarolangun Siapkan 15 Ribu Benih Ikan

Restocking Ikan, Disnakan Sarolangun Siapkan 15 Ribu Benih Ikan

Kadisnakan Kabupaten Sarolangun Dulmuin, SP

KABAR SAROLANGUN – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Sarolangun pada tahun. 2024 ini bakal melakukan program restocking ikan dalam rangka konservasi sumber daya perairan sungai di wilayah Kabupaten Sarolangun.

Kadisnakan Sarolangun Dulmuin, mengatakan dalam program restocking ikan tersebut pihaknya menyiapkan sebanyak 15 ribu benih ikan untuk ditabur di dua sungai yakni perairan sungai yang ada di Desa Monti, Kecamatan Limun. Dan Perairan sungai yang ada di Desa Payo Lebar, Kecamatan Singkut.

” Kegiatan restocking ada dua tempat tahun ini yakni desa monti kecamatan Limun dan Desa Payo Lebar, Kecamatan Singkut,” katanya, Selasa (10/06/2024) kepada media ini.

Dulmuin menjelaskan penebaran benih ikan tersebut berupa ikan Nilem dan Ikan Graskap, dimana sebanyak 10 ribu benih ikan akan ditabur di Desa Monti dalam rangka hari lingkungan hidup sedunia dengan tujuan akhirnya membangun desa bebas dari aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) serta pelestarian ekosistem sungai.

” Air itu diharapkan bisa jernih kembali sehingga secara simbolis dilepas ikan di situ sebanyak 10.000 ikan oleh bapak PJ Bupati Sarolangun,” katanya.

” Kedua, kami lakukan di desa payo lebaran kecamatan Singkut, tujuannya sekian pelestarian tapi juga daerah wisata juga di sungai itu ada sebanyak 5.000 ekor,” kata dia menambahkan.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU