Sarolangun Tuan Rumah Jambore PKH Provinsi Jambi, Dibuka Langsung Gubernur Alharis

0

 

Gubernur Jambi Alharis, PJ Bupati Sarolangun Henrizal, Pejabat Pemprov dan Pemkab Sarolangun serta tamu undangan yang hadir

KABAR SAROLANGUN – Gubernur Jambi Al Haris, S.Sos, MH membuka langsung kegiatan Jambore Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2022 dihalaman Lapangan Glora Sport Center (GOR) Sarolangun, Rabu (16/11/2022) sore.

Turut mendampingi, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM yang dihadiri sejumlah pejabat baik di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi maupun pejabat di lingkungan Pemkab Sarolangun, Anggota DPRD Sarolangun Hermi, S.Sos beserta jajaran, serta ratusan pendamping PKH se-Provinsi Jambi.

Dalam laporannya, Kadis Sosial Provinsi Jambi Arif Munandar, SE mengatakan bahwa kegiatan jambore PKH berlangsung selama tiga hari terhitung dari tanggal 16 sampai 18 November 2022, dengan mengangkat tema Sinergitas Program Keluarga Harapan bersama Pemerintah Daerah di Provinsi Jambi untuk kesejahteraan keluarga prasejahtera.

Katanya, Di program pendampingan PKH ini di Provinsi Jambi sudah berjalan selama 10 tahun lamanya sejak tahun 2012 silam, dimana hingga saat ini jumlah SDM PKH yang ada se-provinsi jambi sebanyak 579 orang tersebar di seluruh kabupaten/kota.

” Pelaksanaan kegiatan jambore PKH ini juga sekaligus memperingati program PKH, dan tujuan untuk mengedukasi, memotivasi sumber daya pelaksana PKH dalam melaksanakan tugas dan fungsi yakni Santun, integritas dan profesional. Kegiatan ini meliputi Edukasi lomba cerdas cermat, lomba olahraga, lomba masak kuliner, lomba hasil dan karya pendamping PKH,” katanya.

Poto bersama salam kompak dukung program PKH

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan, dan atas diamanahkannya Sarolangun sebagai tuan rumah kali ini.

“Pemkab Sarolangun menyambut baik kegiatan ini karena kegiatan ini akan memberikan multi player effect bagi masyarakat Sarolangun,” katanya.

Pihaknya selaku tuan rumah juga memohon maaf jikalau dalam pelaksanaan kegiatan itu terdapat kekurangan. “Karena memang kondisi Sarolangun beginilah adanya,” ungkapnya.

Selain itu, Gubernur Jambi Al Haris mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan Jambore PKH tahun 2022 di Sarolangun, yang berlangsung dengan penuh khidmat serta sinergitas yang baik dan begitu juga antusias seluruh pendamping PKH se-Provinsi Jambi dalam mengikuti kegiatan ini.

“Pendamping ini adalah pahlawan-pahlawan yang berkomitmen untuk membantu PKH dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera,” katanya.

Gubernur Jambi Alharis

Gubernur juga meminta agar seluruh pemerintah daerah Kabupaten/Kota untuk saling bersinergi dan kompak dalam mendukung program PKH, sehingga program pengentasan kemiskinan di Provinsi Jambi.

” Saling sinkron dan saling satu bahasa, pemkab/Pemkot dengan pemprov serta selaras dengan program pusat dalam pengentasan kemiskinan, sehingga terukur setiap tahun dengan angka kemiskinan yang terus berkurang,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut Gubernur Jambi Alharis juga menyerahkan bantuan sosial berupa Bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) sebesar Rp 20 Juta bagi 6 kelompok, bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) sebesar Rp 2 juta perorang bagi 5 orang atau kepala keluarga, bantuan satu unit mobil operasional bagi pelaksana PKH Provinsi Jambi.

Penjabat Bupati Henrizal menerima bantuan sosial dari Gubernur Jambi Alharis untuk program PKH di Sarolangun

Selain itu, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, juga menerima bantuan dari Gubernur Jambi Alharis berupa bantuan KUBE kepada 6 Kelompok sebesar Rp 120 juta dan Bantuan UEP sebesar Rp 10 Juta untuk 5 kepala keluarga.

Penulis : A.R Wahid Harahap