Senin, Juli 15, 2024
BerandaDAERAHTanam Padi Sawah Di Bukit Suban, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Sebut...

Tanam Padi Sawah Di Bukit Suban, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Sebut Produksi Tembus 7 Ton Perhektar

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta jajaran saat melakukan penanaman padi sawah di Desa Bukit Suban

KABAR SAROLANGUN – Dalam kunjungan kerja ke wilayah Kecamatan Air Hitam, Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc melakukan penanaman padi sawah di Desa Bukit Suban, Minggu (04/02/2024).

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Plt Sekretaris Dinas TPHP Sarolangun Zamromi, Plt Kadis Ketahanan Pangan H Muhammad, Kadis Sosial Sarolangun Helmi, SH, MH, Camat Air Hitam Herjino Edison, Kades Bukit Suban Muhammad Ramli, para penyuluh pertanian dan kelompok tani.

Kades Bukit Suban Muhammad Ramli mengatakan bahwa dalam areal persawahan padi ini baru mulai dioperasikan, karena sebelumnya selama delapan gagal dikarenakan suaca.

Maka dari itu, iapun berharap nantinya lahan persawahan ini bisa berhasil hingga nanti panen raya.

” Intinya kami disini menyampaikan lahan kami ini baru mulai operasi, kemarin gagal karena cuaca dan kedelapan bulan tidak produksi, dan kita berharap dari kelompok tani minta bantuan berupa bibit, pupuk dan alsintan untuk bisa direalisasikan oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun,” katanya.

Sementara itu, Camat Air Hitam Herjino Edison mengatakan bahwa pihaknya dari Pemerintah Kecamatan Air Hitam sangat mengucapkan terima kasih atas motivasi yang telah disampaikan oleh PJ Bupati Sarolangun untuk bagaimana memompa masyarakat khususnya petani untuk dapat memanfaatkan lahan persawahan di wilayah masing-masing.

” Dengan motivasi bapak PJ Bupati, kami bisa menyelamatkan lahan sawah kami ada 10 hektar dan satu kelompok lagi ada 10 hektar, kalau 7 ton perhektar insa Allah 70 ton gabah kering akan dapat diproduksi,” katanya.

” Desa bisa sudah mengendalikan inflasi dan sekali tanam akan bisa menghasilkan 140 ton gabah kering, dan mohon bantuan dukungan dan arahan kedepan agar produksi padi di wilayah kecamatan air Hitam bisa maksimal,” kata dia menambahkan.

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri

Selain itu, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa penanaman padi sawah ini memang saat ini sudah mulai dilakukan para petani di Sarolangun, khususnya di wilayah Kecamatan air Hitam.

Dengan penanaman ini tentu nantinya akan bisa menghasilkan produksi padi untuk memenuhi kebutuhan beras di wilayah Kecamatan Air Hitam sehingga dapat mengendalikan inflasi serta menekan harga beras di pasar.

” Siang ini kami bersama OPD dan camat, di kecamatan air Hitam melakukan penanaman padi sawah di lahan 10 hektar, yang untuk jenis varietas 64 perkiraan produksi 6-8 ton perhektar, dan insa Allah 70 ton produksi jika rata-rata 7 ton dan saat hari raya akan panen raya, mudah-mudhana bisa mengendalikan inflasi di kecamatan air Hitam,” katanya.

Bachril Bakrinjuga menghimbau kepada para kepala desa dan camat untuk melaksanakan program ketahanan pangan dengan melakukan penanaman padi sawah, cabe, cabe rawit dan barang merah untuk mewujudkan kemandirian pangan di Kabupaten Sarolangun.

” Saya menghimbau kepada kades dan camat untuk menanam lahan yang ada baik padi sawah, cabe, cabe rawit dan bawang merah agar kita bisa mengendalikan inflasi di daerah masing-masing. Kalau panen nanti, boleh diundang nanti, air Hitam termasuk wilayah yang say sukai, saya melihat keujikannya,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU