Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHTerima Kirab Pemilu 2024, Ahmad Mujaddid : Ingat 14 Februari 2024

Terima Kirab Pemilu 2024, Ahmad Mujaddid : Ingat 14 Februari 2024

PJ Bupati Bachril Bakri, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid,dan rombongan saat disambut dalam kegiatan kirab pemilu 2024

KABAR SAROLANGUN – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sarolangun menerima bendera petaka Kirab Pemilu 2024 sebagai tanda telah dimulainya rangkaian kegiatan kirab pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Sarolangun.

Penerimaan bendera petaka kirab pemilu 2024 tersebut berlangsung pada Rabu (02/08/2023) di Laman Basamo Sriwijaya Sarolangun, dengan sejumlah rangkaian kegiatan yang berlangsung dengan sukses.

Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid, S.Pd.I, menerima secara langsung bendera petaka kirab pemilu tersebut dari Ketua KPU Kabupaten Merangin Sobirin, S.Sy, yang disaksikan oleh Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, Anggota KPU Provinsi Jambi Edison, SE, ME, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, Jajaran Forkompinda dan para pimpinan Partai Politik se-Kabupaten Sarolangun, jajaran komisioner KPU Kabupaten Sarolangun.

Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid mengaku sangat bersyukur atas kegiatan serah terima kirab pemilu 2024 dari Kabupaten Merangin ke Kabupaten Sarolangun dapat terlaksana dengan baik.

Hal itu tentu atas dukungan dari semua pihak dan jajaran forkompinda Kabupaten Sarolangun, yang memiliki niat bersama untuk mensukseskan pelaksanaan pemilu serentak 2024 mendatang.

” Kirab Pemilu 2024 ini, sebelum di Sarolangun telah dilaksanakan di Kabupaten Sarolangun selama tujuh hari, dan kita di Sarolangun dari tanggal 02 sampai 08 Agustus 2023 dan kemudian akan dilanjutkan dengan rute ke rejang Lebong, Bengkulu,” katanya.

Ahmad Mujaddid juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaannya, nanti KPU Sarolangun akan melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait tahapan pelaksanaan pemilu serentak 2024.

PJ Bupati Bachril Bakri, Ketua DPRD Sarolangun, Komisioner KPU Provinsi Jambi Edison, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid

Menurutnya, hal yang sangat penting untuk diingat oleh masyarakat adalah pada tanggal 14 Februari 2024, sebagai hari pencoblosan pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan anggota DPD, Pemilihan Anggota legislatif baik tingkat Daerah, Provinsi maupun Pusat.

” Pemilu 2024 ini pesta seluruh rakyat Indonesia yang wajib kita sukseskan, pada 14 Februari 2024 nanti kita akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR, dan mari kita tolak golput untuk menentukan arah Indonesia, Provinsi Jambi dan Kabupaten Sarolangun,” katanya.

Selain itu, Ia juga mengapresiasi atas komitmen Pemerintah Kabupaten Sarolangun dalam mensukseskan pemilu serentak 2024 hingga Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024, dengan memberikan dukungan dana hibah untuk pelaksanaan pemilu serentak tersebut.

” Pemerintah Kabupaten Sarolangun hari ini telah berkomitmen dalam mensukseskan pemilu serentak. Alhamdulillah untuk dana hibah pada pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 ini sudah hampir menemui angka finishing dan tinggal penandatangan bersama,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota KPU Provinsi Jambi Divisi Sosialisasi dan SDM, Edison, SE, ME mengatakan bahwa Kirab Pemilu 2024 merupakan kegiatan sosialisasi yang dicanangkan oleh KPU RI untuk mendekatkan pemilu di tengah masyarakat.

Kirab pemilu di Provinsi Jambi dilakukan selama 21 hari yang dimulai dari Kabupaten Bungo selama 7 hari, Kabupaten Merangin selama 7 hari dan Kabupaten Sarolangun 7 hari.

” Kita ingin ubah menjadi pemilu yang ceria dan menyenangkan dalam memilih pemimpin yang diinginkan oleh masyarakat. Sebagaimana semboyan KPU bahwa KPU itu adalah melayani, bahwa kami sudah dicanangkan oleh KPU RI bahwa seluruh jajaran KPU hingga ke tingkat desa untuk dapat melayani dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Ia juga meminta kepada penyelenggara pemilu mulai dari PPK hingga PPS untuk menunjukkan semangat melayani masyarakat dalam mensukseskan pemilu 2024 serta sebagai garda terdepan dan ujung tombaknya agar dapat bersinergi dengan seluruh stake holder terkait.

” Mari kita berdoa agar masyarakat Indonesia dimudahkan datang ke TPS dalam memilih calon pemimpin negeri ini, mulai dari Presiden dan wakil Presiden, Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Wali Kota/Wakil Wali Kota, DPR mulai dari Kabupaten, Provinsi, Pusat dan DPD RI,” katanya.

Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid saat menandatangani deklarasi pemilu 2024

Dalam kegiatan tersebut, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid juga memimpin pembacaan ikrar demokrasi Pemilu 2024 yang diikuti oleh jajaran forkompinda, seluruh pimpinan Parpol dan jajaran penyelenggara pemilu, serta menandatangani deklarasi pemilu 2024 serta berita acara serah terima kirab pemilu 2024.

Menariknya, kegiatan tersebut juga dibarengi dengan penampilan drumband, tari Bathiguk Anak Suku Anak Dalam (SAD), tari lemak manis serta pelepasan balon kirab pemilu 2024 yang berlangsung dengan meriah.

Penulis : A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments