Kamis, Juni 13, 2024
BerandaDAERAHWakili Sarolangun, Kelurahan Suka Sari Didatangi Tim Penilai Kelurahan Unggulan Tingkat Provinsi...

Wakili Sarolangun, Kelurahan Suka Sari Didatangi Tim Penilai Kelurahan Unggulan Tingkat Provinsi Jambi

Ketua Tim Penilai Bastri, Penjabat Ketua TP PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Pangesti, Kadis PMD Muliyadi beserta rombongan saat disambut tari penyambutan di Kelurahan Suka Sari

KABAR SAROLANGUN – Kelurahan Suka Sari menjadi perwakilan Kabupaten Sarolangun pada ajang lomba Kelurahan Unggulan Tingkat Provinsi Jambi tahun 2023.

Tim penilai dari Provinsi Jambi itu pun mendatangi Kelurahan Suka Sari dalam rangka melakukan penilaian secara langsung, Rabu (21/06/2023).

Ketua Tim Penilai Lomba Kelurahan Provinsi Jambi Bastri, S.Th.I, MM beserta anggota disambut langsung Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc di rumah Dinas Bupati Sarolangun, beserta penjabat Ketua TP-PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Pangesti.

Usai penyambutan tersebut, sekitar pukul 09.30 Wib, Ketua Tim penilai lomba kelurahan tingkat Provinsi Jambi itu bersama Penjabat Ketua TP-PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Pangesti mendatangi Kantor Lurah Suka Sari, yang disambut langsung tarian penyambutan.

Tampak Kadis PMD Sarolangun Muliyadi, S.Sos, Camat Sarolangun Bustra Desman, SE, MM, Lurah Suka Sari Findra Utama, S.IP beserta jajaran dan tokoh masyarakat menyambut kedatangan tim penilai lomba kelurahan tingkat Provinsi Jambi tersebut.

Kegiatan tersebut juga tampak hadir Ketua TP-PKK Sarolangun Ny Ita Bustra Desman, Ketua TP PKK Kelurahan Suka Sari, Para Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Sarolangun, tokoh masyarakat, Babinsa dan Babinkamtibmas setempat serta tamu undangan lainnya.

Ketua Tim Penilai Bastri dan Rombongan, PJ Ketua TP PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Pangesti, Kadis PMD Muliyadi, Camat Sarolangun Bustra Desman, Lurah Suka Sari Findra dan masyarakat dalam kegiatan penilaian lomba kelurahan provinsi Jambi

Camat Sarolangun Bustra Desman dalam laporannya mengatakan sebelumnya telah dilaksanakan lomba desa dan kelurahan tingkat Kecamatan Sarolangun pada Oktober 2022 yang lalu dengan Kelurahan Suka Sari meraih juara mengikuti ajang lomba kelurahan di tingkat Kabupaten.

Pada April 2023, Kelurahan Suka Sari ditetapkan pemerintah Kabupaten Sarolangun sebagai pemenang lomba dan menjadi perwakilan ke ajang tingkat Provinsi Jambi. Iapun mengucapkan selamat datang kepada ketua tim penilai beserta rombongan yang telah datang ke Kelurahan Suka Sari untuk melaksanakan tugas-tugas di lapangan dalam melakukan penilaian pada objek-objek Yanga akan dinilai.

” Pada kesempatan ini, kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sarolangun yang telah memberikan kepercayaan kepada kelurahan suka sari untuk mewakili dalam ajang lomba kelurahan tingkat Provinsi Jambi tahun 2023,” katanya.

Bustra Desman juga menjelaskan terpilihnya Kelurahan Suka Sari untuk mewakili ke tingkat Provinsi Jambi, sedikitnya ada tiga poin yang menjadi keunggulan Kelurahan Suka Sari.Pertama, Kelurahan yang telah berhasil dalam menerapkan pelayanan kepada masyarakat berbasis web melalui sistem informasi pelayanan masyarakat (Silamaks).

Kedua, Kelurahan Suka Sari mampu membina kelompok masyarakat untuk memanfaatkan sampah rumah tangga menjadi barang bermanfaat dan bernilai jual tinggi yaitu Rumah Kreasi Daur Ulang (Sidalang). Dan Ketiga, program tanah kas kelurahan bersama kelompok tani sawit mandiri, kemanfaatan tanah kas kelurahan yang diusahakan dengan penanaman sawit memicu semangat bagi masyarakat kelurahan suka sari.

” Terima kasih juga kepada seluruh lapisan masyarakat suka sari yang telah berjuang bersama mulai dari awal lomba ini. Kita berharap nantinya dapat membuahkan hasil dan mewakili Provinsi Jambi di ajang regional Sumatera pada bulan Juli-Agustus 2023 mendatang,” katanya.

PJ Ketua TP PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Pangesti

Selain itu, Penjabat Ketua TP-PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Pangesti dalam sambutannya mengapresiasi atas terpilihnya Kelurahan suka sari sebagai kelurahan terbaik di tingkat Kabupaten sarolangun dan mewakili lomba kelurahan tingkat Provinsi Jambi. Hal itu tentunya juga tidak terlepas dari peran ibu PKK baik Kecamatan maupun Desa dan Kelurahan.

” Saya selaku ketua tim penggerak kabupaten mengucapkan terima kasih atas kerja keras PKK kecamatan dan desa atas pembinaan kepada masyarakat yang telah dilakukan selama ini. Peran PKK itu sangatlah penting fungsinya, disamping membina para kader PKK, pembinaan 10 program PKK, pengendalian inflasi dan stunting,” katanya.

Ia berharap kepada tim penilai lomba kelurahan unggulan tingkat Provinsi Jambi agar dapat melaksanakan tugasnya dengan seobjektif mungkin serta melaksanakan penuh tanggungjawab serta tentu penilaian yang dilakukan oleh tim penilai akan menjadi saran dan masukan bagi pemerintah Kabupaten Sarolangun, Pemerintah Kecamatan Sarolangun dan Pemerintah Kelurahan Suka Sadi.

” Besar harapan kami, kelurahan suka sari menjadi juara pada lomba kelurahan unggulan ini tingkat Provinsi Jambi tahun 2023 ini,” katanya.

Ketua Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Jambi Bastri

Sementara itu, Ketua tim Penilai Bastri mengatakan bahwa pada prinsipnya dalam penilaian lomba desa dan kelurahan ini lebih mengedepankan terhadap program pemberdayaan masyarakat dan pelayanan publik, dan program kewilayahan terkait tapal batas wilayah.

Iapun menegaskan bahwa untuk saat ini Kelurahan Suka Sari sudah masuk dalam tiga besar kelurahan unggulan dalam ajang lomba ini, karena pihaknya hanya mendatangi Kelurahan yang masuk dalam tiga besar.

” Penilaian Lomba desa dan kelurahan, Kewilayahan juga sangat penting berkaitan dengan batas wilayah. Perbedaan lomba desa dan kelurahan, kalau lomba kelurahan itu lebih kepada pemberdayaan untuk bisa menggerakkan pemberdayaan masyarakat dan juga pelayanan publik,” katanya.

Ia menjelaskan tim penilai lomba kelurahan ini, bukan hanya dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (DP3P2) Provinsi Jambi tali juga melibatkan tim akademisi, tim kesehatan, dan tim dari Satpol PP Provinsi Jambi.

Diantaranya, dr Eka putra (Akademisi), dr H Eza armasi, SH (Akademisi), Herwan, S.KM, M.KM (Dinkes Provinsi), M. Sanusi, SE (Ahli Muda Satpol PP), Pemi Suanti, SE (Waka PKK Provinsi Jambi), Musti (BPkad Provinsi Jambi), Mupriyan Candra dan Hendri.

” Kami sangat terharu karena dari tadi pagi kita sudah diterima oleh bapak PJ Bupati Sarolangun,” katanya.

Poto bersama

Sementara itu, dalam sambutan Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri yang disampaikan Kadis PMD Sarolangun Muliyadi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya mendorong pemberdayaan masyarakat dan untuk mengevaluasi penilaian perkembangan penyelenggaraan pemerintah khususnya dalam kewilayahan.

” Tema kegiatan ini dalam rangka mewujudkan Tata kelola pemerintahan yang baik dalam mewujudkan stabilitas ekonomi dan sosial desa dan kelurahan. Diharapkan dengan kegiatan lomba kelurahan unggulan dapat mengatasi isu yang berkembang saat ini seperti stunting, inflasi, kemiskinan ekstrim,” katanya.

” Saya berharap agar pembangunan yang dilaksanakan bisa berkelanjutan dengan melibatkan seluruh stake holder yang bersifat partisipatif. Kami siap untuk diikutkan dalam lomba kelurahan di tingkat regional Sumatera dan kita siap melaksanakan apa saja yang akan dibutuhkan,” kata dia menambahkan.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim Penilai Bastri, Penjabat Ketua TP-PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Pangesti, Kadis PMD Muliyadi, Camat Sarolangun Bustra Desman beserta Lurah Suka Sadi Findra Utama melakukan Poto bersama dan dilanjutkan dengan ekspose kelurahan suka sari serta peninjauan ke lapangan.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU