Kamis, Juli 25, 2024
BerandaDAERAH139 Calon Bintara dan 32 Calon Tamtama Polri Ikuti Rikmin Akhir di...

139 Calon Bintara dan 32 Calon Tamtama Polri Ikuti Rikmin Akhir di Polres Sarolangun

Calon Bintara dan tamtama saat mengikuti rikmin akhir

KABAR SAROLANGUN – Sebanyak 139 Calon Bintara dan 32 Calon Tamtama Polri penerimaan terpadu Tahun 2024 kembali mengikuti Pemeriksaan Adminitrasi (Rikmin) akhir yang dilaksanakan pada Kamis (25/04/2024) bertempat diaula Polres Sarolangun di Simpang Bukit Kecamatan Pelawan.

Rikmin akhir yang dilaksanakan oleh Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Polres Sarolangun ini sama dengan Rikmin awal dimana para calon peserta seleksi dilakukan pengukuran tinggi dan berat badan ulang dan memeriksa kembali kelengkapan administrasi peserta.

Kapolres Sarolangun, AKBP Budi Prasetya S.Ik, M. Si melalui Kabag SDM, AKP Sarehat SH, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa kegiatan Rikmin telah dilakukan sebanyak dua kali, hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa Administrasi para peserta seleksi benar-benar lengkap sesuai dengan ketentuan yang telah diisyaratkan.

” Iya, hari ini adalah Rikmin terakhir seperti pengukuran tinggi dan berat badan ulang,” katanya.

Ia juga menjelaskan, untuk animo pendaftaran Akpol Bintara dan Tamtama Polri tahun 2024 ini, Akpol yang terverifikasi 1 orang Pria, Bintara PTU pendaftaran yang terverifikasi 136 orang terdiri dari 122 pria dan 14 wanita, Bakomsus Nakes yang terverifikasi 2 orang, masing-masing 1 pria dan 1 wanita, Tamtama yang terverifikasi sebanyak 23 orang.

” Untuk animo pada tahun 2024 sedikit menurun dibandingkan 2023 lalu ya,” katanya.

Selain itu, Ia juga menjelaskan, tujuan kegiatan penerimaan anggota Polri Terpadu (Bintara dan Tamtama), Tahun 2024, ini untuk mencari bibit unggul dalam rangka pembangunan kekuatan SDM Polri pada umumnya.

Kemudian, penyediaan personel Perwira, Bintara dan Tamtama pada khususnya yang diselenggarakan dengan prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH), serta anti CALO dan KKN serta mewujudkan Polri yang Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan (Presisi).

” Jumat lalu, kita juga sudah menandatangani Pakta Integritas, baik peserta seleksi, orang tua, panitia maupun pengawas, jika ada pihak yang yang melanggar akan kita diskualifikasi,” katanya.

Selain itu, pelaksanaan pendaftaran hingga perekrutan Bintara Polri bersih dan pendaftaran Bintara dan Tamtama Polri secara gratis tidak dipungut biaya.

” Maka, oleh sebab itu, kepada calon Bintara Polri untuk mempersiapkan diri mengikuti tes dan lulus atau tidaknya kembali kepada diri sendiri,” katanya.

Kegiatan Rikmin tersebut selain melibatkan Pemeriksa dari Internal juga pihak Eksternal dari Instansi Pemerintah Daerah, Harmoko (Dinas Dukcapil Sarolangun) M. Thabki (Kemenag Sarolangun). Ibnu Syatir S.Pd (Disdik Sarolangun) sedangkan Internal Bripka Marni,SH dan Bripka Aswintoko S.SH, untuk pengawas juga sama, dari internal AKP M Syamsudin dan AKP H Armansyah sedangkan Eksternal, Aang Kunaepi (PWI) dan Memet (IWO) Sarolangun.

Untuk diketahui, pihak Polres Sarolangun sebelumnya telah melaksanakan Rikmin awal untuk Bintara dan Tamtama sekaligus Rikmin akhir untuk Akpol pada Jumat 19 April 2024 lalu.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU