Selasa, Juli 23, 2024
BerandaDAERAHBahas RKPD 2024, Pemkab Sarolangun Fokus Prioritas Nasional dan Prioritas Daerah

Bahas RKPD 2024, Pemkab Sarolangun Fokus Prioritas Nasional dan Prioritas Daerah

PJ Bupati Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc saat memimpin rapat RKPD 2024 didampingi Sekda Endang Abdul Naser

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun mulai melakukan persiapan penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024.

Penyusunan awal RKPD tersebut berlangsung dalam rapat Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Sarolangun, yang dipimpin oleh Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.All, Sc, Kamis (25/05/2023) sore di ruang pola utama Kantor Bupati Sarolangun.

Tampak hadir juga dalam kegiatan tersebut Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Staf Ahli Bupati, Asisten I Sarolangun Drs Arief Ampera, Peltu Kepala Bappeda Sarolangun Hazrian, SE, M.Si, serta para Kepala OPD Dilingkungan Pemkab Sarolangun.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa dalam rapat pembahasan RKPD tersebut tentunya dapat menghasilkan rumusan perencanaan pembangunan daerah tahun 2024 sesuai dengan prioritas pembangunan nasional dan prioritas pembangunan daerah.

” Sekarang sudah masanya persiapan penyusunan KUA anggaran tahun 2024, kami sebagai penjabat baru ingin melihat terhadap rencana-rencana pembangunan, dan berapa alokasi anggaran yang ada,” katanya.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri bersama Para kepala OPD yang hadir dalam pembahasan penyusunan RKPD 2024

Dijelaskannya, dari masukan dan laporan yang disampaikan oleh seluruh jajaran Tim Anggaran Pemerintah Daerah, bahwa usulan pembangunan yang telah diinput dalam aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) Sarolangun, membutuhkan anggaran Rp 5 Triliun lebih.

” Karena kemampuan daerah, kita lakukan skala yang benar-benar prioritas menjadi Rp 1,6 Triliun total anggaran usulan. Prediksi anggaran, belum tahu berapa PAD kita, jadi masih mengacu kepada tahun yang lalu.
Ini baru drap kasar awalnya,” katanya.

Bachril Bakri juga menambahkan Program pembangunan daerah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sarolangun pada tahun 2024 tetap memprioritaskan program pembangunan, seperti penanganan stunting atau gizi buruk, Penanganan Inflasi Daerah, Penanganan kemiskiskinan Ekstrim, Penataan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Pengembangan Mall Pelayanan Publik.

” Untuk prioritas pembangunan daerah, seperti infrastruktur, pendidikan dan kesehatan, dan tentunya masih berkembang karena masih dalam tahap awal penyusunannya, beberapa prioritas nasional dan tiga prioritas di daerah akan kita prioritaskan,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU