Selasa, Juni 18, 2024
BerandaDAERAHBappeda Sarolangun Gelar Orientasi Penyusunan RPJPD Tahun 2025-2045, Maria Susanti : Untuk...

Bappeda Sarolangun Gelar Orientasi Penyusunan RPJPD Tahun 2025-2045, Maria Susanti : Untuk Pembekalan SDM

Plt Kepala Bappeda Sarolangun Hj Maria Susanti dalam penyampaian laporan orientasi penyusunan RPJPD 2025-2045

KABAR SAROLANGUN – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan orientasi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Sarolangun tahun 2025-2045, Rabu (08/11/2023) di ruang Aula Kantor Bappeda Sarolangun.

Kegiatan tersebut dihadiri Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, Dirjen OTDA Kemendagri Melalui Zoom Meeting, Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Kepala Bappeda Provinsi Jambi diwakili Kabid Perencanaan dan evaluasi Pembangunan, Plt Kepala Bappeda Sarolangun Hj Maria Susanti, SE, Tim pakar penyusunan RPJPD Kab. Sarolangun, Para Nara sumber, Para staf ahli dan Asisten Bupati Sarolangun, Para kepala OPD dan Para Camat Se-Kabupaten Sarolangun dan Tamu undangan lainnya.

Plt Kepala Bappeda Sarolangun Maria Susanti mengatakan bahwa kegiatan penyusunan RPJPD ini mengacu terhadap amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,  serta menyusun dan menetapkan RKPD sebagaimana Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Evaluasi Rancangan Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Peraturan Daerah Tentang RPJPD dan RPJMD.

” Serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD, pasal 18 mengatur bahwa rancangan awal RPJPD disusun paling lambat 1 (satu) tahun sebelum RPJPD periode sebelumnya berakhir,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Sarolangun diwajibkan menyusun RPJPD Kabupaten Sarolangun Periode berikutnya yaitu Periode 2025-2045, dikarenakan RPJPD 20 tahunan dari tahun 2005-2025 akan segera berakhir.

Maka pihaknya selaku leading sektor sebelumnya telah melaksanakan proses penyusunan rancangan awal RPJPD Kabupaten Sarolangun tahun 2025-2045 telah dimulai dari kick off, kemudian pengisian kuisioner dan pelaksanaan Forum group Discussion, yang dibagi sebanyak 4 FGD, yakni Isu Strategis Pengembangan Sumber Daya Manusia, Sosial dan Budaya, FGD Isu Strategis Infrastruktur dan Lingkungan Hidup, FGD Isu Strategis Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik, dan FGd Isu Strategis Ekonomi dan Sumber Daya Alam.

” Kegiatan orientasi penyusunan RPJPD ini bertujuan untuk pembekalan sumber daya manusia tim penyusunan, ahli pakar dan OPD dalam penyusunan RPJPD tahun 2025-2045. Dan pelaksanaan kegiatan orientasi penyusunan RPJPD ini diikuti seluruh OPD, kita harapkan kegiatan ini dapat menghasilkan rumusan yang terbaik nantinya,” katanya.

Kegiatan orientasi penyusunan RPJPD Sarolangun tahun 2025-2045 berlangsung dalam pemaparan dan arahan PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri

Dalam kegiatan tersebut diakhiri dengan pemaparan sejumlah narasumber dalam pembahasan orientasi penyusunan RPJPD Kabupaten Sarolangun tahun 2025-2045 yang berjalan dengan lancar dan sukses.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU