Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHBawaslu Sarolangun Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024 

Bawaslu Sarolangun Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024 

APK Langsung Ditertibkan 

Ketua Bawaslu Sarolangun Mudrika saat menjadi pembina apel siaga pengawasan pemilu 2024

KABAR SAROLANGUN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sarolangun menggelar Apel siaga pengawasan Pemilu tahun 2024 di lapangan gunung kembang Komplek Perkantoran Bupati Sarolangun, Minggu (11/02/2024).

Apel tersebut bertindak sebagai Pembina Apel oleh Ketua Bawaslu Sarolangun Mudrika, SH, MH yang berjalan dengan lancar.

Tampak hadir Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd, Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, SIK, M.Si, Dandim 0430/Sarko Letkol Inf Suyono, S.Sos serta jajaran forkopimda Sarolangun.

Hadir juga anggota Bawaslu Sarolangun Johan Iswadi, Aspriadi, Ketua KPU Sarplangun Ahmad Mujaddid beserta jajaran,  PJ Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, para kepala OPD, jajaran panwascam, Panwaslu desa/Kelurahan dan pengawas TPS se-Kabupaten Sarolangun.

Ketua Bawaslu Sarolangun Mudrika dalam amanatnya mengatakan bahwa pelaksanaan apel siaga pengawasan ini membuktikan kesiapan Bawaslu beserta jajaran hingga pengawas TPS  sudah siap melaksanakan tugas dan mensukseskan proses pemilu tahun 2024.

” Bawaslu Sarolangun mempunyai 33 orang Panwascam, 158 panwaslu Desa/kelurahan, 856 pengawas TPS, ditambah sekretariat sebanyak 66 orang personil sehingga totalnya mencapai 1.120 orang personil dan ini siap semuanya melaksanakan tugas pengawasan, pencegahan dan penindakan,” katanya.

Lanjut Mudrika, bila ada ditemukan dugaan pelanggaran selama pelaksanaan pemilu 2024 ini khususnya di masa tenang dari tanggal 11 s.d 13 Februari 2024 menjelang hari pemungutan suara akan dilakukan penindakan tegas.

” Kita wajib hukumnya sebelum kita melakukan penindakan kita melakukan pencegahan dari segala bentuk politik uang, politisasi sara dan hoaks, serta kita wajib mencegah seluruh ataupun bentuk apapun dari dugaan kecurangan pemilu tahun 2024 ini,” katanya.

Bawaslu Sarolangun bersama PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat menertibkan APK di simpang Kantor Bupati Sarolangun

Pada masa tenang ini, juga pihaknya bersama seluruh stake holder terkait melakukan penertiban Alat peraga Kampanye (APK) yang dipasang oleh peserta pemilu di sepanjang jalan kota Sarolangun, persimpangan jalan dan tempat -tempat lainnya.

Ditegaskannya bahwa di masa tenang ini bebas aktivitas kampanye apapun, jika ditemukan ada kegiatan kampanye akan dilakukan penindakan. Penertiban apk tersebut diinstruksikan dilakukan secara humanis dan persuasif.

” Kita memasuki masa tenang, dimana bebas aktivitas kampanye apapun, kalau ada ditemukan agar dilarang, dan kemudian kita melakukan pengawasan pemungutan suara sampai selesai tahap rekapitulasi suara mulai dari kecamatan dan kabupaten,” katanya.

” Dalam hal penindakannya kita perlu hati-hati dan jangan lupa berkoordinasi dengan jenjang diatasnya serta seluruh stake holder sesuai dengan tingkatannya. Mari kita awasi pemilu 2024, kita wujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” kata dia menambahkan.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pengawasan terhadap kegiatan distribusi logistik yang hari ini telah mulai dilakukan oleh KPU Sarolangun.

” Hari ini juga dilakukan distribusi logistik yang dimulai empat kecamatan hari ini, dan kita berkewajiban untuk mengawasi dan mengamankan logistik yang disimpan dan distribusikan aman dari gangguan apapun,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Bawaslu Sarolangun Mudrika, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri dana jajaran forkopimda juga melakukan pelepasan balon awasi pemilu 2024 yang berlangsung dengan lancar.

Penulis ; A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments