Rabu, Mei 29, 2024
BerandaDAERAHBerlangsung Dini Hari, Begini Rangkaian Apel Kehormatan dan Renungan Suci Dalam Rangka...

Berlangsung Dini Hari, Begini Rangkaian Apel Kehormatan dan Renungan Suci Dalam Rangka HUT RI Ke-78 Di Sarolangun

Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius saat memimpin apel kehormatan dan renungan suci pada tengah malam di makam pahlawan

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun bersama jajaran Forkompinda Kabupaten Sarolangun melaksanakan kegiatan Apel kehormatan dan renungan suci dalam rangka hari Proklamasi kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung dini hari pada Kamis (17/08/2023) sekitar pukul 00.00 Wib, di Makam Pahlawan Sarolangun, bertempat Desa Panti, Kecamatan Sarolangun.

Meskipun berlangsung pada tengah malam, rangkaian kegiatan apel kehormatan dan renungan suci untuk menghormati serta memberikan doa kepada para arwah para pahlawan tersebut berlangsung dengan penuh khidmat.

Kegiatan renungan suci ini merupakan rangkaian peringatan hari kemerdekaan RI dengan mengenang akan jasa-jasa para pahlawan di Kabupaten Sarolangun yang terdiri dari 6 orang anggota TNI dan 2 orang anggota Polri.

Komandan Kodim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius bertindak sebagai Inspektur Upacara, dan Kapten Inf Zul Abdullah sebagai Komandan Upacara, yang dihadiri Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman, S.IK.

Selain itu hadir juga pejabat penting di Sarolangun, Kajari Sarolangun Zulfikar Nasution, SH, MH, Wakil Ketua II DPRD Sarolangun Syahrial Gunawan, SE, Ketua Pengadilan Negeri Sarolangun Deka Diana, SH, MH, Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M. Syatar, S.Ag, Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, serta para kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, dan ratusan personil gabungan terdiri dari TNI, Polri, Damkar, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sarolangun.

Upacara dalam apel kehormatan dan renungan suci tersebut dimulai dari laporan komandan upacara kepada inspektur upacara, yang kemudian secara serentak seluruh peserta upacara melakukan penghormatan umum kepada arwah para pahlawan dan mengheningkan cipta dipimpin langsung inspektur upacara.

PJ Bupati Bachril Bakri dan jajaran forkompinda saat Poto bersama usai apel kehormatan dan renungan suci digelar

Menariknya, di tengah malam yang suci dan gelap, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius selaku inspektur upacara menyalakan obor kepada perwakilan dari kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sarolangun untuk dinyalakan di sepanjang jalur makam para pahlawan.

Dalam penyampaian Naskah apel kehormatan, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius bersama jajaran forkompinda serta seluruh hadirin menyatakan kehormatan yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian penghormatan kepada saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan kemakmuran bangsa dan negara.

” Kami bersumpah dan berjanji perjuangan para pahlawan yang telah ditempuh adalah perjuangan kami pula, yang harus kami terus perjuangkan. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh tuhan yang maha esa serta mendapatkan tempat yang mulia disisinya,” katanya dengan penuh ketulusan.

Apel kehormatan dan renungan suci diakhiri dengan pembacaan doa dan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan dipimpin oleh komandan upacara, serta laporan komandan upacara kepada inspektur upacara bahwa apel kehormatan telah selesai dilaksanakan

Usai rangkaian tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta jajaran mengisi buku daftar hadir serta melakukan Poto bersama di tugu makam pahlawan Kabupaten Sarolangun.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU