Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHBKPSDM Sarolangun Gelar Orientasi PPPK Tahun 2023, Linda Novita : Orientasi Wajib...

BKPSDM Sarolangun Gelar Orientasi PPPK Tahun 2023, Linda Novita : Orientasi Wajib diikuti PPPK Yang Baru Lulus

Diikuti 100 Orang PPPK Lulusan Formasi tahun 2022

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Plh Sekda Sarolangun Dedi Hendri, Plt Kepala BKPSDM Sarolangun Linda Novita Herawati

KABAR SAROLANGUN – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sarolangun melaksanakan kegiatan orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Rabu (15/11/2023).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, di ruang Pola Kantor Bupati Sarolangun, yang turut dihadiri Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Staf Ahli Bupati Sarolangun H Muhammad, S.Ag, dan H Juddin,S.Ag, Plt Kepala BKPSDM Sarolangun Linda Novita Herawati, SH, MH.

Hadir juga Sekretaris BKPSDM Sarolangun Akhyar Mubarrok,S.Ag, M.AP, Sekretaris Dinas Kominfo Sugeng, Sekretaris DPAD Sarolangun Syamsurizal, Kabid Diklat BKPSDM Sarolangun Arif Sulistiyono, SE, Kabid PMPTK Disdikbud Dian Sri Hayati, Kabid Mutasi BKPSDM Sarolangun Kaprawi BM, S.HI, jajaran BKPSDM Sarolangun dan para peserta kegiatan orientasi PPPK Tahun 2023.

Dalam kegiatan tersebut, Plt Kepala BKPSDM Sarolangun Linda Novita Herawati mengatakan bahwa kegiatan orientasi PPPK ini dilatar belakangi atas Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diharapkan menjadi dasar untuk melakukan percepatan transformasi Manajemen ASN untuk mewujudkan birokrasi Indonesia yang profesional dan berkelas dunia.

” ASN perlu memiliki digital mindset dalam menjalankan transformasi birokrasi dan Manajemen ASN. Dan setiap Pegawai ASN wajib melakukan pengembangan kompetensi melalui pembelajaran secara terus menerus agar tetap relevan dengan tuntutan organisasi,” katanya

Kabid Diklat BKPSDM Sarolangun Arif Sulistiyono beserta jajaran BKPSDM Sarolangun penyelenggaran kegiatan

Kata Linda, orientasi ini wajib diikuti oleh semua Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang baru diangkat, dengan tujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai, tugas, dan fungsi Aparatur Sipil Negara kepada Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Orientasi ini penting dilakukan mengingat latar belakang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang berasal dari non Aparatur Sipil Negara tentunya memerlukan pemahaman tentang nilai dan fungsi Aparatur Sipil Negara sebelum terjun ke lingkungan birokrasi pemerintahan.

” Maka kami bkpsdm sarolangun melaksanakan kegiatan orientasi bagi PPPK yang lulus tahun 2022 lalu, dengan diikuti sebanyak 100 orang peserta terdiri dari 59 PPPK guru, 36 PPPK nakes dan 5 PPPK tenaga teknis,” katanya.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan Orientasi PPPK terbagi kedalam dua tahapan, yakni pertama Kurikulum Pengenalan Fungsi dan Tugas ASN telah di laksanakan secara mandiri oleh Peserta melalui Massive Open Online Course (MOOC) pada tanggal 16 s.d 31 Oktober 2023. Kedua Kurikulum Pengenalan Nilai dan Etika pada Instansi Pemerintah akan dilaksanakan secara klasikal sebanyak 3 angkatan akan dilaksanakan selama 9 (sembilan) hari mulai tanggal 15 s.d. 25 November 2023 bertempat di Gedung Diklat BKPSDM Kabupaten Sarolangun.

”  Peserta angka dibagi tiga angkatan yakni Angkatan I dengan jumlah peserta 30 orang PPPK formasi Guru, Angkatan II dengan jumlah peserta 29 orang PPPK formasi Guru, dan Angkatan III dengan jumlah peserta 41 orang PPPK formasi tenaga kesehatan dan tenaga teknis,” katanya.

Plt Kepala BKPSDM Sarolangun Linda Novita Herawati saat memberikan motivasi bagi PPPK dalam kegiatan orientasi 

Untuk narasumber dalam kegiatan ini, diantaranya Penjabat Bupati Sarolangun Dr iR Bachril Bakri, M.App, Sc, Widyaiswara BPSDM Provinsi Jambi, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun, Kepala Bidang PMPTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sarolangun, Kepala Bidang Mutasi, Promosi dan Pembinaan Pegawai, Analis Kepegawaian Ahli Muda Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Sarolangun.

Materi yang akan disampaikan pada orientasi ini pada kurikulum Pengenalan Nilai dan Etika pada Instansi Pemerintah akan dilaksanakan secara klasikal secara keseluruhan berisikan tentang Penerapan Fungsi dan Tugas ASN di Tempat Kerja, Pengenalan Susunan Organisasi dan Tata Kerja, Pengenalan Jabatan, Pengenalan Manajemen Kinerja Organisasi dan Pendidikan Anti Korupsi.

” Kegiatan Orientasi dilaksanakan dengan Model Pembelajaran yang dilakukan secara Metode Hybrid dengan peserta mendapatkan materi secara luring dan daring mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih, dimana kita telah memasuki era revolusi industri 4.0 bahkan bersiap untuk menyambut era masyarakat 5.0,” katanya.

Linda Novita Herawati juga berharap melalui orientasi ini dapat menjadi pijakan yang solid dalam rangka mengembangkan kompetensi PPPK yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan serta karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab untuk perbaikan dan kemajuan di masa depan.

Dalam kegiatan tersebut, Plt Kepala BKPSDM Sarolangun Linda Novita Herawati juga melakukan motivasi bagi PPPK untuk disiplin dan bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan tersebut

Penulis : A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments