Senin, Mei 20, 2024
BerandaDAERAHBupati Cek Endra Buka Balumbo Biduk Tahun 2022

Bupati Cek Endra Buka Balumbo Biduk Tahun 2022

 

Bupati Cek Endra saat menyampaikan sambutan

KABAR SAROLANGUN –Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra membuka secara resmi kegiatan Balumbo biduk tradisional daerah Kabupaten Sarolangun tahun 2022, Kamis (12/05/2022) di Kawasan Ancol Sarolangun, Kecamatan Sarolangun.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut hari raya idul Fitri 1443 Hijriyah yang merupakan tradisi daerah di bumi sepucuk adat serumpun pseko.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, Sekretaris Daerah Ir Endang Abdul Naser, Ketua PKK Sarolangun Ny Hj Rosita Endra, Para kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, Unsur Forkompinda Sarolangun, panitia pelaksana serta peserta Balumbo biduk.

Kegiatan balumbo biduk ini mendapatkan sambutan yang penuh antusias dari seluruh lapisan masyarakat Sarolangun setelah beberapa tahun sebelumnya kegiatan balumbo biduk tidak dilaksanakan dikarenakan masa pandemi virus Corona (covid-19).

Ketua Panitia Pelaksana Dani Letsoin mengatakan kegiatan Balumbo biduk tentu sangat dinantikan oleh masyarakat Sarolangun, karena ini sudah menjadi tradisi bagi masyarakat sarolangun. Maka dari itu, iapun mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sarolangun Cek Endra serta jajaran yang telah mendukung kegiatan ini sehingga dapat terlaksana dengan baik.

“Kami mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada bapak bupati Sarolangun dan wakil bupati Sarolangun di penghujung masa jabatan ini apabila ada perkataan yang tidak berkenan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sarolangun Cek Endra mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Sarolangun bukan tidak mengalokasikan anggaran pelaksanaan kegiatan Balumbo biduk ini, namun memang karena masa pandemi covid-19 sehingga anggaran kegiatan dilakukan refocusing sesuai kebijakan pemerintah pusat.

“Insa Allah tahun depan kita tetap anggarkan untuk lomba biduk ini karena memang saat ini pandemi sudah mulai reda dan kita sudah bisa melaksanakan kegiatan,” katanya.

Bupati Cek Endra, Wakil Bupati Hillalatil Badri, serta jajaran Poto bersama dengan para atlit dayung

Cek Endra juga sangat menyambut baik kegiatan ini karena ini sebagai bentuk untuk mempertahankan dan melestarikan budaya serta tradisi daerah di Kabupaten Sarolangun. Jika perlu kedepan direncanakan agar dilakukan Iven yang lebih luas menjadi Iven tingkat provinsi maupun Iven tingkat nasional yang dilaksanakan di Kabupaten Sarolangun.

“Rencanakan secara baik kegiatan ini di masa mendatang bersama disporada dan koni Sarolangun sehingga lebaran tahun depan kita bisa rencanakan kegiatan lebih baik lagi kalau perlu dengan mengundang peserta dari luar daerah kabupaten Sarolangun,” katanya.

Ia juga meminta agar seluruh peserta Balumbo biduk ini untuk senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas dan menjadikan ajang ini sebagai ajang silaturrahmi dengan tetap menjaga kekompakan bersama.

“Saya atas nama pemerintah daerah dan keluarga besar kami bersama wakil bupati Hillalatil Badri mengucapkan minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir Bathin, sebab tentu selama kami memimpin banyak kekurangan dan kelemahan maka saya memohon maaf kepada seluruh lapisan masyarakat sarolangun,”katanya.(Ks3)

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU