Kamis, Juli 25, 2024
BerandaDAERAHForkopimda Sarolangun Gelar Rakor Persiapan Pilkada Serentak 2024, Ini Kata PJ Bupati...

Forkopimda Sarolangun Gelar Rakor Persiapan Pilkada Serentak 2024, Ini Kata PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri 

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta jajaran forkopimda Sarolangun

KABAR SAROLANGUN – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024, Kamis (02/05/2024) di Aula Golden Hotel Sarolangun.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bachril Bakri, M.AApp, Sc yang berlangsung dengan lancar.

Tampak hadir Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, S.Ik, M.Si, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Suyono, S.Sos, Kajari Sarolangun Zulfikar Nasution, SH, MH, PJ Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Ketua PN Sarolangun Deka Diana, SH, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid, S.Pd.I, Kepala Sekretariat Bawaslu Sarolangun Dody Sartono.

Selain itu hadir juga Pabung Kodim 420/Sarko Mayor CHB Dedy Afrizal, SH, Kakan Kesbangpol Sarolangun Hudri, M.Pd.I, Kasat Intelkam AKP Sukman, SH, Para kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, Para Camat, Kapolsek dan Danramil se-Kabupaten Sarolangun.

Kakan Kesbangpol Sarolangun Hudri dalam menyampaikan laporan 

Kakan Kesbangpol Sarolangun Hudri dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan dilaksanakan atas dasar Undang-Undang nomor 14 Tahun 2023 tentang Pemerintah daerah, Peraturan KPU RI Nomor 02 Tahun 2024 tentang penetapan tahapan jadwal pemilihan gubernur dan wakil gubernur, wali kota dan wakil wali kota, Bupati dan wakil bupati.

” Kita berharap kedepan, pelaksanaan pilkada serentak 2024 berlangsung aman, damai dan kondusif, tentu sebuah komunikasi dan koordinasi dengan baik jajaran KPU, stake holder lainnya serta pemerintah kabupaten Sarolangun,” katanya.

Hudri menambahkan kegiatan ini juga bertujuan untuk menyatukan persepsi bagaimana pilkada serentak di Kabupaten Sarolangun untuk dapat disiasati sehingga terlaksana dengan baik pelaksanaanya.

” Kami selaku Kesbangpol Sarolangun sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Daerah membuka diri kepada KPU, Bawaslu serta jajaran stake holder lainnya untuk menjalin komunikasi yang baik sehingga pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024 dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Peserta kegiatan rakor forkopimda Sarolangun tahun 2024

Sementara itu, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa pentingnya dilaksanakan persiapan pelaksanaan pilkada serentak 2024 yang saat sudah memasuki tahapan agar agenda besar pesta demokrasi tersebut dapat berjalan dengan lancar, aman, kondusif.

” Saya berharap bagaimana sinergi kita seluruh jajaran forkompinda dan stake holder berjalan dengan baik. Ada sebanyak 545 Daerah terdiri dari 37 Provinsi dan 508 daerah mengikuti pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024 termasuk Kabupaten Sarolangun,” katanya.

Bachril Bakri menyebutkan bahwa pelaksanaan pilkada serentak 2024 dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 27 November 2024 mendatang sesuai dengan PKPU RI.

Tahapan pelaksanaan pilkada serentak ini, telah dimulai yang dalam waktu dekat itu pemutakhiran data pemilih, sementara pendaftaran calon kepala daerah itu dilaksanakan pada 27-29 Agustus 2024, kemudian dilakukan penelitian calon, dan penetapan calon itu pada 23 September 2024, dan kampanye dilakukan 25 September 2024 s.d 23 November 2024, Pemungutan suara pada hari Rabu tanggal 27 November 2024.

” Saya berharap kita semua khususnya para camat untuk mensosialisasikan tahapan pelaksanaan pilkada serentak 2024 ini. Pemerintah Daerah tentu mendukung dalam pelaksanaan pilkada Sarolangun mulai dari data kependudukan, bantuan distribusi logistik, bantuan kendaraan operasional, peran linmas, penanganan dan penugasan pengamanan,” katanya.

Untuk mensukseskan pilkada serentak di Sarolangun, lanjut Bachril Bakri, bahwa Pemerintah Kabupaten Sarolangun telah mengalokasikan dana hibah untuk Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Sarolangun Priode 2024-2029.

Untuk KPU Sarolangun telah dilakukan serah terima dana hibah mencapai 100 persen, dan Bawaslu Sarolangun masih di angka 40 persen.

” Percepatan pencairan anggaran dan menyediakan anggaran dana hibah pelaksanaan pilkada serentak 2024 juga sudah kita laksanakan, termasuk nanti anggaran untuk pengamanan baik polres maupun kodim dan pemerintah daerah juga berperan dalam kelancaran operasional dalam setiap tahapan,” katanya.

Poto bersama

Selain itu, Bachril Bakri juga menegaskan agar seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah Kabupaten Sarolangun untuk menjaga netralitas ASN dalam menghadapi pilkada serentak 2024 ini.

” Semua ASN harus diawasi, karena netralitas ASN harus ditegakkan sesuai UU tentang ASN dan UU tentang disiplin PNS serta surat edaran bersama yakni Mendagri KASN, Menpan RB, Bawaslu,”katanya.

” Kami berharap penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak 2024 ini berjalan baik, aman, lancar, dan tentunya ada antisipasi keamanan yang harus kita cermati bersama, antisipasi kampanye hitam, pemungutan suara dan penghitungan suara menjadi salah satu tahapan kerawanan,” kata dia menambahkan.

Dalam kegiatan tersebut, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta jajaran forkopimda melakukan Poto bersama serta diskusi bersama dalam meningkatkan sinergitas untuk kelancaran dan kesuksesan seluruh tahapan pelaksanaan pilkada serentak 2024 di Kabupaten Sarolangun yang berlangsung dengan lancar.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU