Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaDAERAHGerakan Tanam Cepat Panen, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Panen Cabe Rawit...

Gerakan Tanam Cepat Panen, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Panen Cabe Rawit Di Desa Payo Lebar

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri dan forkompinda saat melakukan panen cabe rawit di Desa Payo Lebar

KABAR SAROLANGUN – Dalam program Gerakan Tanam Cepat Panen, Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc bersama jajaran forkompinda Sarolangun melakukan kegiatan panen cabe rawit bersama Kelompok Tani Bina Jaya, Kamis (21/09/2023) di Desa Payo Lebar, Kecamatan Singkut.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Waka II DPRD Sarolangun Syahrial Gunawan, SE, Kapolsek Pelawan Singkut, Danramil 420-02 Muara Limun Kapten INF Zul Abdullah, Kadis TPHP Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Kadis Ketahanan Pangan H Masturo, Kadis Kanak Sarolangun Dulmuin, Sp, Kades Payo Lebar, Penyuluh pertanian dan masyarakat Kelompok tani Bina Jaya.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa gerakan tanam cepat panen ini tentu merupakan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat khususnya kelompok tani dalam melakukan bercocok tanam pada tanaman cepat panen, salah satu tanaman cabe.

Di Desa Payo Lebar ini yang digalakkan oleh kelompok tani Bina Jaya, telah melakukan empat kali panen, dengan menjual harga cabe sebesar Rp 30 ribu per kilogramnya.

” Kita bersama forkompinda dan masyarakat melakukan Panen cabe rawit, yang sudah empat kali panen di Desa Payo Lebar. Alhamdulillah kita bisa memanen cabe ini dengan baik dan saya lihat kualitas dan produksinya bagus,” katanya.

Poto bersama dengan kelompok tani dan penyuluh pertanian

Dengan panen cabe ini tentu diharapkan dapat menyuplai stok cabe yang ada di pasar tradisional, sehingga harga cabe pun tidak terlalu tinggi di pasaran, karena harga cabe yang tinggi bisa menjadi pemicu tingginya inflasi di Daerah. Dikatakannya, harga cabe yang ada di kelompok tani Bina Jaya, Desa Payo Lebar ini dijual dengan harga Rp 30 ribu perkilo gramnya, dan di pasaran tentunya harga tidak terlalu tinggi yang hanya sebesar Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu perkilo gramnya.

” Kita harapkan dengan kegiatan panen cabe dalam gerakan tanam cepat panen ini dapat mempengaruhi harga cabe yang tidak tinggi dan penanganan inflasi daerah.
Kita juga mengucapkan terima kasih kepada petani semua dan kita bekerja sama yang baik dengan forkompinda dalam upaya pengendalian inflasi,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta jajaran forkompinda melakukan panen cabe dengan memetik langsung cabe yang segar dan berkualitas dengan lancar.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU