Senin, Juli 15, 2024
BerandaDAERAHHadiri Kenduri Turun Betahun Desa Lubuk Bangkar, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri...

Hadiri Kenduri Turun Betahun Desa Lubuk Bangkar, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Ajak Masyarakat Kompak Lestarikan Adat 

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta jajaran dalam kegiatan upacara adat Turun Betahun Di Desa Lubuk Bangkar, Kec. Batang Asai

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Desa Lubuk Bangkar menggelar kegiatan upacara adat berupa Kenduri Turun Betahun, yang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat setempat untuk turun serentak dalam bercocok tanam khususnya padi sawah.

Kegiatan upacara adat tersebut berlangsung Rabu (26/06/2024) yang juga sekaligus syukuran atas terpilihnya kembali Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc sebagai Penjabat Bupati Sarolangun.

Kegiatan itu turut dihadiri langsung Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, bersama Ibu Ketua TP PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Bachril yang disambut dengan hangat oleh masyarakat secara adat istiadat berupa aksi beladiri.

Selain itu hadir juga, Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si Beserta Ibu Ny Ratna Dewi Dedy, jajaran TP PKK Sarolangun, Kadis Nakan Sarolangun Dulmuin, SP, Pimpinan Bank Jambi Cabang Sarolangun M Ridwan, SE,  Camat Batang Asai, Kades Lubuk Bangkar Radinal Mukhtar, SE, Kades Muara Cuban Julius, serta ratusan masyarakat Desa Lubuk Bangkar.

Poto bersama

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan adat berupa kenduri turun betahun tersebut yang dilakukan sebagai salah upacara adat bagi masyarakat untuk memulai bercocok tanam khususnya tanam padi sawah, maupun padi ladang.

” Cukup meriah tadi, saya berterima kasih kepada kades lubuk bangkar dalam melaksanakan kegiatan kenduri turun betahun, salah satu kegiatan adat untuk memulai bercocok tanam serta sekaligus juga syukuran terhadap penunjukan kami sebagai PJ Bupati Sarolangun,” katanya.

PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Poto bersama dalam penyerahan bantuan CSR Bank Jambi bersama Pimcam Bank Jambi Sarolangun M Ridwan

Maka dari itu, iapun mengucapkan rasa terima kasih kepada Kades Lubuk Bangkar, yang telah membuat program untuk melestarikan adat istiadat di desa dengan baik. Tentu ini bisa dijadikan contoh bagi Pemerintah Desa lainnya di wilayah Kabupaten Sarolangun, untuk bagaimana membuat kekompakan masyarakat di desa sekaligus kelestarian adat istiadat.

” Para kades kami himbau agar bisa mencontoh dari yang telah dilakukan kades lubuk bangkar, dan juga kades muara Cuban yang juga ketua APDESI Provinsi Jambi, kalau kades muara Cuban membangun objek wisata untuk peningkatkan UMKM, dan BUMD serta intinya acara seluruh Kades manfaatkan anggaran dana desa dengan baik dan memberikan manfaat kepada masyarakat,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Bachril Bakri juga memberikan bantuan pembangunan mesjid bersama CSR Bank Jambi kepada empat mesjid dengan nilai masing-masing 4 juta, bantuan benih ikan nilai sebanyak 5.000 ekor dan juga bantuan benih padi untuk lahan seluas 10 hektar.

” Dan juga nanti dalam APBD perubahan tahun 2024  kami akan memberikan bantuan 10 ekor sapi dan satu paket jalan seharga 200 juta,” kata Bachril Bakri.

Penyerahan bantuan CSR bank Jambi untuk pembangunan mesjid

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri juga memberikan bantuan bagi masyarakat yang tergolong kemiskinan ekstrem yang berjalan dengan lancar.

Penulis : A. R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU