Selasa, Juli 23, 2024
BerandaDAERAHHutan Kota Sarolangun Bakal Dikunjungi Gubernur Jambi

Hutan Kota Sarolangun Bakal Dikunjungi Gubernur Jambi

 

Kadis LHD Sarolangun Kurniawan, ST saat di wawancarai

KABAR SAROLANGUN –Kawasan Hutan Kota Sarolangun yang ada di komplek perkantoran Bupati Sarolangun, Kelurahan Sarkam, Kecamatan Sarolangun saat ini menjadi fokus perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun melalui Dinas Lingkungan Hidup (LHD).

Menariknya, hutan kota Sarolangun ini bakal mendapatkan kunjungan dari orang nomor satu di Provinsi Jambi, Gubernur Jambi Dr Alharis, S.Sos, MH.

Kadis LHD Sarolangun Kurniawan, ST, mengatakan bahwa kunjungan Gubernur Jambi ini dijadwalkan bertepatan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sarolangun yang ke-23 pada tahun 2022 ini.

“Direncanakan memang kami mengajak bapak gubernur Jambi untuk masuk ke hutan kota Sarolangun, pada peringatan HUT Kabupaten Sarolangun pada tanggal 26 Oktober 2022 mendatang. Tapi sekarang ini kita tetap masih menunggu jadwal pasti pelaksanaan hari ulang tahun kabupaten Sarolangun,” katanya, Jumat (07/10/2022) kepada media ini.

Diketahui, kawasan hutan kota Sarolangun ini bakal dijadikan sebagai kawasan wisata edukasi bagi para pelajar dan generasi muda serta lapisan masyarakat Sarolangun untuk mengenali ekosistem hutan dan jenis pepohonan. “Dari awal memang kita rencanakan untuk kawasan Wisata edukasi bagi para generasi muda kita, pelajar ataupun masyarakat pada umumnya,” katanya.

Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal saat melintasi jembatan kayu di kawasan hutan kota Sarolangun

Selain itu, Kurniawan juga menjelaskan bahwa dalam pengembangan kawasan hutan kota ini, pihaknya berencana menambah bangunan gazebo serta pembuatan jembatan dari besi-besi dan kayu karena kemarin jembatan di hutan kota untuk menyeberangi sungai masih terbuat dari kayu-kayu.

“Jembatan sebelum ulang tahun insa Allah sudah selesai. Menyeberangi sungai yang ada di belakang itu, karena kemarin kita buat dari kayu kayu, tapi sekarang ini dari besi-besi kita buat,” katanya.

Untuk pengembangan hutan kota, memang pihaknya mengharapkan partisipasi dari perusahaan yang ada di sarolangun. Salah satunya dari perusahaan migas, seperti KSO-Pertamina BWP Meruap membangun besi-besi pembuatan jembatan dan pelebelan nama-nama pohon yang ada di hutan kota sarolangun.

“Kemudian kita akan kita kembangkan dengan camping ground yang ada di samping kantor kita ini dan terkoneksi sampai ke depan kantor dinas ketahanan pangan, jadi nanti adik-adik sekolah baik SD, SMP maupun SMA, yang mau camping disini langsung di hutan kota tidak perlu lagi melewati jalan aspal,” katanya.

Untuk perawatan hutan kota Sarolangun ini, pihaknya juga secara rutin melakukan pembersihan bersama Petugas Harian Lepas (PHL) yang ada di Dinas LHD Sarolangun. Mereka selalu siap dan berjibaku membersihkan hutan kota dari pagi hingga sore hari setelah melaksanakan tugas wajib harian dalam membersihkan lingkungan kota sarolangun.

“Kedepan memang ada direncanakan, membuat satu acara dengan melibatkan dari adik-adik pengurus organisasi mahasiswa baik GMS maupun PMII, untuk membuat sebuah acara dengan kolaborasi bersama, dalam pemasangan pelebelan untuk pohon pohon yang ada di dalam sekaligus memperkenalkan nama pohon tersebut,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU