Ketua Komisi III DPRD Sarolangun Hurmin saat berbincang dengan masyarakat sarolangun

KABAR SAROLANGUN- H. Hurmin, SE diamanahkan oleh DPRD Kabupaten Sarolangun menjadi ketua Komisi III, jabatan itu berdasarkan hasil musyawarah mupakat yang ditetapkan dalam rapat Paripurna DPRD Sarolangun beberapa hari yang lalu.

Atas dasar itu, Pentolan mahasiswa dan Ketua Kampus STAI Darul Umum Sarolangun mewakili insan Akademika, menitipkan harapan besar agar Hurmin yang dikenal sebagai sosok yang merakyat dan memahami keluh kesah masyarakat mampu mengemban amanah dengan baik untuk kepentingan daerah Sarolangun secara utuh.

Ungkapan harapan tersebut muncul dari Keua Gerakan Mahasiswa Sarolangun melalui sekretaris umum GMS Jerry Pratama yang meminta agar tugas pokok dan fungsi komisi III berjalan baik, sehingga apa yang menjadi keluh kesah masyarakat, soal control pembangunan, Control Perusahaan dan hal lain yang menjadi legislasi dan kontrol bagi komisi III.

“Yang pastinya, salah satu pungsi dewan khususnya komisi III yang kontrol pembangunan dengan sebaik mungkin, agar apa yang dibangun menggunakan uang rakyat bisa bermanfaat dan tepat guna bagi masyarakat dan berkualitas secara utuh,” Kata Jerry sekretaris GMS, Senin (14/03/2022).

Disisi lain katanya, kontrol terhadap sejumlah perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Sarolangun sebagai bentuk perhatian pemerintah bersama dewan, agar semua persoalan yang menyangkut kewajiban perusahaan terhadap masyarakat dan daerah.

“Kita bangga Sarolangun kaya dengan hasil alam, tapi disisi lain kita kewajiban perusahaan terhadap masyarakat juga harus menjadi perhatian serius bagi pemerintah dan pihak dewan terutama komisi III. Baik itu dari CSR nya, Efek lingkungan, Sosial dan persoalan lain yang berkaitan dengan tugas wakil kita di parlemen,”katanya.

Oleh sebab itu dia berharap, segala amanah yang dititipkan merupakan amanah suluruh masyarakat Sarolangun dapat dijalankan oleh komisi III mulai dari ketua dan jajaran komisi tersebut.

“Sekali lagi, kami titipkan amanah ini  dengan harapan bisa berdampak baik bagi masyarakat, selamat bertugas dan moga amanah,” Kata pria yang kerap disapa Bung Jerry tersebut.

Ketua Kampus STAI Darul Ulum Sarolangun DR. Mawardi, M.Pd.I juga menitipkan harapan besar agar komisi III DPRD Sarolangun kedepan menjalankan amanah dan pro terhadap kepentingan masyarakat.

“Pertama saya ucapkan selamat kepad bang Haji Hurmin dan jajaran komisi III, kalau saya tidak banyak, tetap jalankan amanah dengan baik, namun dari sudut kepentingan kampus tolong bantu jembatani kami dengan pihak perusahaan agar kontribusi perusahaan yang ada di lingkaran wilayah kami ini minimal menyalurkan CSR ke kampus,” katanya.

“Sebab sejak berdirinya kampus ini, sampai dengan hari ini kami tidak pernah dapat bantuan CSR, apalagi di wilayah kami Bathin VIII ini banyak sekali perusahaan perkebunan. Kami sangat yakin dan percaya beliau (Hurmin jajaran red), amanah dan pro-rakyat,”kata dia menambahkan.

Namun disisi lain, Mawardi juga menjelaskan bahwa peran kampus STAI Darul ‘Ulum Sarolangun sudah berhasil melahirkan sarjana muda kurang lebih 2000 orang, saat ini mereka sudah mengabdi terhadap daerah dengan peran dan profesi masing masing.

“Dengan banyaknya sarjana itu artinya kami sudah membantu pemerintah persoalan edukasi generasi yang siap mengabdi bagi daerah. Oleh sebab itu kami berharap sekali tangan dingin komisi III bisa menjembatani kami dalam persoalan tersebut,”katanya.

Gayung bersambut dari H. Hurmin saat dihubungi melalui telepon genggam hanya menjawab singkat dengan memohon doa dan dukungan terhadap kinerja Komisi III serta umumnya seluruh DPRD Sarolangun agar mampu melaksanakan tugas dan fungsi serta Kewenangan dengan baik untuk kepentingan masyarakat Sarolangun.

“Yang jelas, mohon doanya dan terus dukung kami dalam menjalankan tugas sebagai wakil masyarakat di gedung dewan, terimakasih atas arahan dan masukannya,”kata Hurmin dengan singkat.

Untuk diketahui alat kelengkapan DPRD Sarolangun sudah disahkan dan termasuk komisi III DPRD Sarolangun. Berikut Jajaran Komisi III DPRD Sarolangun, sbb :

Koordinator Tontawi Jauhari, SE (F-Golkar), Ketua H Hurmin, SE (F-PPP), Wakil Ketua M Fadlan Arafiqi, SE, MH (F-PKB), Sekretaris Siti Aisyah Harahap (F-PKS), anggota diantaranya Yusuf Helmi AB, SE (F-Golkar), Azakil Azmi (F-Golkar), Asrin Amer (F-Demokrat), AH Marzuki, S.Ag (F-PDIP), Asmarul (F-PDIP), Muhammad Zabidi (F-PPP), Achmad Sarwani, SH (F-Gerindra), dan Muslimin (F-PKB). (Ks1)