Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaDAERAHJelang Idul Adha, PJ Bupati Bachril Bakri Pastikan Keamanan dan Kesehatan Hewan...

Jelang Idul Adha, PJ Bupati Bachril Bakri Pastikan Keamanan dan Kesehatan Hewan Qurban

PJ Bupati Bachril Bakri saat mengecek ternak hewan qurban di Desa Sendang Sari, Kecamatan Singkut

KABAR SAROLANGUN – Di sela kegiatan operasi pasar sembako bersubsidi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc juga melakukan pemeriksaan dan pengecekan hewan qurban menjelang perayaan hari raya idul adha 1444 Hijriyah, Selasa (27/06/2023) di Desa Sendang Sari, Kecamatan Singkut,

Pemeriksaan hewan ternak tersebut dilakukan di salah satu peternak sapi di desa tersebut bernama Pak Pardi, yang turut didampingi Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Anggota DPRD Sarolangun Jefri Sonnefil, Kadis peternakan dan perikanan Kabupaten Sarolangun Dulmuin, yang disambut hangat oleh peternak sapi tersebut.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa pemeriksaan hewan qurban ini untuk memastikan kesehatan dan keamanan hewan qurban yang akan disembelih pada hari raya idul adha sehingga memang hewan qurban benar-benar sehat dan aman.

“Kita harapkan semua dalam semua dalam sehat dan terjamin sehingga bisa di konsumsi masyarakat secara aman,” katanya.

Poto bersama dalam pengecekan hewan qurban 

Bachril Bakri juga menjelaskan bahwa hewan ternak sapi dan kerbau harus dipastikan tidak terkena penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) serta penyakit ternak lainnya pada hewan qurban menjelang idul adha ini.

” Untuk Sarolangun ternak kita alhamdulillah sudah tidak ada lagi yang terkena PMK, namun perlu di antisipasi penyakit lainnya,” katanya.

Jika memang ditemukan penyakit hewan ternak khususnya hewan qurban, lanjut PJ Bupati Bachril Bakri agar segera melaporkan ke dinas perikanan dan Peternakan Kabupaten Sarolangun untuk mendapatkan tindakan pengobatan dan pemberitaan vitamin ataupun suntikan vaksin.

” Kita minta juga agar dinas peternakan untuk melakukan pengecekan secara intensif menjalang idul adha ini dalam rangka antisipasi penyakit pada hewan ternak khususnya hewan qurban,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri bersama Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Anggota DPRD Sarolangun Jefri Sonnefil bercengkrama dengan pemilik ternak yang ada di Desa Sendang Sari tersebut.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU