Senin, Juli 15, 2024
BerandaDAERAHJelang Natal dan Tahun Baru 2024, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Pimpin...

Jelang Natal dan Tahun Baru 2024, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri Pimpin Rakor Forkopimda 

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat memimpin rakor forkopimda

KABAR SAROLANGUN – Menjelang perayaan Natal tahun 2023 dan tahun Baru 2024, Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc memimpin langsung Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),  Selasa (12/12/2023) di ruang pola utama Kantor Bupati Sarolangun.

Rakor tersebut bertujuan dalam rangka meningkatkan lintas sektoral dan sinergitas bersama dalam menghadapi natal tahun 2023 dan tahun Baru 2024, khususnya dalam antisipasi kenaikan harga sembako, penanganan inflasi, ketersediaan ketahanan pangan, keamanan, kesehatan dan konflik sosial.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman S.IK, Kajari Kabupaten Sarolangun Zulfikar Nasution SH MH, Pj Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Kabag Ops Polres Sarolangun Kompol A Bastari Yusuf SH MH, Asisten I Kabupaten Sarolangun Drs Arief Ampera, Pabung 0420/Sarko Mayor CHK Dedy Afrizal, SH, MH, Kasat Intelkam Polres Sarolangun AKP Sukman SH, Kasat Pol PP kabupaten sarolangun Drs Muhammad Idrus dan Para kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri dalam kesempatan tersebut mengucapkan atas kehadiran segenap jajaran forkompinda sarolangun dalam rangka membangun sinergitas bersama untuk persiapan menyambut natal dan tahun baru di kabupaten Sarolangun.

” Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perayaan Natal dan tahun Baru imi yakni Ketersediaan pangan, transportasi, kesehatan dan potensi konflik sosial,” katanya.

Untuk ketersediaan pangan, Pemkab Sarolangun akan memfokuskan Pada Penguatan Pangan Serta Peningkatan Nilai Tambah Produk pangan dan diversifikasi pangan, Melakukan Gerakan Serentak Penanaman Padi, Cabe Rawit Dan Bawang Merah, Melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) Ke Pasar Di Pasar Bersama jajaran forkopimda, melakukan aksi tanam cepat panen dan gerakan pasar murah.

” Untuk mengantisipasi adanya inflasi pada bahan pokok, nantinya kita akan melaksanakan kegiatan pasar murah. Untuk dinas kesehatan nantinya juga pada saat adanya mudik, kita bisa tempatkan tenaga kesehatan pada pos yang tergabung dalam beberapa instansi terkait,” katanya.

Pada bidang Transportasi, lanjut Bachril Bakri bahwa juga diharapkan nantinya terjalin sinergitas lintas sektoral untuk  menciptakan kondisi mudik yang aman dan nyaman,  mengatur trasnportasi darat saat Nataru, meningkatkan pelayanan di terminal bus Sri bulan, dan menyediakan posko dan sarana prasarana beristirahat sementara disepanjang rute arus mudik dan arus balik.

” Kesehatan, kita harus mempersiapkan sarana dan prasarana kesehatan di posko jaga Nataru, serta dapat bekerja sama dengan forkopimda, memberikan edukasi kepada masyarakat dan pelayanan kesehatan,” katanya.

Rakor Forkopimda Sarolangun berlangsung

Sedangkan untuk potensi konflik sosial, kedepan diperhatikan berupa antisipasi keamanan dan kenyamanan di rumah ibadah ummat, persoalan aktivitas PETI, Ilegal Drilling, Konflik lahan,  aliran kepercayaan yang mengarah kepada radikalisme, konflik sad dengan masyarakat dan  aktivitas Pelat di kalangan remaja dan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman mengatakan bahwa di wilayah sarolangun adanya potensi Konflik terkait dengan adanya pendirian rumah ibadah yang didirikan oleh Warga SAD di desa Demang, yang mendapat penolakan dari warga setempat.

” Untuk kegiatan perayaan Natal dan tahun baru kita dari polres sarolangun akan mendirikan pos pengamanan dan pelayanan. Kita akan mendirikan pospam dan posyan yang akan dijaga oleh personil dari polri,TNI, pol pp, kesehatan dan instansi lainnya,” katanya.

Sementara itu, Pabung Kodim 0420/Sarko Mayor CHK Dedy Afrizal mengatakan bahwa pihaknya dari TNI siap mendukung secara penuh dalam pelaksanaan tugas menyambut natal dan tahun baru 2024 mendatang.

” Kami akan mengirimkan personil berapa yang di butuhkan untuk menempatkan pada pos pengamanan dan pos pelayanan,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU