Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHKadis LHD Sarolangun Kurniawan Dilantik Sebagai Ketua Mabi Saka Pramuka Kalpataru Kwarcab...

Kadis LHD Sarolangun Kurniawan Dilantik Sebagai Ketua Mabi Saka Pramuka Kalpataru Kwarcab Sarolangun

Kadis LHD Sarolangun Kurniawan saat dilantik sebagai Ketua Mabi Saka Pramuka Kalpataru dan Herikus sebagai Ketua Pimpinan Saka Pramuka Kalpataru masa bakti 2023-2028

KABAR SAROLANGUN – Majelis Pembimbing (Mabi) dan pengurus Pimpinan Satuan Karya (Saka) Pramuka Kalpataru Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sarolangun masa Bakti 2023-2028 secara resmi telah dilantik, Senin (11/09/2023) di Bumi Perkemahan Dinas Lingkungan Hidup Sarolangun.

Pelantikan tersebut dilakukan langsung Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Sarolangun Muhammad Fadlan Arafiqi, yang dihadiri Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, beserta sejumlah kepala OPD, dan jajaran pengurus kwarcab Pramuka Sarolangun dan pihak perusahaan yang terlibat.

Dalam strukturnya, Ketua Mabi Saka Kalpataru masa bakti 2023-2028 dijabat oleh Kadis Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Sarolangun Kurniawan, ST, dan diikuti oleh jajarannya dan pihak perusahaan yang terlibat.

Sedangkan untuk Ketua Pimpinan Saka Pramuka Kalpataru dijabat oleh Herikus, yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Daerah.

Tampak pelantikan Mabi dan Pimpinan Saka Pramuka Kalpataru Kwarcab Pramuka Sarolangun itu berlangsung dengan tertib dan lancar. Mereka yang dilantik pun mengucapkan ikrar, pengambilan janji jabatan dengan penuh keridhoan tanpa ada paksaan.

Dalam sambutannya, Ketua Mabi Saka Pramuka Kalpataru Sarolangun Kurniawan mengatakan kepengurusan Saka Pramuka Kalpataru ini merupakan perdana adanya di Kabupaten Sarolangun, yang merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama antara Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) dengan Kwarnas Pramuka.

” Kita berharap dengan adanya saka kalpataru untuk pertama kalinya di Kabupaten Sarolangun dapat mendorong adik-adik untuk lebih mencintai lingkungan.  Saka kalpataru ini didirikan atas kerja sama kwarnas kementrian lingkungan hidup, membuat dua saka yakni saka kalpataru dan saka Wanabakti,” katanya.

Kurniawan menjelaskan bahwa pihaknya selalu Dinas Lingkungan Hidup Daerah akan berupaya mengelola saka kalpataru ini dengan tujuan untuk menanamkan seluruh lapisan masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan dan melestarikan lingkungan dengan baik.

” Di bumi perkemahan Dinas lingkungan hidup ini, kami sudah siapkan satu mushollah, kamar mandi, fasilitas umum yang bisa dipakai untuk dijadikan sebagai bumi perkemahan lingkungan hidup Sarolangun, dan juga ada dermaga yang disiapkan. Kami juga memiliki satu hutan kota, yang sudah kita poles bisa digunakan sebagai lokasi edukasi,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments