Senin, Mei 20, 2024
BerandaDAERAHKasdam II/Swj Brigjend TNI Ruslan Effendy Tutup Kegiatan TMMD Regional Ke-116 Tahun...

Kasdam II/Swj Brigjend TNI Ruslan Effendy Tutup Kegiatan TMMD Regional Ke-116 Tahun 2023

Kasdam II/Swj Brigjend TNI Ruslan Effendy Poto bersama dengan jajaran forkompinda Sarolangun dalam penutupan TMMD regional ke-116

KABAR SAROLANGUN – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) regional Ke-116 tahun anggaran 2023 secara resmi telah ditutup, Kamis (08/06/2023) di lapangan sepakbola Desa Bukit Peranginan, Kecamatan Mandiangin.

Pangdam II/Sriwijaya Mayjend TNI Hilma Hadi, S.IP, M.Han yang diwakili Kasdam II/Swj Brigjend TNI Ruslan Effendy, S.IP menutup secara langsung kegiatan TMMD tersebut dalam upacara penutupan yang berlangsung dengan sukses.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, Kasrem 420/Gapu Jambi Kol. Inf Ali Aminudin, SE, M.M, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius, Danden Pom Letkol Cpm Anwar Burhan, Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman, S.Ik atau mewakili, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, Kajari Sarolangun Zulfikar Nasution, SH, MH atau mewakili.

Selain itu hadir juga Kalapas Sarolangun Irwan, SH, MH, Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Jajaran forkompinda Kabupaten Sarolangun, Para kepala OPD dilingkungan Pemkab Sarolangun, Camat Mandiangin Harris Faidiillah, Kades Bukit Peranginan Ida Ziana, Personil TNI, Polri, Personil Brimob, Personil Satpol PP, Personil Dinkes, Personil Dishub dan Masyarakat mandiangin.

Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius saat menyampaikan laporan hasil TMMD kepada Kasdam II/Sriwijaya Brigjend TNI Ruslan Effendy

Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius selaku Dansatgas TMMD Regional Ke-116 mengatakan dalam laporannya bahwa kegiatan TMMD ini merupakan program kerja kodim 0420/Sarko berdasarkan surat telegram Danrem 042/Gapu Jambi nomor ST/38/2023 tanggal 27 Januari 2023 tentang perintah untuk merencanakan dan menyiapkan kegiatan TMMD Regional ke-116 di kabupaten Sarolangun.

Kegiatan ini tentu bertujuan untuk memberikan gambaran kepada komando tentang kesiapan operasi TMMD di wilayah Kecamatan Mandiangin dapat berjalan lancar dan mencapai sasaran.

Dalam kegiatan ini melibatkan 150 personel terdiri dari 105 personil TNI, 20 personil Polri, 16 personel penyuluh, 5 personel kesehatan, dan 4 personel tim tekhnis serta dibantu masyarakat setempat.

” Kegiatan TMMD ini mengangkat tema “Sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat semakin kuat. Kegiatan TMMD Regional ke-116 tahun 2023 di Kecamatan Mandiangin ini dilaksanakan selama satu bulan terhitung dari tanggal 10 Mei 2023 hingga 08 Juni 2023 mendatang,” katanya.

Dihadapan Kasdam II/Sriwijaya, Dandim 0420/Sarko ini juga menyampaikan progres keberhasilan sasaran target kegiatan TMMD ke-116 tersebut. Untuk sasaran fisik, meliputi pembukaan jalan 3,2 Kilo meter mencapai selesai 100 persen, pembukaan dan pengerasan jalan 800 Meter selesai 100 persen, pembangunan mck 1 unit selesai 100 persen.

Kasdam II/Swj Brigjend TNI Ruslan Effendy, PJ Bupati Bachril Bakri, Dandim 0420/Sarko saat melihat langsung pembangunan rumah tak layak huni jadi Layak huni sebagai sasaran fisik kegiatan TMMD

Sasaran fisik lainnya berupa pembangunan pos kamling 1 unit juga selesai 100 persen, pembangunan tugu TMMD 1 unit selesai 100 persen, Renovasi RTLH 2 unit selesai 100 persen, sumur bor 1 unit dan renovasi mesjid selesai 100 persen

” Sasaran non fisik, meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan Kamtibmas, penyuluhan konservasi alam, penyuluhan ketahanan pangan, penyuluhan posbindu PTM, penyuluhan posyandu, penyuluhan stunting, Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Hukum dan Ham, Penyuluhan perikanan dan peternakan, penyuluhan pertanian dan perkebunan, penyuluhan lingkungan hidup dan kehutanan serta penyuluhan agama selesai 100 persen,” katanya

Sementara itu, Kasdam II/Sriwijaya Brigjend TNI Ruslan Effendy dalam amanatnya menyampaikan arahan langsung Pangdam II/Sriwijaya mengatakan bahwa sudah sepatutnya seluruh elemen bersyukur dan berbangga hati karena program TMMD di wilayah Sumatera dari tahun ke tahun menunjukkan hasil yang memuaskan dan kian dirasakan masyarakat manfaatkan, baik sasaran pembangunan fisik dan non fisik telah memberikan dampak memajukan desa.

” Keberhasilan TMMD ini saya sampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada kepala daerah, gubernur dan seluruh forkompinda serta seluruh masyarakat yang telah bahu membahu untuk mewujudkan sasaran pembangunan TMMD ini,” katanya.

Kasdam II/Swj Brigjend TNI Ruslan Effendy, Bersama PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat serah terima hasil pelaksanaan TMMD regional ke-116

Kata Kasdam juga menjelaskan bahwa setiap pelaksanaan TMMD semua pihak dapat menyaksikan semangat kebersamaan dan gotong royong, hal ini menjadi refleksi kekuatan besar persatuan bangsa dalam mengatasi persoalan yang terjadi di masyarakat dan buktk Kemanunggalan ini merupakan aktualisasi dalam mewujudkan potensi yang ada dalam mewujudkan kemajuan bangsa.

” Dengan berakhirnya TMMD ke-116 ini, saya berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat dan satgas TMMD, pertama peliharalah semangat kebersamaan dan kemanggulan TNI bersama rakyat, kedua tingkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama sebagai realisasi semangat gotong royong yang merupakan warisan asli budaya bangsa kita, dan ketiga peliharalah hasil TMMD ini dengan sebaik-baiknya sehingga dapat dimanfaatkan dalam waktu yang cukup lama,” katanya.

Penyerahan bantuan

Dalam kegiatan tersebut, Kasdam II/Sriwijaya Brigjend TNI Ruslan Effendy juga melepas langsung tanda peserta TMMD dan pengembalian alat kerja serta menandatangani berita acara hasil pelaksanaan TMMD regional ke-116.

Di akhir acara, juga dilakukan penyerahan bantuan bagi anak stunting, bantuan bola kaki, Penyerahan piagam penghargaan atas partisipasi dalam kegiatan TMMD, Peninjauan lokasi Bakti sosial dan peninjauan lokasi pelaksanaan TMMD regional ke-116 yang berlangsung lancar.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU