Ketua PKK Sarolangun Ny Harvedrida melantik bunda paud Desa di kecamatan Mandiangin Timur

KABAR SAROLANGUN – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sarolangun sekaligus sebagai Bunda PAUD Sarolangun Ny Harvedrida Henrizal melantik secara langsung lima orang Bunda PAUD Desa di wilayah Kecamatan Mandiangin Timur, Kamis (09/02/2023) di Halaman Kantor Camat Mandiangin Timur.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pelantikan Ketua TP PKK Desa yakni Ketua PKK Desa Sungai Butang Ny Zarwati, dan Ketua PKK Desa Meranti Baru Ny Yunita Ginting untuk Priode 2023-2028, serta kegiatan serah terima jabatan Kepala Desa dari Penjabat Kepala desa kepada Kepala Desa Terpilih, yakni Kades Sungai Butang Sukimin dan Kades Meranti Baru Mukmin Bintang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Sarolangun Siti Aisyah Harahap, Danramil 420-03 Pauh Kapten INF M Suhadi, Kepala Bappeda H Muhammad, Kadis Dikbud Sarolangun Helmi, SH, MH, Kadis Kominfo Drs Muhammad Idrus, para kepala OPD, Camat Mandiangin Timur Drs Jarir, Ketua TP PKK Kecamatan Mandiangin Timur Ny Azizia Jarir, para kepala desa, tokoh masyarakat dan tim penggerak PKK desa.

Camat Mandiangin Timur Jarir

Camat Mandiangin Timur Jarir mengucapkan selamat atas telah dilaksanakannya serah terima jabatan kepala desa sekaligus pelantikan ketua PKK desa dan bunda PAUD Desa ini. Tentunya dengan kegiatan ini diharapkan para kepala desa yang telah memimpin desa diharapkan agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan yang berlaku.

” Dalam melaksanakan tugas tentu kepala desa harus dapat bersinergi dengan stake holder yang ada dalam menjalankan pemerintahan desa. Begitu juga dengan TP PKK Desa untuk dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tugas dan pokok dan teruslah berkarya serta jalin sinergitas yang baik di desa,” katanya.

Ketua PKK Sarolangun Ny Harvedrida Henrizal

Sementara itu, Ketua PKK/Bunda PAUD Kabupaten Sarolangun Ny Harvedrida mengatakan bahwa keberhasilan seorang pemimpin tidak lepas dari peran siapa orang yang ada di belakangnya yang tidak lain adalah peran seorang istri dalam rangka memberikan dorongan dan motivasi suaminya.

” Hari ini pelantikan ketua PKK desa dan bunda paud ini tentunya merupakan bentuk peran aktif seorang istri dalam mensukseskan suaminya sebagai kepala desa dalam melaksanakan tugas,” katanya.

Harvedrida juga mengharapkan tim penggerak PKK baik desa, kecamatan agar dapat aktif melaksanakan program di tengah masyarakat, khususnya 10 program PKK dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga.

” Alhamdulillah tahun kemarin TP PKK Sarolangun meraih juara umum II tingkat Provinsi Jambi, kemudian pada bulan desember tahun 2022, Kabupaten Sarolangun tingkat provinsi meraih peringkat pertama masalah sigadis Jambi dalam penginputan data dasa wisma yang operatornya di desa, maka saya mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan tersebut tentu ada peran kepala desa dan kecamatan,” katanya.

Ketua PKK Sarolangun Ny Harvedrida, Anggota DPRD, Para Kepala OPD dan kepala desa serta TP PKK Desa

Untuk para Bunda PAUD, ia meminta agar membentuk tim Pokja paud di kecamatan dan menjalin sinergtitas antara bunda paud desa dan bunda paud kecamatan. Dalam mewujudkan program paud berkualitas ada beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya penanaman nilai-nilai karakter sejak dini, mewujudkan lingkungan ramah anak, mendampingi mewujudkan paud holoistic integratif, perlindungan dan pelayanan kesejahteraan, mengajak Puskesdes atau posyandu dalam memantau kesehatan gizi anak.

” Di kecamatan Mandiangin Timur ada 17 paud dan secara keseluruhan Di Sarolangun ada 552 Paud dan 148 yang sudah terakreditasi. Saya mengharapkan kepada ibu kades untuk aktif di kecamatan maupun ditingkat Kabupaten,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap