Kamis, Juni 13, 2024
BerandaDAERAHMewakili PJ Bupati Sarolangun, Staf Ahli Bupati Muhammad Buka Pelatihan dan Pendampingan...

Mewakili PJ Bupati Sarolangun, Staf Ahli Bupati Muhammad Buka Pelatihan dan Pendampingan Penginputan Informasi P3DN

Staf Ahli Bupati H Muhamamd saat membuka kegiatan pelatihan dan pendampingan penginputan informasi P3DN

KABAR SAROLANGUN – Staf Ahli Bupati Sarolangun bidang Pembangunan H Muhamamd, S.Ag, mewakili Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc membuka secara resmi kegiatan pelatihan dan pendampingan penginputan informasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) pada SIPD P3DN Kemendagri Republik Indonesia, Rabu (13/09/2023) di aula Kantor Bappeda Sarolangun.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala BPBJ Setda Sarolangun Ujang Junaidir, SE, Nara Sumber dan ratusan peserta kegiatan dari seluruh OPD Di lingkungan Pemkab Sarolangun.

Dalam arahannya, Staf Ahli Bupati Sarolangun Muhammad mengucapkan terima kasih kepada bagian BPBJ Setda Sarolangun yang telah melaksanakan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan penggunaan produk dalam negeri pada pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun.

” Tentu ini sebagai upaya dan menindaklanjuti instruksi presiden RI nomor 02 Tahun 2022 dan Instruksi Bupati Sarolangun nomor 01 Tahun 2023 terkait percepatan pelaporan rencana dan realisasi P3DN pada belanja SKPD melalui aplikasi SIPD P3DN kemendagri,”katanya.

H Muhamamd juga menegaskan bahwa melalui kegiatan ini nantinya setiap OPD akan diminta laporan dari pelaksanaan penginputan informasi dalam penggunaan produk dalam negeri, sehingga akan ada penilaian khusus nantinya bagi OPD yang aktif dalam melaksanakan kegiatan tersebut sebagaimana yang dimaksud dalam tujuan pelaksanaan kegiatan ini.

” Masing-masing SKPD, saya akan minta laporan dari pelaksanaan kegiatan ini, kedepan harus ada semacam reward bagi SKPD yang aktif dalam melaksanakan instruksi presiden nomor 02 Tahun 2022 terkait P3DN,” katanya.

Menurutnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun tentu mendapatkan pantauan dari Pemerintah Pusat sejauh mana realisasi dan percepatan yang dilakukan dalam program Penggunaan Produk Dalam Negeri, maka dari itu diharapkan seluruh OPD bisa memahami betul bagaimana tata cara penginputan informasi dalam hal SIPD P3DN yang ada di Kemendagri Republik Indonesia.

” Saya akan pantau sejauh mana SKPD bisa melaksanakan instruksi Bupati terkait ini Bagaimana gambaran penggunaan produk dalam negeri di Kabupaten Sarolangun, dan disini tempatnya untuk pelatihan penginputan informasi. Kedua, ketaatan pemerintah dalam meningkatkan produksi produk dalam negeri dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa yang didanai oleh APBN dan APBD,” katanya.

Ia juga berharap, kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan ini secara disiplin dan tekun dalam pelatihan dan pendampingan penginputan informasi ini dan nantinya diaplikasikan dengan baik sehingga tujuan yang diharapkan bisa tercapai.

” Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim kegiatan pelatihan dan pendampingan penginputan informasi P3DN pada SIPD P3DN Kemendagri RI secara resmi saya nyatakan dibuka,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU