Minggu, Juni 23, 2024
BerandaDAERAHMusrenbang Kecamatan Limun Berlangsung Sukses

Musrenbang Kecamatan Limun Berlangsung Sukses

 

Wakil Bupati Sarolangun Hillalatil Badri saat menghadiri Musrenbang kecamatan limun

SAROLANGUN– Pemerintah Kecamatan Limun menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan yang berlangsung di Gedung Olahraga Desa Pulau Pandan pada Senin, (17/01/2022) yang berlangsung dengan sukses.

Kegiatan Musrenbang tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri, beserta Anggota DPRD Kabupaten Sarolangun Dapil IV Drs Fahrul Rozi, M.si, Hermi. S.Sos,, para Kepala OPD, Camat Limun Marhasan,SKM, MM, beserta unsur Tripika Kecamatan Limun, Para Kades, dan para tokoh masyarakat Limun.

Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan musrenbang tingkat kecamatan merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Oleh karena itu, pelaksanaannya sangat penting dan bernilai strategis dalam upaya mencapai tujuan pembangunan Nasional dan Daerah, dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Musrenbang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk menyelaraskan, menajamkan dan menyepakati subtansi prioritas pembangunan, menjadi wadah bagi usulan rencana program dan kegiatan yang berasal dari masyarakat, kemudian diintegrasikan dengan prioritas pembangunan kabupaten dan sebagai bagaian tahapan proses penyusunan RKPD Kabupaten Sarolangun,” katanya.

Wabup Hilal juga menjelaskan, usulan yang diusulkan dalam Musrenbang Kecamatan hendaknya program pembangunan yang benar-benar tidak terakomodir melalui Dana Desa, ADD, Dana Kelurahan, P2D dan P2K serta merupakan skala prioritas yang membawa dampak positif bagi pengembangan Desa atau Kelurahan.

“Tadi ada sekitar 109 usulan, tentu tidak mungkin semua usulan itu kita akomodir, untuk itu perlu kesadaran dan pemahaman semua pihak mengenai keterbatasan tersebut. Jadi kami harap usulan yang disampaikan memang menjadi prioritas dan azaz manfaatnya dirasakan lansung oleh masyarakat,”katanya.

Suasana Musrenbang kecamatan limun

Sementara itu Camat Limun Marhasa mengatakan, ada beberapa usulan prioritas yang memang menjadi kebutuhan masyarakat dalam Kecamatan Limun yang disampaikan dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan Limun Tahun 2022.

“Yang pertama yang jadi prioritas itu akses jalan mulai dari simpang Polsek Pulau Pandan hingga ke Bukit Bulan, selain itu ada juga usulan pembinaan untuk para perangkat Desa, serta usulan persiapan menghadapi Pilkades Serentak dalam Kecamatan Limun,” katanya.

Disamping itu Camat Limun juga mengusulkan pembangunan Kantor Camat Limun serta Rumah Dinas Camat Limun yang kondisinya saat ini kian memprihatinkan.

“Kondisi rumah dinas Camat juga memprihatinkan, meskipun begitu namun tetap kami tunggu. Selain itu terkait dengan Pembangunan Kantor Camat Limun juga menjadi prioritas dengan harapan dapat terealisasi,”katanya.(Ks1)

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU