Senin, Mei 20, 2024
BerandaDAERAHPemkab Sarolangun Canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

Pemkab Sarolangun Canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

Sekda Sarolangun Endang Abdul Naser saat menandatangani piagam pencadangan dan komitmen dalam Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun mencanangkan program Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah pada lingkungan Pemerintah Daerah.

Hal itu ditandai dengan penandatangan piagam pencanangan dan Komitmen bersama tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip, Senin (10/9/06/2023) di Lapangan Sepak Bola, Sport Center Sarolangun.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc diwakili Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Asisten I Setda Sarolangun Drs Arif Ampera, Kepala DPAD Sarolangun H A Waldi Bakri, S.IP, S.Sos, MM, serta seluruh para kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun.

Sekda Sarolangun Endang Abdul Naser, mengatakan bahwa Kearsipan diatur dalam Undang-undang yakni UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan serta Perka ANRI Nomor 7 Tahun 2001 tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip.

Dengan dikeluarkannya Undang-undang Kearsipan membuktikan bahwa arsip sangat penting, karena setiap kegiatan pemerintah maupun masyarakat membutuhkan arsip.

” Tertib arsip untuk kepentingan kita semua, karena sebagai upaya untuk penataan arsip yang lebih baik,” katanya.

Kepala DPAD Sarolangun Waldi Bakri saat menandatangani komitmen tentang GNSTA

Sementara itu, Kepala DPAD Sarolangun Waldi Bakri mengatakan bahwa kegiatan Penandatanganan piagam gerakan nasional sadar tertib arsip ini sebagai upaya dalam memperbaiki sistem kearsipan di seluruh OPD dalam lingkungan Pemkab Sarolangun.

Menurutnya, saat ini nilai kearsipan di lingkungan Pemkab Sarolangun ini baru di angka 40-an atau masuk dalam kategori buruk, sehingga kedepan diharapkan dengan dorongan seluruh OPD nilai kearsipan dapat menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

” Kami harap dengan kegiatan ini nanti masing-masing arsip di opd itu terlaksana dengan baik. Pak PJ bupati juga pernah meminta kami untuk ada perbaikan-perbaikan sistem kearsipan. Kami berusaha minimal tahun depan nilai kita bisa baik dan minimal cukup baik atau diatas 60,” kata Waldi.

Waldi Bakri juga menjelaskan bahwa dengan kegiatan tersebut pihaknya akan berusaha dengan kerja keras untuk membuat unit kearsipan di seluruh OPD, yang tentunya sebagai bentuk dukungan dalam gerakan yang bersifat perbaikan kearsipan.

” Kita hanya kesadaran yang perlu digalakkan maka perlu dukungan atau gebrakan kepala OPD dapat mengungkit perbaikan kearsipan masing OPD itu, karena kalau tidak demikian mungkin susah,” katanya.

Pentingnya pengelolaan arsip ini, menurut Waldi Bakri sangat penting dalam meningkatkan nilai kearsipan di wilayah Kabupaten Sarolangun.

Pada dasarnya arsip itu terjadi, setiap saat bahkan setiap detik pun tidak lepas dari yang namanya arsip tapi kenyataannya yang belum karena kita tidak memfasilitasi masing-masing di unit kerja itu untuk penanganan.

” Kalau penanganan itu sudah terjadi di masing masing opd, maka kami harap pasti akan ada lonjakan kenaikan kearsipan. Kemarin kami sudah turun ke seluruh OPD dan kecamatan, tim kami turun, dalam upaya peningkatan nilai kearsipan kabupaten Sarolangun dan kami harapkan tahun depan nilai kearsipan di Sarolangun akan lebih baik lagi,” katanya.

Sekda Sarolangun Endang Abdul Naser Poto bersama dengan seluruh kepala OPD untuk mendukung program Pemerintah

Dalam kegiatan tersebut, Sekda Sarolangun Endang Abdul Naser, Kepala DPAD Sarolangun Waldi Bakri beserta seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun mendatangani pencanangan piagam dan komitmen tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip, serta diakhiri dengan poto bersama.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU