Pemkab Sarolangun Studi Tiru Implementasi SPBE Ke Kabupaten Sumedang

0
Poto bersama
Asisten III Hazrian, Kadis Kominfo Muhammad Idrus saat berdiskusi dengan Sekretaris Diskominfosanditik Pemerintah Kabupaten Sumedang

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun melaksanakan kegiatan studi tiru dan kerjasama Implementasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Ke Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, Jumat (10/03/2023).

Kegiatan studi tiru tersebut dipimpin oleh Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM diwakili Asisten III Setda Sarolangun Hazrian, SE, M.Si yang berjalan dengan tertib.

Tampak hadir juga kegiatan tersebut Kadis Kominfo Drs Muhammad Idrus, Kabid TIK Muhammad Fakhri, Kabid IKP Muhammad Iqbal beserta staf, Irban Inspektorat Sarolangun M Sokian, Kabid Sosbud Bappeda Sarolangun Ali Umar, Sekretaris DPMPTSP Sarolangun Arpan, serta sejumlah OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun.

Poto bersama

Dalam kegiatan tersebut, jajaran pemerintah Kabupaten Sarolangun selaku tim SPBE Kabupaten Sarolangun disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang yang diwakili langsung Sekretaris Dinas Kominfosanditik Kabupaten Sumedang Drs Kemal Idris, M.PSS beserta jajaran.

Tampak Asisten III Hazrian dan rombongan berdiskusi langsung terkait implementasi SPBE yang ada di Kabupaten Sarolangun yang merupakan daerah yang mendapatkan nilai tertinggi indeks SPBE se-Indonesia sebesar 3,84 persen dengan predikat sangat baik pada tahun 2022.

Kadis Kominfo Kabupaten Sarolangun Drs Muhammad Idrus mengatakan bahwa memang pihaknya sengaja melakukan studi tiru ke Kabupaten Sumedang dalam rangka upaya pemerintah Kabupaten Sarolangun untuk meningkatkan indeks SPBE Kabupaten Sarolangun.

” Hari ini kita dari Pemkab Sarolangun melakukan Kunjungan Studi Tiru dan Kerjasama Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) ke Kabupaten Sumedang. Kunjungan ini dilaksanakan selama dua hari, pada hari pertama Pertemuan diadakan di Command Center dan hari kedua,” katanya.

Jajaran tim Pemkab Sarolangun saat melakukan studi tiru dengan Pemkab Sumedang

” Kemudian berlanjut Jumat 10 Maret 2023, bertempat di Kantor Dinas Kominfosanditik Kab. Sumedang, dengan pokok bahasan khusus di bidang-bidang yang ada di Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang,” kata dia menambahkan.

Muhammad Idrus menjelaskan bahwa inti kunjungan ini adalah mempelajari bagaimana upaya Kabupaten Sumedang dalam peningkatan implementasi SPBE dengan perolehan indeks tertinggi di Indonesia yakni 3,84 (sangat baik), serta penjajakan kerjasama antar daerah untuk meningkatkan penyelenggaraan SPBE di Kabupaten Sarolangun

” Kalau Kabupaten Sarolangun, Nilai kita mengalami kenaikan dari 2,27 tahun 2021 menjadi 2,63 pada tahun 2022 yang masuk dalam kategori baik. Upaya harus kita lakukan demi kedepannya, di Kabupaten Sarolangun sebenarnya lebih baik dibandingkan kabupaten lain di provinsi Jambi karena yang baru punya arsitektur baru kita sarolangun,” katanya.

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan Penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE. Dimana SPBE ini ditujukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

” SPBE ini meningkatkan Misi memperkuat Reformasi dan meningkatkan Kualitas tata kelola pemerintahan Kabupaten Sarolangun yang tidak rumit dan lebih baik,” kata Idrus.

Penulis : A.R Wahid Harahap