Selasa, Juli 23, 2024
BerandaDAERAHPemkab Sarolangun Terima Penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Padapa Dari Kemenkes RI...

Pemkab Sarolangun Terima Penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Padapa Dari Kemenkes RI Tahun 2023

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat menerima penghargaan Swasti Saba Padapa dari Mentri Kesehatan RI Budi G Sadikin

KABAR SAROLANGUN- Pemerintah Kabupaten Sarolangun berhasil menyabet penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tahun 2023, dengan predikat Swasti Saba Padapa dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima langsung Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc yang diserahkan oleh Mentri Kesehatan RI Budi G. Sadikin, di Kempinski Grand Ballroom Grand Indonesia West Mall, Jalan Kebon Kacang Raya, Blok D 6 Jakarta Pusat, Selasa (28/11/23) malam.

Turut hadir dalam penerimaan penghargaan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun Bambang Hermanto, SE,MM, beserta jajaran dinas kesehatan, Kabid Sosbud Bappeda Sarolangun Ali Umar, SE dan tim forum Kabupaten Sehat Kabupaten Sarolangun.

Kepada media ini, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengaku bersyukur atas penghargaan yang diterima tersebut dalam rangka mewujudkan Kabupaten Sarolangun yang lebih maju, sehat dan sejahtera.

“Alhamdulillah hari ini kita mendapatkan penghargaan lagi, yaitu penghargaan kabupaten kota sehat, Swasti Saba padapa, ” katanya.

Bachril Bakri juga menjelaskan penghargaan ini tentu dapat terwujud atas kerja keras dari seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun khususnya Dinas Kesehatan, serta dukungan dari seluruh masyarakat Sarolangun untuk menciptakan dan meningkatkan kesadaran dalam melaksanakan program pembangunan di bidang kesehatan.

” Kita berharap bisa ditingkatkan lagi tahun depan, kami harap bisa memotivasi kepada seluruh masyarakat untuk lebih sehat dan hal-hal yang terkait Kabupaten/Kota sehat dengan 9 indikator. Jadi ini bisa memacu seluruh masyarakat untuk lebih sehat dan sanitasi lingkungan yang bersih dan sehat,” katanya.

Kabupaten Kota Sehat (KKS) adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk. Hal itu dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Kadinkes Bambang Hermanto Poto bersama dengan jajaran

Kata Bachril Bakri ada sembilan indikator yang dinilai untuk mendapatkan penghargaan kabupaten sehat, yakni (1) Memperkuat tata kelola perkotaan untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, (2) Mengurangi atau meminimalkan kesenjangan kesehatan, (3) Mempromosikan pendekatan kebijakan sehat dalam semua, (4) Mempromosikan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat serta menciptakan lingkungan sosial yang mendukung kesehatan.

Kemudian yang ke (5) menciptakan lingkungan fisik dan binaan yang mendukung kesehatan dan pilihan yang sehat, (6) meningkatkan kualitas dan Askes ke pelayanan kesehatan dan sosial setempat, (7) mempertimbangkan dan merencanakan untuk semua orang di kota dan memprioritaskan mereka yang paling membutuhkan, (8) Memperkuat layanan kesehatan masyarakat lokal dan kapasitas untuk menghadapi keadaan darurat terkait kesehatan dan (9) Penguatan rencana kesiapsiagaan perkotaan, kesiapan dan responsif keadaan darurat kesehatan masyarakat.

” Mari kita terus bersinergi dalam meningkatkan Kabupaten sehat dalam mewujudkan masyarakat Sarolangun yang sehat, dan peningkatan pelayanan kesehatan di setiap fasilitas kesehatan Pemerintah Kabupaten Sarolangun,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU