Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHPenjabat Bupati Sarolangun Bachril Buka Orientasi PPPK Tahun 2023 

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Buka Orientasi PPPK Tahun 2023 

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat membuka kegiatan orientasi PPPK tahun 2023

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc membuka secara resmi kegiatan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Rabu (15/11/2023), di ruang Pola Kantor Bupati Sarolangun.

Kegiatan tersebut turut hadir Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Staf Ahli Bupati Sarolangun H Muhammad, S.Ag, dan H Juddin,S.Ag, Plt Kepala BKPSDM Sarolangun Linda Novita Herawati, SH, MH, Sekretaris BKPSDM Sarolangun Akhyar Mubarrok,S.Ag, M.AP, Sekretaris Dinas Kominfo Sugeng, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Syamsurizal.

Selain itu hadir juga Kabid Diklat BKPSDM Sarolangun Arif Sulistiyono, SE, Kabid PMPTK Disdikbud Dian Sri Hayati, Kabid Mutasi BKPSDM Sarolangun Kaprawi BM, S.HI, jajaran BKPSDM Sarolangun dan para peserta kegiatan orientasi PPPK Tahun 2023.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat menyematkan tanda peserta kegiatan orientasi PPPK secara simbolis

Dalam kesempatan tersebut, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Sarolangun mengucapkan Selamat datang Kepada Kepala BPSDM dan Widyaiswara Provinsi Jambi di Bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko Kabupaten Sarolangun, semoga kehadirannya dapat meningkatkan kualitas SDM Aparatur Pemerintah di Kabupaten Sarolangun.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia 289/K.1/PDP.07/2022 tentang Pedoman Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja dan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang merupakan Dasar Pelaksanaan Kegiatan Orientasi Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Pemerintah Kabupaten Sarolangun Tahun 2023.

” Kegiatan Orientasi bertujuan Memberikan Pengenalan Tugas dan Fungsi ASN serta Pengenalan Nilai dan Etika pada Instansi Pemerintah meliputi sikap perilaku bela negara, nilai – nilai dasar ASN serta kedudukan dan peran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dalam mendukung terwujudnya Smart Governance,” katanya.

Kegiatan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Pemerintah Kabupaten Sarolangun Tahun 2023 di ikuti sebanyak 100 orang dengan rincian 59 orang PPPK Formasi Guru, 36 orang Tenaga Kesehatan dan 5 orang Tenaga Teknis yang merupakan peserta yang lolos seleksi PPPK Tahun 2022.

” Sebagai seorang ASN harus paham regulasi, dan tingkatkan disiplin PNS. Dan itu poin besar yang harus diperhatikan, agar bisa menjadi seorang ASN yang handal, profesional dan berkualitas. Disiplin waktu, rajin masuk kerja, manajemen waktu, dan latar pendidikan mempengaruhi pola kinerja kita. Pembinaan baru masuk bagi pegawai akan berpengaruh untuk masa yang akan datang sehingga bekerja dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Peserta PPPK yang mengikuti kegiatan orientasi

Regulasi yang dimaksud sebagaimana amanat dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara, bahwa hak-hak yang diterima oleh PPPK kini setara dengan PNS.

Dalam Pasal 21 disebutkan bahwa hak yang diterima ASN yang meliputi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Pemerintah Kabupaten Sarolangun (PPPK) terdiri atas : Penghasilan, Penghargaan yang bersifat Motivasi, Tunjangan dan Fasilitas, Jaminan Sosial, Lingkungan Kerja, Pengembangan Diri dan Bantuan Hukum.

” PPPK adalah untuk mencari solusi bagi pemerintah karena ada beberapa kemampuan teknis yang diperlukan dalam menunjang kinerja pemerintah, misalnya untuk tenaga guru, tenaga kesehatan, tenaga komputer dan sebagainya. Untuk mengisi kekosongan pegawai seperti guru yang berada di tempat jauh, dan juga untuk mengangkat honorer menjadi pegawai,” katanya.

Selain itu, Bachril Bakri juga mengharapkan kedepan melalui kegiatan orientasi PPPK ini dapat menjadikan ASN yang BerAKHLAK yang harus diterapkan di instansi pemerintah yakni Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal , Adaptif dan Kolaboratif.

Untuk itu Kepada para peserta Orientasi diharapkan untuk menjadi individu yang berkompeten dibidangnya masing-masing, memiliki daya inovasi yang bisa menghasilkan ide-ide gagasan selama memberikan pelayanan atau dalam melaksanakan tugas, serta membiasakan diri untuk mampu bekerja dalam tim dan berkolaborasi.

” Kepada seluruh peserta diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik serta menyimak  setiap materi yang diajarkan sehingga dapat diaplikasikan. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, kegiatan orientasi PPPK Pemerintah Kabupaten Sarolangun tahun 2023 secara resmi saya nyatakan dibuka,”katanya.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Plh Sekda Sarolangun Dedy Hendri, Plt Kepala BKPSDM Sarolangun Linda Novita Poto bersama dengan seluruh peserta kegiatan orientasi PPPK tahun 2023

Dalam kegiatan tersebut, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri juga melakukan penyematan tanda peserta dan pemaparan materi kepegawaian dan motivasi ASN untuk meningkatkan kompetensi diri, serta diakhiri dengan poto bersama yang berlangsung dengan lancar.

Penulis : A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments