Kamis, Juli 25, 2024
BerandaDAERAHPeringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2024, Ini Kata Kadis LHD Sarolangun 

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2024, Ini Kata Kadis LHD Sarolangun 

Kadis LHD Sarolangun Kurniawan

KABAR SAROLANGUN – Dalam momentum Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024, Dinas Lingkungan Hidup (LHD) Kabupaten Sarolangun mengajak seluruh elemen masyarakat Sarolangun untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan sampah sebagai bentuk kepedulian terhadap sampah.

Kadis LHD Sarolangun Kurniawan, ST mengatakan bahwa keberadaan sampah yang kebanyakan non-organik ini dalam jangka panjang akan mengganggu ekosistem baik darat maupun perairan sungai. Maka sebagai diharapkan dalam momentum ini dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap masalah sampah.

” Kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan sampah, serta meningkatkan nilai ekonomi melalui pemanfaatan sampah, itu sangat penting. Mari berbuat untuk lingkungan hidup lebih baik dan asri,” katanya, Rabu (21/02/2024).

Kata Kurniawan, masyarakat Sarolangun harus bisa memilah sampah organik dan sampah non organik, kemudian membuang sampah pada tempatnya di Tempat Pembuangan Sementara (TPS), yang telah disediakan di beberapa titik di sepanjang kota Sarolangun.

” Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tertib membuang sampah, artinya kalau bisa di pilah mana organik dan un organik kemudian buang sampah di tempatnya jangan di dekat tempatnya,” katanya.

Dijelaskannya, masyarakat Sarolangun sebagian telah menjadi kebiasaan membuang sampah di luar TPS sehingga di dalam TPS berupa bungker yang disediakan pun kosong.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan untuk cerdas dalam mengelola sampah baik sampah plastik, sampah rumah tangga, maupun sampah non organik lainnya.

” Sementara TPS yang kita sediakan kosong, kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan, sampah jangan buang dibuang ke sungai, sampah jangan dibakar, pada intinya letakkan di depan rumah kami akan angkut,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU