Rabu, Mei 29, 2024
BerandaDAERAHPilkades Serentak Tahun 2022 Di Sarolangun Lancar dan Kondusif, Ini Daftar Calon...

Pilkades Serentak Tahun 2022 Di Sarolangun Lancar dan Kondusif, Ini Daftar Calon Kades Terpilih

 

PJ Bupati Henrizal saat zoom meeting dengan Kemendagri dalam monitoring Pilkades serentak

KABAR SAROLANGUN – Pesta demokrasi masyarakat Sarolangun dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang I tahun 2022 di 57 Desa yang tersebar di 11 Kecamatan dalam Kabupaten Sarolangun berjalan lancar dan kondusif, Rabu (19/10/2022).

Dalam Pilkades serentak ini mendapatkan sorotan langsung dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), meskipun berlangsung secara zoom meeting.

Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM, didampingi Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Kabag OPS Polres Sarolangun Kompol A Bastari Yusuf, Kajari Sarolangun Bobby Ruswin, Mayor Inf Usman mengikuti rangkaian zoom meeting dengan Kemendagri di TPS Desa Lubuk Sayak, Kecamatan Pelawan.

Kasubdit Fasilitasi Administrasi Pemerintah Desa Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Ratna Andriani mengatakan bahwa pihaknya meminta agar pelaksanaan Pilkades serentak ini tetap menerapkan protokol kesehatan.

Maka iapun meminta agar panitia pelaksana memperhatikan betul masyarakat yang menggunakan hak suaranya agar tidak berkerumun.

“Maksimal pemilih dalam satu TPS adalah 500 pemilih, jadwal kedatangan pemilih juga agar diatur supaya tidak terjadi kerumunan. Analisa kami Kabupaten Sarolangun sudah siap melaksanakan Pilkades dari semua sisi,”katanya.

“Kami juga sudah mengeluarkan rekomendasi untuk Sarolangun melaksanakan Pilkades. Jaga keamanan dan kondusifitas di Sarolangun. Pilkades rawan terjadi gesekan antar pendukung dan calon kades,” kata dia menambahkan.

Masyarakat saat menggunakan hak suaranya dalam Pilkades serentak

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal bahwa Pemerintah Kabupaten Sarolangun tentunya sudah sangat siap dalam melaksanakan Pilkades serentak ini, setelah sebelumnya juga sudah sukses dalam melaksanakan kegiatan Pilkades secara serentak.

“Tahun 2021 lalu, pilkades serentak Kabupaten Sarolangun, juga sangat aman dan lancar. Apalagi tahun ini hanya 57 desa. Kami yakin aman. Protokol kesehatan juga kami laksanakan meskipun kita masuk di level 1, melakukan koordinasi dan cek kelapangan bersama Forkopimda jelang Pilkades, langkah antisipasi sudah kami lakukan dan semoga lancar dan aman,” katanya.

Henrizal juga menambahkan dalam pesta demokrasi tersebut, partisipasi pemilih dalam Pilkades serentak rata-rata mencapai angka 80 persen. Masyarakat yang tidak menggunakan hak suaranya, karena memang sudah meninggal dunia, berada di daerah perantauan, dan sedang bekerja di perusahaan.

“Partisipasi masyarakat cukup tinggi, Keamanan seluruh TPS sampai dengan saat ini berjalan dengan baik dan kondusif. Masyarakat di 57 desa setelah jam 1 dilakukan penghitungan suara, kita himbau kepada PPS dan kpps melaksanakan tugas sesuai aturan dan semoga tidak menimbulkan sengketa dan menghasilkan kepala desa yang amanah dan bermanfaat bagi masyarakat,” katanya .

Selain itu, Kabag OPS Polres Sarolangun Kompol A Bastari Yusuf mengatakan bahwa Polres Sarolangun fokus pada pengamanan proses pilkades serentak dengan menurunkan 241 personil Polri, dibantu TNI 80 personil, 60 personil Brimob, 60 personil Sat Pol PP dan 332 Linmas yang ditempatkan di semua TPS.

“Sebanyak 773 personil gabungan yang kami terjunkan ini semuanya berasal dari Polres jajaran, Kodim Sarko, Pemkab dan Linmas, mereka lebih paham kondisi dilapangan. Kami juga sudah melakukan analisa kerawanan keamanan saat pilkades,” katanya.

“Di Polres Sarolangun juga sudah menyiagakan pasukan penguatan sebanyak 60 personil. Kami juga meminta bantuan dari Brimobda Jambi 60 personil. Kami yakin pilkades aman dan lancar, namun kami tidak mau lengah dengan tetap waspada dan siaga,” katanya.

PJ Bupati Henrizal beserta forkompinda saat memantau pelaksanaan Pilkades serentak

Dalam pelaksanaan Pilkades ini, berdasarkan data yang dirangkum media ini, di Kecamatan Sarolangun ada 4 Desa yang melaksanakan Pilkades.

Desa Ujung Tanjung, Calon Nomor Urut 02 Ahmad Zaki berhasil unggul dengan meraup 240 suara, dari calon nomor urut 01 Husnul Yaqin 218 Suara dan Calon Nomor Urut 03 Imron Rosadi 157 suara.

Desa Sungai Baung, Calon Nomor urut 01 Alhimmi Rusdi unggul 669 suara dari calon nomor urut 02 Zumro Aini 472 suara, Calon Nomor Urut 03 Azuandi 583 suara.

Desa Panti, Calon Nomor Urut 02 berhasil unggul 585 suara dari Calon Nomor urut 01 492 suara. Sedangkan desa Bernai Luar, Calon nomor urut 03 berhasil unggul dengan 972 suara, dari calon nomor urut 01 dengan jumlah 206 suara dan calon nomor urut 02 dengan jumlah 762 suara.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU