PJ Bupati Bachril Bakri Launching Sunatan Gratis Libur Sekolah Tahun 2023

0
Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc
PJ Bupati Bachril Bakri, Waka DPRD Sarolangun, serta jajaran forkompinda Sarolangun

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc membuka secara resmi launching kegiatan sunatan gratis bagi masyarakat Sarolangun selama libur sekolah tahun 2023, Sabtu (17/06/2023) di Balai Desa Pasar Singkut, Kecamatan Singkut.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Waka I DPRD Sarolangun Aang Purnama, SE, MM, Waka II DPRD Sarolangun Syahrial Gunawan, SE serta anggota DPRD Sarpalngun, Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, beserta jajaran forkompinda Kabupaten Sarolangun.

Selain itu hadir juga Kadis Kesehatan Sarolangun Bambang Hermanto, SKM, MM, Kadis Kominfo Sarolangun Ahmad Nasri, SH, serta para kepala OPD Di lingkungan Pemkab Sarolangun, Camat Singkut Pajardin, Kades Pasar Singkut Adi Sugianto, berserta sejumlah kepala desa, tokoh masyarakat, BPD dan ratusan masyarakat yang antusias mengikuti kegiatan sunatan gratis tersebut.

Para kepala OPD, tripika kecamatan Singkut, kades pasar Singkut Adi Sugianto dan masyarakat

Dalam sambutannya, Kades Pasar Singkut Adi Sugianto, mengucapkan terima kasih kepada penjabat bupati Sarolangun yang telah hadir ke desa pasar Singkut dalam rangka kegiatan launching sunatan massal gratis yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun.

Katanya, pihaknya sangat mendukung secara baik dalam pelaksanaan kegiatan sunatan gratis yang dilakukan bersama Pemerintah Kabupaten Sarolangun, sehingga dalam kegiatan launching sunatan gratis libur sekolah dilakukan di desa pasar Singkut sebagai tuan rumah.

” Dengan program yang saat ini, sunatan massal ini sangat membangun bagi masyarakat yang tidak mampu. Apalagi kita telah terkena pandemi covid-19, sehingga kondisi perekonomian masyarakat banyak yang menurun. Saya sangat mendukung program sunatan massal sehingga kami siap menjadi tuan rumah dalam launching sunatan gratis pada saat libur sekolah,” katanya.

” Saya berharap dengan kehadiran bapak penjabat bupati Sarolangun tahun depan bisa terealisasi atas usulan Musrenbang kondisi jalan di desa pasar Singkut yang bergelombang. Satu lagi kebutuhan desa kami yang belum bisa kami realisasikan dimana saat kami menjabat, belum terealisasi usulan pemekaran desa pasar Singkut,” kata dia menambahkan.

Kadinkes Sarolangun Bambang Hermanto, S.KM, MM

Selain itu, Kadis Kesehatan Sarolangun Bambang Hermanto, mengatakan bahwa kegiatan sunatan gratis selama libur sekolah dilaksanakan karena masa libur ini anak-anak memiliki waktu yang panjang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di puskesmas dan pemulihan kesehatan setelah melakukan sunatan.

” Sunatan gratis sudah kita lakukan di tahun sebelumnya, yakni 2019 sebanyak 800 orang anak, tahun 2020 sebanyak 1.981 orang anak yang dilaksanakan di setiap puskesmas. Sedangkan tahun 2021 dan 2022 tidak kita laksanakan, dan tahun 2023 kembali dilaksanakan kegiatan sunatan gratis,” katanya.

Bambang Hermanto juga menambahkan bahwa kegiatan sunatan gratis ini dilakukan selama satu bulan terhitung dari 15 Juni 2023 hingga 14 Juli 2023 yang dilaksanakan di 16 Puskesmas yang ada di Kabupaten Sarolangun secara gratis sehingga tentunya akan dapat membantu masyarakat yang tidak mampu dalam mendapatkan pelayanan sunatan gratis ini.

” Kegiatan ini dilaksanakan 15 Juni 2023 s.d 14 Juli 2023, selama libur sekolah, sehingga memang bagi masyarakat yang ingin melaksanakan sunatan silahkan mendatangi puskesmas setempat. Pada hari ini kita targetkan sebanyak 100 orang dan tadi sudah mendaftar sebanyak 80 orang anak dan selama libur sekolah ini kita targetkan sebanyak 2.000 orang anak,” katanya

Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa program ini adalah salah satu program strategis Pemerintah Kabupaten Sarolangun dalam rangka membantu masyarakat yang kurang mampu, yang sengaja dilaksanakan pada saat masa libur sekolah, dari tanggal 15 Juni 2013 s.d 14 Juli 2023.

” Jadi kita manfaatkan masa libur sekolah bagi anak-anak yang belum di sunat untuk mendapatkan sunatan gratis. Saya rasa dengan kegiatan sunatan gratis ini agar para tenaga medis untuk ikhlas dalam membantu masyarakat yang tidak mampu, dan ini bagian dari pelayanan sebagai salah satu fungsi pemerintah,” katanya.

Bachril Bakri juga mengharapkan kepada seluruh para tenaga medis baik dokter dan perawat yang terlibat dengan jumlah 150 orang ini untuk memberikan pelayanan sunatan gratis dengan sungguh-sungguh untuk membantu masyarakat.

” Kita ada di 16 puskesmas, jadi kegiatan ini akan serentak di seluruh puskesmas dan hari ini kita launching dan membuka untuk memulai kegiatan ini. Jadi seluruh masyarakat Sarolangun, langsung bisa mendatangi puskesmas untuk mendapatkan pelayanan sunatan gratis, dan datang saja serta bawa data diri, untuk pendataan,” katanya.

” Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim kegiatan sunatan gratis libur sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun saya nyatakan dibuka,” kata dia menambahkan.

PJ Bupati Bachril Bakri saat meninjau pelaksanaan sunatan gratis

Dalam kegiatan tersebut Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta jajaran forkompinda dan Kadis Kesehatan Bambang Hermanto serta kades pasar Singkut Adi Sugianto melakukan pelepasan balon tanda launching sunatan gratis libur sekolah dan peninjauan pelaksanaan sunatan gratis libur sekolah yang digelar di balai Kantor Desa Pasar Singkut yang berjalan dengan sukses.

Penulis : A.R Wahid Harahap