Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaDAERAHPJ Bupati Bachril Bakri Lepas Keberangkatan 197 JCH Sarolangun

PJ Bupati Bachril Bakri Lepas Keberangkatan 197 JCH Sarolangun

PJ Bupati Bachril Bakri, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, Kepala Kemenag Syatar bersama jajaran pejabat dan ratusan jamaah calon haji bermunajat bersama saat Walimatussafar dan pelepasan JCH Sarolangun

KABAR SAROLANGUN –Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc melepas secara langsung keberangkatan 197 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Sarolangun untuk menuju Asrama Haji Kota Jambi, Rabu (07/06/2023) malam sekitar pukul 22.30 Wib, di halaman Mesjid Al-Falah Sarolangun.

Keberangkatan JCH Sarolangun itu dilakukan setelah kegiatan Walimatussafar bersama para jamaah haji yang dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun.

Hadir langsung Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, Anggota DPRD Sarolangun Fadlan Kholiq, SE, ME, Sy, Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M Syatar, Asisten I Setda Sarolangun Drs H Arief Ampera, Para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Petugas Kesehatan, Para Pendamping Haji serta ribuan masyarakat Sarolangun yang juga turut mengantarkan keluarganya untuk berangkat haji.

Kepala Kemenag Sarolangun M Syatar dalam laporannya mengatakan bahwa para JCH Sarolangun yang berjumlah 197 orang ini sesuai jadwal keberangkatan dimulai dari keberangkatan JCH dari Mesjid Al-Falah Sarolangun menuju Asrama Haji Kota Jambi.

Kepala Kemenag Sarolangun M Syatar

Diperkirakan rombongan JCH Sarolangun itu akan tiba di asrama haji pada Kamis 08 Juni 2023 pukul 08.00 Wib, yang kemudian disambut panitia provinsi Jambi untuk istirahat.

” Lalu malamnya Pukul 21.55 Wib kembali JCH masuk ke aula ruang pertemuan asrama haji guna untuk melaksanakan acara seremonial keberangkatan, dan pada Jumat tanggal 09 Juni 2023 pukul 02.45 wib jch menuju bandara sultan Thaha Jambi dan kemudian berangkatkan ke Batam, dan pukul 11.00 wib langsung diberangkatkan ke Arab Saudi,” kata Syatar.

M. Syatar juga menjelaskan bahwa JCH Sarolangun diberangkatkan ke tanah suci melalui Embarkasi Batam pada kloter 20 yang bergabung dengan JCH Kabupaten Merangin sebanyak 166 orang.

” Malam ini telah kita laksanakan Walimatussafar dan nanti mendapatkan arahan bapak bupati sekaligus melepas keberangkatan kita sesuai dengan jadwal pada Kamis. Koper jch sarolangun yang berjumlah 197 koper telah sampai di asrama haji kota Jambi, setelah tadi pagi kita berangkatkan melalui dua truk,” katanya.

Ia juga menjelaskan 197 jch asal Sarolangun terdiri dari 84 orang laki-laki dan 113 orang perempuan, terdiri dari 61 orang dari kec. Sarolangun, 6 orang dari kecamatan Pauh, 5 orang dari kecamatan Mandiangin, 38 orang dari kecamatan Pelawan, 10 orang kecamatan Limun, 9 orang dari kecamatan batang Asai, 29 orang dari Kecamatan Bathin VIII, 12 orang dari Kecamatan Air Hitam, 25 orang dari kecamatan Singkut dan 2 orang dari kecamatan cermin Nan Gedang.

JCH yang tertua, dari jamaah laki-laki bernama Muhammad Sabri berusia 91 tahun dari kecamatan Pelawan dan yang termuda bernama Muhammad Qurdi Ibrahim berusia 31 Tahun dari Kecamatan Sarolangun.

Untuk jch tertua dari jamaah perempuan bernama Mukminah Mahmud Abubakar berusia 86 tahun dari kecamatan Bathin VIII, dan termuda bernama Dea Suci Lestari berusia 22 Tahun dari Kecamatan Bathin VIII.

” Untuk jumlah jch kita yang tergolong lansia yakni diatas 60 tahun sebanyak 65 orang dan ini akan mendapatkan pelayanan khusus nanti,” katanya.

Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Sarolangun dan seluruh masyarakat Sarolangun mengucapkan selamat kepada bapak dan ibu yang saat ini mendapatkan kesempatan untuk memenuhi panggilan Allah SWT dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

” Ibadah Haji adalah salah satu rukun Islam yang kelima, yang tentunya sebagai umat muslim kita patut bersyukur bisa menunaikan ibadah haji tersebut. Sebagai calon jamaah haji membawa nama baik, itu tiga jenisnya yakni Pertama, membawa nama baik Indonesia, kedua menjaga nama baik Provinsi Jambi dan ketiga menjaga nama baik Kabupaten Sarolangun,” katanya.

Bachril Bakri juga meminta agar seluruh jamaah calon haji ini dapat mematuhi segala aturan selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci, ikuti saja bimbingan dan arahan serta jangan lupa tanda pengenal ini, dengan harapan semua JCH bisa melaksanakan ibadah haji ini dengan baik sampai pulang lagi ke Sarolangun dengan sehat dan selamat, serta menjadi haji yang mabrur.

” Dengan Rahmat Allah SWT, bapak dan ibu sekalian diberangkatkan ke tanah suci, maka dari itu bersyukurlah atas diberinya kesempatan dalam menunaikan ibadah haji ini. Kita tahu bahwa ibadah haji adalah rukun Islam yang kelima, melaksanakan ibadah haji bagi orang yang mampu, mampu secara fisik dan mampu secara finansial,” katanya.

” Kemarin kita sudah melakukan manasik haji kurang lebih 10 hari yang lalu, ikutilah apa yang telah disampaikan oleh pembimbing Haji. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim saya atas nama pemerintah kabupaten sarolangun melepas jamaah calon haji secara resmi,” kata dia menambahkan.

Ribuan masyarakat Sarolangun saat mengantarkan keberangkatan jch Sarolangun di halaman mesjid alfalah Sarolangun 

Dalam kegiatan tersebut Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari beserta Kepala Kemenag Sarolangun M Syatar, dan jajaran melakukan pelepasan keberangkatan jamaah calon haji Sarolangun dengan ditandai pengalungan selendang JCH Sarolangun, serta melaksanakan pembacaan doa keberangkatan para JCH dan pelepasan keberangkatan JCH Sarolangun dengan menggunakan bus yang sudah disiapkan yang berjalan dengan tertib dan lancar.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU