Senin, Juli 15, 2024
BerandaDAERAHPj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Hadiri Sosialisasi Pencegahan Stunting Di Singkut

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Hadiri Sosialisasi Pencegahan Stunting Di Singkut

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Anggota DPR RI, Kepala DPPKB Sarolangun Linda Novita beserta jajaran saat menyerukan cegah stunting

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Drs Ir Bachril Bakri, M.App, Sc menghadiri kegiatan sosialisasi pencegahan stunting dari hulu bersama mitra kerja di Provinsi Jambi, Jumat (20/10/2023) Di Desa Bukit Murau, Kecamatan Singkut.

Sosialisasi pencegahan stunting tersebut dilakukan bersama Anggota komisi IX DPR RI Dr Hj Saniatul Lativa, SE, MM, yang dihadiri oleh Kepala DPPKB Sarolangun Linda Novita Herawati, SH, MH, Duta genre Kelurahan/Desa Provinsi Jambi, Para Penyuluh dan Kader KB, Masyarakat dan pasangan yang baru menikah.

Pada kesempatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa pentingnya dalam pencegahan stunting terhadap anak, yang tentunya dimulai dari saat masih dalam kandungan seorang ibu.

Maka dari itu, khususnya pasangan usia yang baru menikah untuk dapat menginput makanan yang bergizi untuk diberikan kepada ibu pada masa kehamilan.

” Makanya kita Pemda Sarolangun melaksanakan program pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil, vitamin dan hal lain harus diperhatikan seperti sumber air, mck, dan kesehatan,” katanya.

Bachril Bakri juga meminta agar para orang tua untuk rutin dalam melakukan pemeriksaan asupan gizi anak balita dan terus melakukan imunisasi serta menimbang berat badan bayi setidaknya dua Minggu sekali.

Karena bila ada indikasi beresiko stunting maka dilakukan intervensi makanan dan gizi sehingga tidak terjadinya penghambatan pertumbuhan anak.

” Stunting ini memiliki badan yang kecil, dan sangat lamban, dan kognitifnya sangat kurang. Kita ada program bantuan bagi anak stunting, pertama lewat CSR perusahaan yang ada di Sarolangun, bantuannya adalah telur, susu dan roti atau program telusuri,” katanya.

Poto bersama

Selain memberikan bantuan makanan tambahan, Pemerintah Kabupaten Sarolangun juga berupaya untuk pemenuhan penyediaan sanitasi berupa pembangunan jamban, mck, ketersediaan air bersih.

Tak hanya itu, ia juga berencana untuk memberikan penghargaan bagi para kader tim pencegahan stunting yang aktif dalam pencegahan dan penurunan Stunting di tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan, hal itu dalam rangka mendorong dan memotivasi bagi semua yang telah berjasa dalam program pencegahan stunting di Kabupaten Sarolangun.

” Intinya selamat atas kedatangan ibu Hj Saniatul, dan kami pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan ini untuk sama-sama kita menurunkan stunting,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri bersama anggota DPR RI Saniatul Lativa memberikan bantuan kepada masyarakat setempat, yang berlangsung dengan lancar.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU