Senin, Juni 24, 2024
BerandaPENDIDIKANPj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Pimpin Upacara Peringatan HSN Tahun 2023

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Pimpin Upacara Peringatan HSN Tahun 2023

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc memimpin langsung upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023 di Kabupaten Sarolangun, Minggu (22/10/2023) bertempat di lapangan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sarolangun.

Kegiatan tersebut dihadiri, Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M Syatar, S.Ag, Jajaran forkompinda Sarolangun, Sekretaris Disdikbud Sarolangun Zulhitmi, M.Pd.I, Para Kepala OPD, Para Kepala KUA Kecamatan, Para pimpinan pondok pesantren se-Kabupaten Sarolangun, Para kepala madrasah se-Kabupaten Sarolangun dan Para santri dan santriwati, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam amanatnya, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa Hari santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober sesuai dengan keputusan penetapan oleh Bapak Presiden Indonesia Ir Joko Widodo pada tahun 2015 yang lalu, dimana penetapan hari santri tersebut merujuk pada tercetusnya “resolusi jihad “yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan indonesia, resolusi jihad ini melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang dijadikan sebagai hari pahlawan.

” Sejak tahun 2015, kita rutin melaksanakan peringatan hari santri nasional dengan tema yang berbeda, dan tahun 2023 ini mengangkat tema Jihad Santri Jayakan Negeri yang memiliki makna mendalam, kata jihad disini bukanlah sebatas mengandung pertempuran secara fisik akan tetapi mengandung perjuangan secara keseluruhan yang mencakup perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu dan memperbaiki diri,” katanya.

Poto bersama

Bachril Bakri juga menyebutkan sebagai santri tentunya tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku sehari-hari. Santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi dan ilmu pengetahuan.

” Saat ini negara kita menghadapi tantangan dan perubahan yang komplek, di tengah dinamika global yang terus berubah, santri memiliki peran kunci yang penting dalam menjaga keutuhan nilai-nilai keagamaan dan moral masyarakat. Mari kita bersatu, terus berjuang dan menjalan peran sebagai agen perubahan yang membawa perubahan kemajuan negeri,” katanya.

Iapun berharap melalui peringatan hari santri nasional tahun ini menjadi titik awal peningkatan persaudaraan dan tentunya sebagai momentum untuk mengingat betapa besar peran santri dalam sejarah perjuangan bangsa ini, mereka terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk kemerdekaan Indonesia.

” Selamat hari santri nasional, dan saya mengajak kepada kita semua untuk berdoa kepada Allah SWT, untuk senantiasa memberikan petunjuk,kekuatan dan kesabaran dalam menjalani perjuangan sebagai santri yang berkomitmen dalam jihad santri jayakan Negeri,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU