Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHPj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Buka Kegiatan Sarolangun Festival 2023

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Buka Kegiatan Sarolangun Festival 2023

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Staf Ahli Gubernur Khusairi, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari dalam kegiatan Sarolangun festival

KABAR SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan Sarolangun Festival Tahun 2023, dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Sarolangun yang ke-24, Jumat (06/10/2023) malam di Glora Sport Center Sarolangun.

Kegiatan tersebut dihadiri Staf Ahli Bidang Politik Khusairi, SE, Ketua TP PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Bachril, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd, beserta istri, Anggota DPRD Provinsi Jambi Syamsul Riduan, Evi Suherman, Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Kabag OPS Kompol A Bastari Yusuf, SH, Pabung Kodim 0420/Sarko Mayor Inf Abdul Azis, serta jajaran forkompinda Sarolangun

Selain itu hadir juga Kadisparpora Sarolangun H Saipullah, S.Sos, MH, Para kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, Para Camat se-Kabupaten Sarolangun, Para lurah dan Kepala Desa, sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, Tokoh Pemuda, Ketua BPD HIPMI Sarolangun Beek Rison, sejumlah ormas, LSM, OKP dan tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan pembukaan Sarolangun festival 2023 ini tampak sejumlah rangkaian kegiatan berhasil dilaksanakan dengan baik dan meriah, serta malam pembukaan kali berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Diantaranya ada menyanyikan bersama lagu mars Kabupaten Sarolangun yang baru diciptakan, adanya penayangan video dan penampilan open Ceremony Sarolangun festival 2023 yang dipandu oleh Kadisparpora Sarolangun Saipullah, serta sejumlah atraksi tarian, perform orkestra Sarolangun Batuah, dan parade putra dan putri duta promosi wisata.

Pemukulan gong oleh PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri tanda dimulainya Sarolangun festival 2023

Dalam laporannya, Kadisparpora Sarolangun Saipullah mengatakan bahwa kegiatan Sarolangun festival tahun 2023 ini mengangkat tema Bangkit Bekerja Bersama Untuk Sarolangun Maju, yang digelar selama 6 hari terhitung dari tanggal 06 s.d 13 Oktober 2023.

” Tujuan kegiatan untuk memeriahkan HUT Kabupaten Sarolangun ke-24 Tahun 2023, memberikan informasi pembangunan daerah satu tahun kebelakang, promosi pariwisata dan UMKM, dan hiburan masyarakat Sarolangun,” katanya.

Saipullah juga menjelaskan bahwa kegiatan ini juga diisi dengan berbagai kegiatan untuk promosi pariwisata, UMKM, dan program pembangunan daerah yang telah dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Sarolangun.

Diantaranya, 51 tenda untuk UMKM center, promosi pelayanan publik, Stand pameran diikuti 36 badan/dinas, 11 kecamatan, UMKM sebanyak 18, perusahaan BUMD 10 peserta dan pedagang masyarakat 160 peserta.

” Kegiatan ini juga ada duta wisata, lomba masak kue yang nantinya akan direkomendasikan apakah layak untuk dikembangkan, lomba kreasi motif batik khas Sarolangun diikuti 26 peserta, lomba lagu daerah 42 peserta, lomba farade fashion show 52 peserta, lomba musik Fest diikuti 10 band,” katanya.

Tak hanya itu saja, lanjut Saipullah, bahwa panitia pelaksana akan melakukan penilaian stand pameran terbaik dan paket penampilan kesenian, serta peserta lomba yang menjadi juara dari perlombaan akan mendapatkan uang pembinaan dan piagam penghargaan serta piala.

” Pada kesempatan ini juga ada pertandingan sepakbola Bupati cup Sarolangun 2023, dan pertandingan Bupati cup futsal Sarolangun 2023 tanggal 09-11 Oktober 2023,” katanya.

” Sejarah baru juga kita melaksanakan selusur suro Sarolangun berupa pawai kirap yang diikuti bapak bupati, forkompinda, kepala OPD, camat, lurah dan kades. Yang berpusat di Desa Lidung, berpusat di Danau Biaro, dan kemudian kembali ke jembatan Beatrix untuk menurunkan baleho bertulisan hari jadi ulang tahun sarolangun,” kata dia menambahkan.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Jambi Khusairi mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sarolangun dan seluruh komponen masyarakat yang telah menginisiasi kegiatan sarolangun festival 2023, iapun berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses serta mendorong bangkitnya perekonomian masyarakat salah satunya UMKM yang ada di Kabupaten Sarolangun.

” Kegiatan ini dalam rangkaian HUT Kabupaten Sarolangun tahun 2023 yang ke-24, tentunya saya berharap kegiatan ini dapat menjadi evaluasi untuk kedepannya sehingga kegiatan ini dapat terus berlanjut dengan baik dan berkualitas sehingga berdampak terhadap kemajuan masyarakat dan daerah,” katanya.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat memberikan arahan

Disamping itu, dalam kesempatan yang sama Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat membuka acara tersebut mengatakan bahwa kegiatan Sarolangun festival ini dapat memberikan dampak yang baik bagi perekonomian masyarakat sarolangun, dan seluruh UMKM yang hadir bisa berkembang maju.

” Rangkaian kegiatan dan tujuan pelaksanaan Sarolangun festival ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk mendorong pengembangan ekonomi masyarakat mulai dari desa, kecamatan hingga kabupaten,” katanya.

Maka pada pagelaran Sarolangun festival akan ada pameran produk lokal dan UMKM unggulan di setiap kecamatan dalam wilayah Kabupaten Sarolangun, sehingga setiap pengunjung bisa melihat langsung produk tersebut.

” Saya minta memang seluruh camat untuk bisa membawa potensi unggulan daerah untuk dipamerkan dan promosikan di dalam kegiatan Sarolangun festival tahun 2023 ini. Dengan pameran banyak orang bisa lihat, dimana masyarakat bisa langsung lihat disini tanpa harus langsung ke kecamatan,” katanya.

Bachril Bakri berharap Sarolangun festival bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Sarolangun khususnya, dan iapun optimis selama kegiatan ini berlangsung akan ada gerakan atau putaran ekonomi yang akan muncul dengan diselenggarakannya kegiatan Sarolangun festival ini.

Ada berbagai kegiatan disini, mulai lomba duta wisata, kuliner, promosi wisata, lomba sepakbola dan futsal, fashion show batik khas Sarolangun, UMKM.

” Saya berharap memang bagaimana mengembangkan pariwisata yang ada di Kabupaten Sarolangun dan saat ini sudah ada 9 Desa Wisata yang ditetapkan sebagai desa yang memiliki wisata. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, kegiatan Sarolangun festival tahun 2023 dengan ini saya nyatakan dibuka secara resmi,” katanya.

Pembukaan stand pameran dan UMKM, oleh Ketua TP PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Bachril dan Ketua PIAD Sarolangun Ny Adri Yanti

Dalam kegiatan tersebut PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri bersama Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari beserta staf Ahli Gubernur Jambi Khusairi dan forkompinda melakukan pemukulan gong tanda dimulainya Sarolangun festival 2023 serta diakhiri dengan peninjauan stand pameran produk unggulan, stand UMKM, dan perusahaan.

Penulis : A.R Wahid Haraha

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments