Kamis, Juli 25, 2024
BerandaHUKUM & KRIMINALPolres Sarolangun Turunkan Ratusan Personil Pengamanan Festival Beatrix Balumbo Biduk

Polres Sarolangun Turunkan Ratusan Personil Pengamanan Festival Beatrix Balumbo Biduk

Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya memberikan arahan dalam kegiatan pengamanan festival Beatrix Balumbo Biduk

KABAR SAROLANGUN – Dalam rangka pengamanan pesta rakyat dalam kegiatan festival Beatrix Balumbo Biduk yang digelar dalam memeriahkan hari raya idul Fitri, Polres Sarolangun menurunkan ratusan personil Polri ditambah dengan Personil TNI, Sat Pol PP, Dishub dan Petugas pemadam kebakaran.

Dalam pengamanan tersebut dipimpin oleh Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya S.IK, M. Si bertempat di depan Rumah Dinas Bupati Sarolangun, Rabu (24/04/2024), dalam kegiatan apel gabungan.

Lomba Pacu Perahu merupakan perhelatan yang diselenggarakan setahun sekali ini merupakan budaya tradisional Masyarakat Kabupaten Sarolangun dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1445 H / 2024 M.

Tentunya perlu persiapan yang matang sehingga acara tersebut nantinya diharapkan terselenggara dengan sukses, aman dan kondusif. Perlu campur tangan semua pihak termasuk dari segi keamanan.

Turut Hadir dalam apel gabungan pengamanan tersebut Kabag Ops Polres Sarolangun, Kompol A. Bastari, MH,  Pabung 0420/Sarko Mayor CHK Dedy Afrizal, SH,MH, Kabag Log Polres Sarolangun Kompol Nafrizal, Kakan Kesbangpol kabupaten sarolangun, M. Hudri M.Pdi, Kasat Pol PP, Drs. Muhammad Idrus, Danramil Sarolangun, Mayor Abdul Aziz.

Selain itu hadir juga Kasat Intelkam Polres Sarolangun, AKP Sukman SH, Kasat Lantas Polres Sarolangun, AKP Rio Siregar S.Tk,S.IK, Kapolsek Sarolangun, AKP Dwiyanto, SH, Kasat Samapta Polres Sarolangun, IPTU HM Sihombing, Para Perwira Polres Sarolangun.

Sedangkan Pasukan pengamanan dari Polres Sarolangun melibatkan sebanyak kurang lebih 160 personil, dari TNI sebanyak kurang lebih  30 personil, Satpol PP 25 personil, Dishub  10 personil dan Damkar  8 Orang.

Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya

Dalam Arahannya, Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya mengajak seluruh personil yang terlibat pengaman untuk serius dan penuh rasa tanggung jawab terhadap tugas masing masing dalam menjaga situasi selama pelaksanaan acara berjalan dengan aman dan kondusif.

” Pada hari ini dan besok kita akan melaksanakan Pengamanan lomba Pacu biduk tradisional yang merupakan kebanggaan Masyarakat Sarolangun, Laksanakan tugas dengan humanis, gunakan senyum, sapa dan salam namun tetap tegas, monitor pergerakan perorangan di vlotingan masing-masing,” katanya.

” Jika situasi meningkat tidak ada personil yang mengambil tindakan sendirian, perintah ada pada saya, saya bertanggung jawab penuh pada pelaksanaan pengamanan ini, Semoga Kegiatan kita tidak ada hambatan dan berjalan dengan lancar sampai dengan selesai,” katanya dengan tegas.

Selain itu, AKBP Budi Prasetya mengajak masyarakat untuk ikut menjaga situasi keamanan selama berlangsungnya kegiatan dan waspada terhadap tindak Kriminal 3C.

Iapun menghimbau kepada masyarakat yang menyaksikan lomba pacu perahu agar ikut menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan kegiatan.

” Jadilah Polisi bagi diri sendiri, waspada terhadap tindak kejahatan Curas, Curat dan Curanmor, tambahkan kunci ganda saat memarkirkan kendaraan dan jangan lupa untuk mengawasi anak anaknya,” katanya.

Untuk diketahui bahwa pelaksanaan Lomba Pacu perahu dilaksanakan selama dua hari tanggal 24 dan 25 April 2024, start dibawah jembatan Beatrix kemudian finish di samping PDAM.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU