Senin, April 15, 2024
BerandaDAERAHWaka II DPRD Sarolangun Syahrial Gunawan Bersama H Akmal Hadiri Musrenbang Kecamatan...

Waka II DPRD Sarolangun Syahrial Gunawan Bersama H Akmal Hadiri Musrenbang Kecamatan Pelawan 

Waka II DPRD Sarolangun Syahrial Gunawan saat menyampaikan sambutan dalam menghadiri Musrenbang kecamatan pelawan

KABAR SAROLANGUN – Wakil Ketua II DPRD Sarolangun Syahrial Gunawan, SE bersama anggota DPRD Sarolangun H Akmal menghadiri kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan Pelawan, Selasa (23/01/2024) di aula Kantor Camat Pelawan.

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut PJ Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, Asisten I Sarolangun Drs Arief Ampera, Plt Kepala Bappeda Sarolangun Hj Maria Susanti, SE, Para Kepala OPD, Tripika Kecamatan Pelawan, para kepala desa, PKK dan delegasi desa.

Dalam sambutannya, Waka II DPRD Sarolangun Syahrial Gunawan mengatakan bahwa Musrenbang di tingkat Kecamatan ini merupakan salah satu kewajiban Pemerintah Daerah dalam penyusunan perencanaan pembangunan RKPD Tahun 2025 mendatang.

Yakni dengan memproses berbagai usulan pembangun yang disampaikan oleh seluruh desa/Kelurahan.

” Usulan yang tidak di akomodir jangan kita berkecil hati, karena memang ada skala prioritas yang jadi perhatian pemerintah daerah kabupaten Sarolangun,” katanya.

Syahrial Gunawan juga menjelaskan bahwa salah satu poin penting usulan di Kecamatan Pelawan ini harus dapat mengakomodir usulan yang dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat di desa masing-masing, salah satunya peningkatan UMKM masyarakat.

” Bagaimana menumbuhkan ekonomi masyarakat di desa masing-masing. Saya berharap semua kepala desa menganggarkan pelatihan kewirausahaan dalam mendorong UMKM masyarakat. Masalah dana desa, 80 persen sudah ada peruntukkan dan 20 persen itu di kelola desa langsung,” katanya.

Anggota DPRD Sarolangun H Akmal saat menyampaikan aspirasi masyarakat dalam Musrenbang kecamatan pelawan

Sementara itu, Anggota DPRD Sarolangun H Akmal menyampaikan salam dari bapak ketua DPRD Sarolangun yang tidak dapat hadir dalam kegiatan karena kegiatan penting yang harus dihadiri beliau. Meski begitu, tentunya tidak mengurangi pelaksanaan kegiatan Musrenbang di kecamatan pelawan ini.

Dikatakan Akmal, bahwa usulan skala prioritas yang disampaikan oleh kepala desa bisa terealisasi nantinya untuk pembangunan daerah yang masuk dalam RKPD tahu. 2025.

” DPRD juga ada reses di semua desa, yang mengcover pembangunan di desa dan juga dilakukan Musrenbang desa. Harapan kami dari DPRD, bahwa prioritas yang disampaikan oleh kepala desa yang diusulkan bisa tercapai pembangunan dalam RKPD tahun 2025. Kita berharap usulan desa baik pendidikan, ekonomi, kesehatan, infrastruktur bisa terakomodir di setiap desa,” katanya.

Selain itu, Akmal juga mengharapkan program Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P2DK) yang sebelumnya terlaksana dapat dilaksanakan kembali di tahun 2025 mendatang.Serta ia juga menyebutkan selaku anggota DPRD akan mengawal usulan pembangunan desa agar bisa terlaksana.

” Dan kita harapkan memang desa punya prioritas yang betul yang berdampak terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat seperti pembangunan jembatan dan jalan sektor perkebunan dan pertanian masyarakat,” katanya.

” Mari kita berpola pikir untuk memajukan daerah kita, memajukan masyarakat kita dan artinya kedepan bisa terbangun desa kita bukan hanya dari dana desa tapi juga APBD sarolangun, APBD Provinsi ataupun APBN,” kata dia menambahkan.

Penulis : A.R Wahid Harahap

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments