Senin, Mei 20, 2024
BerandaDAERAHWujudkan MPP, Pemkab Sarolangun Alokasikan Anggaran 1,4 Miliar Rehab Eks Gedung Pasar...

Wujudkan MPP, Pemkab Sarolangun Alokasikan Anggaran 1,4 Miliar Rehab Eks Gedung Pasar Bawah

Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser

KABAR SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun bakal mewujudkan pembangunan Mall Pelayanan Publik (MPP) untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat Sarolangun. Eks Gedung Pasar Bawah Sarolangun dijadikan sebagai lokasi yang akan disiapkan untuk pembangunan MPP tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sarolangun Ir Endang Abdul Naser mengatakan bahwa eks gedung pasar bawah tersebut akan dilakukan rehab terlebih dahulu, mengingat kondisi gedung sudah banyak yang rusak dan kotor.

” Hari ini kita baru selesai rapat membahas persiapan mall pelayanan publik di eks gedung pasar bawah,” kata Sekda, Senin (05/06/2023) kepada para awak media usai mengikuti rapat bersama seluruh OPD terkait.

Kata Sekda, bahwa mall pelayanan publik ini akan dibangun di lantai II Block D yang bersebelahan dengan Rumah Dinas Bupati Sarolangun. Di Block D tersebut terdapat 40 kios, 7 diantaranya diisi oleh tukang jahit. Sehingga sebelum dialkukan rehab, ia meminta agar dinas Perindagkop untuk dapat memindahkan para tukang jahit tersebut ke kios yang kosong.

” Intinya kita minta dulu agar pedagang di dipindahkan oleh perindagkop agar betul betul daerah itu steril, informasinya di lantai II itu ada 7 penjahit supaya bisa bekerja dengan baik,” katanya.

Untuk rehab eks gedung pasar bawah tersebut, Pemerintah Kabupaten Sarolangun menyiapkan alokasi anggaran lebih kurang Rp 1,4 Miliar termasuk didalamnya anggaran perencanaan kegiatan.

” Sebelum pelaksanaan pembangunan rehab gedung ini, kita akan buat SK dulu, berupa SK lokasi di DPMPTSP baru nanti PUPR bisa bekerja. Total anggarannya 1,4 Miliar didalam perencanaan itu, pembangunannya tetap dindingnya pakai beton, cuman di dalamnya harus pakai praktisi atau seperti sekat-sekat,” katanya.

Eks Gedung Pasar Bawah yang bersebelahan dengan Rumah Dinas Bupati Sarolangun

Sebelumnya, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri kepada awak media mengaku memang kondisi gedung eks Pasar bawah ini memang tidak terawat dengan baik dan sangat disayangkan bila mana tidak dapat dimanfaatkan secara baik.

” Eks Gedung ini tidak dimanfaatkan, rasanya sayang banget itu. Kita lihat sekarang kondisinya tidak terawat dan tidak digunakan, kami coba mempelajari kira-kira bisa dimanfaatkan untuk hal lain,” katanya.

Bachril Bakri pun memiliki ide pemikiran yang bisa dikatakan begitu cemerlang, kenapa tidak eks gedung pasar bawah ini dijadikan sebagai tempat Mall Pelayanan Publik (MPP).

MPP merupakan pelayanan terpadu dan terintegrasi antara pelayanan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam satu gedung pelayanan. Jenis pelayanan yang diberikan MPP meliputi berbagai pelayanan dasar, kepolisian, perbankan, pertanahan, pajak, imigrasi hingga perizinan.

” Kita ada program mall pelayanan publik, setiap daerah memang harus punya satu tempat yang secara terpadu, pelayanan kependudukan, Samsat, pelayanan perizinan dan lainnya berada di satu tempat. Kita inikan agak susah cari gedung ni, kita masih coba lihat dululah cari tempatnya,” katanya.

Penulis : A.R Wahid Harahap

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

BERITA TERBARU